1 Februari 2023

3 Cara Screenshot (SS) di HP Samsung – Kompas.com – Tekno Kompas.com

3 Cara Screenshot (SS) di HP Samsung
KOMPAS.com – Ketika menggunakan ponsel, pengguna kerap kali perlu mengambil tangkapan layar atau yang biasa disebut screenshot (SS).
Dengan begitu, informasi di layar dapat didokumentasikan dan disimpan berupa gambar di galeri ponsel.
Khusus di HP Samsung, pengguna bisa melakukan screenshot dengan tiga cara yang berbeda. Apa saja?
Pertama, cara screenshot yang paling umum ditemukan di kebanyakan smartphone Android, termasuk merek Samsung, adalah dengan menekan tombol power dan volume bawah (down) secara bersamaan.
Baca juga: Cara Screenshot Panjang di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan
Dengan menekan kombinasi dua tombol tersebut, tampilan layar pun akan didokumentasikan dalam bentuk gambar. Gambar hasil SS-an dapat dilihat di galeri ponsel.
Cara screenshot dengan kombinasi tombol power dan volume bawah ini juga bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar dalam bentuk panjang.

Cara tangkapan layar dalam bentuk panjang di HP Samsung. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara tangkapan layar dalam bentuk panjang di HP Samsung.

Hal ini berguna untuk menyimpan tampilan seperti website atau chat panjang secara utuh tanpa terpotong. Sehingga dapat menyimpan seluruh informasi di dalam satu gambar saja.
Caranya adalah sebagai berikut:

Ilustrasi mengaktifkan/menonaktifkan fitur SS dengan usapan telapak tangan di HP Samsung.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi mengaktifkan/menonaktifkan fitur SS dengan usapan telapak tangan di HP Samsung.

Cara kedua adalah dengan gestur mengusap telapak tangan ke layar. Fitur ini bernama “Palm swipe to capture”. Cara SS model ini terbilang eksklusif karena hanya tersedia pada ponsel dan tablet bikinan Samsung.
Baca juga: Begini Cara Screenshot Panjang di HP Android
Untuk menggunakannya, pengguna perlu menempatkan telapak tangan bagian luar (sepanjang jari kelingking dan telapak tangan) ke atas layar HP Samsung. Lalu usap telapak tangan bagian luar ke arah kiri atau kanan. Dengan begitu, tangkapan layar pun berhasil didapatkan.
Kemampuan screenshot dengan usapan telapak tangan di HP Samsung ini sudah aktif secara bawaan. Jadi, pengguna bisa langsung mempraktikkannya tanpa perlu menginstal aplikasi lain atau mengaktifkan fitur tertentu.
Kendati begitu, gestur SS dengan usapan telapak tangan ini bisa dinonaktifkan oleh pengguna. Caranya, buka “Settings” > klik “Advanced features” > klik “Motions and gestures” > geser toggle “Palm swipe to capture” ke arah off.
Dengan begitu, fitur tersebut akan dinonaktifkan.

Cara aktifkan menu asisten di HP Samsung untuk melakukan screenshot.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara aktifkan menu asisten di HP Samsung untuk melakukan screenshot.

Terakhir atau cara ketiga untuk melakukan SS di HP Samsung adalah dengan mengaktifkan menu asisten (assistant menu).
Baca juga: iPhone Bisa Screenshot Panjang atau Satu Halaman Penuh, Begini Caranya
Cara mengaktifkannya dengan membuka menu “Settings” > klik “Accessibility” > klik “Interaction and dexterity” > geser toggle “Assistant menu” ke arah on.
Nantinya, menu asisten akan diwakilkan dengan ikon persegi kecil yang muncul di layar. Pengguna hanya perlu mengeklik ikon menui asisten itu untuk menemukan opsi “sreenshots”.
Klik opsi “sreenshots” tersebut untuk mendokumentasikan layar ponsel pengguna.
Itu dia tiga cara screenshot (SS) di HP Samsung. Cara SS mana yang paling sering kalian gunakan?

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source