4 Februari 2023

3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop pada Windows 7,8 dan 10 – Nasional Katadata.co.id – Katadata.co.id

Era yang semakin modern seperti saat ini, teknologi terus berkembang dengan signifikan. Ada berbagai kualifikasi laptop yang dapat membantu kinerja Anda. Laptop memiliki spesifikasi yang dibawanya, tergantung dari perusahaan yang membuatnya. Komponen di dalam laptop juga memiliki fungsi yang unik dan tidak bisa digantikan satu sama-lainnya.
Dalam proses bekerjanya antara hardware dan software keduanya saling bekerja sama untuk menjalankan sistem demi memudahkan pekerjaan manusia. Jika komponen utama dari hardware dan software ada yang rusak maka laptop tidak bisa berjalan dengan semestinya atau bahkan tidak mau hidup sama sekali.
Dalam proses penyimpanan satu file, setidaknya sebuah laptop membutuhkan penunjang ruang penyimpanan atau storage berupa hardisk atau SSD. Storage ini tidak bisa digantikan dengan perangkat lain contohnya digantikan dengan VGA karena fungsinya berbeda.
Komponen laptop memiliki andil besar dalam kualitas kinerja perangkat yang berjalan. Saat menjalankan tugas berat seperti editing video dan pemodelan 3D, tentu komponen VGA yang bagus adalah sebuah keharusan.
Saat ini laptop ataupun komputer yang dipasang komponen dengan teknologi terbaru biasanya akan jauh lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan teknologi beberapa tahun sebelumnya. Komputer dengan komponen yang bisa dilepas-pasang lebih mudah untuk ditingkatkan performanya alias diupgrade daripada laptop yang memiliki komponen yang fix atau tidak dapat diganti.
Setelah membahas betapa pentingnya spesifikasi laptop atau komputer, maka dapat disimpulkan bahwa cara melihat spesifikasi laptop menjadi unsur penting sebelum memilikinya. Hal itu dilakukan agar terhindar dari kesalahan atau penipuan yang tidak diinginkan. Berikut cara melihat spesifikasi laptop yang dilansir dari situs Loop.co.id:
Salah satu cara melihat spesifikasi laptop adalah dengan mengetahui inti software yang ada di dalamnya. Karena software yang paling dasar dan paling utama dari sebuah laptop adalah OS atau Sistem Operasi.
OS yang paling banyak digunakan saat ini adalah OS terbaru dari Windows yaitu Windows 10. Namun, masyarakat Indonesia juga menggunakan salah satu OS Windows yang sudah berhenti update beberapa tahun lalu, yaitu Windows 7 dan 8.
Lalu timbul pertanyaan mengapa perangkat dari Windows 7 dan windows 8 masih digunakan meskipun sudah tidak diperbaharui lagi oleh pihak Windows? Ternyata, hal itu dikarenakan performa dari OS ini adalah salah satu OS ringan yang bisa digunakan pada laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun. Tidak heran, masih banyak orang yang menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah karena memang laptop tersebut hanya digunakan untuk mengetik saja.
1. Melalui Properties di My Computer
Cara melihat spesifikasi laptop yang pertama adalah melalui Properties. Caranya adalah:
Melalui metode ini, Anda bisa melihat spesifikasi dari beberapa jenis komponen standar seperti prosesor yang digunakan, nama perangkat, jumlah ram, serta tipe OS (32 atau 64 bit). Spesifikasi yang muncul merupakan spesifikasi dasar, namun Anda sudah bisa menggunakan spesifikasi ini untuk referensi mengenai seberapa baik kinerja dari laptop tersebut. Untuk melihat spesifikasi ini, Anda bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol “Windows + E” untuk masuk ke File Explorer.
2. Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Control Panel
Cara melihat spesifikasi laptop berikutnya adalah melalui Control Panel, salah satu cara dasar untuk mengecek spesifikasi dari sebuah laptop. Ikuti langkah-langkah berikut:
Metode ini cukup efektif karena menampilkan informasi yang sama dengan cara pertama, yaitu spesifikasi dasar dari sebuah laptop. Cara ini dikenal sebagai salah satu cara alternatif dari cara pertama dengan hasil yang sama seperti melihat spesifikasi laptop melalui Properties. Untuk melihat spesifikasi dasar seperti ini, silakan gunakan cara pertama atau kedua, sesuai keinginan Anda.
3. Melalui DirectX Diagnostic Tool
Metode ketiga pada cara melihat spesifikasi laptop adalah dengan menggunakan DirectX Diagnostic Tool, atau lebih dikenal dengan sebutan “DXDiag”. Sebutan DXDiag diambil dari cara kita mengetik dxdiag untuk masuk ke bagian spesifikasi. Caranya adalah:
Pada bagian Display, Anda bisa melihat jenis GPU atau VGA yang Anda gunakan. Jika laptop Anda memiliki VGA tambahan seperti NVIDIA atau RADEON, Anda bisa melihatnya pada bagian Render. Sound dan Input juga bisa digunakan untuk menampilkan komponen tambahan yang terpasang pada laptop seperti Keyboard, Mouse, serta Speaker.
Demikianlah tiga cara melihat spesifikasi laptop paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun meski tidak memiliki ilmu dasar dalam teknisi perangkat elektronik.
Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

source