9 Februari 2023

5 Aplikasi Green Screen di HP Android dan iPhone buat Edit Video – Kompas.com – Tekno Kompas.com

5 Aplikasi Green Screen di HP Android dan iPhone buat Edit Video

KOMPAS.com – Apa itu aplikasi green screen? Seperti namanya, aplikasi green screen merupakan aplikasi yang mempunyai kemampuan menyeleksi latar (background) warna hijau pada gambar atau frame dalam video.
Fungsi aplikasi green screen adalah untuk menggabungkan atau menindih background warna hijau pada video dengan frame lain. Fitur penggabungan tersebut biasa disebut juga dengan Chroma Key.
Baca juga: Cara Cek Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 lewat Aplikasi dan Website
Dengan aplikasi green screen, pengguna bisa mengganti background warna hijau di video dengan gambar atau frame lain. Aplikasi green screen biasa dimanfaatkan untuk membuat satu video dengan dua frame yang berbeda secara bersamaan.
Contohnya, seperti video siaran berita perkiraan cuaca yang biasa tayang di TV. Melalui aplikasi green screen, background frame pembawa berita yang berwarna hijau bisa digantikan dengan frame kondisi cuaca di sebuah wilayah.
Alhasil, tayangan bisa menampilkan video berisi pembawa berita yang seolah sedang berada di satu wilayah dengan kondisi cuaca tertentu. Selain itu, aplikasi green screen banyak dimanfaatkan pula untuk membuat film-film animasi.
Aplikasi green screen sekarang tak hanya tersedia untuk komputer atau PC, tapi juga handphone (HP). Saat ini, sudah cukup banyak tersedia aplikasi edit video yang mendukung fitur Chroma Key di HP, baik HP Android dan iPhone.
Lantas, apa saja aplikasi green screen android dan iPhone yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit latar hijau pada video? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar aplikasi green screen android dan iPhone.
Aplikasi green screen yang pertama adalah Veescope. Aplikasi ini punya fitur utama Chroma Key yang bisa dipakai untuk menyeleksi otomatis background warna hijau pada video dan menindihnya dengan frame lain.
Di Veescope, terdapat beberapa templat animasi dan background yang menarik untuk disematkan langsung di video berlatar warna hijau. Veescope hanya tersedia di iPhone. Download aplikasi green screen ini bisa lewat App Store.

Ilustrasi aplikasi green screen Chromavid.App Store Ilustrasi aplikasi green screen Chromavid.

Sama halnya Veescope, Chromavid punya juga fitur utama untuk menggabungkan frame atau gambar pada video yang berlatar belakang warna hijau. Di Chromavid, tersedia pula beberapa templat frame, salah satunya bertemakan luar angkasa.
Chromavid tersedia untuk android dan iPhone. Bila hendak download aplikasi green screen ini, caranya bisa lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).
Baca juga: Daftar Aplikasi HP Paling Boros Baterai Menurut Riset, Ada Instagram sampai Bigo
Ketiga, ada Filmora, aplikasi yang mungkin sudah tak asing lagi bagi pengguna yang sering edit video di HP. Filmora punya beragam fitur untuk mengedit video, salah satunya adalah Chroma Key yang berfungsi menggabungkan frame pada latar hijau.
Pengguna bisa mengunggah video berlatar hijau di Filmora, lalu menggunakan opsi Chroma Key dan menindihnya dengan frame lain. Filmora bisa didapatkan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).

Ilustrasi aplikasi green screen Kinemaster.Google Play Store Ilustrasi aplikasi green screen Kinemaster.

Selayaknya Filmora, Kinemaster juga memiliki fitur Chroma Key, yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan sebuah frame atau gambar pada video dengan latar belakang warna hijau.
Selain Chroma Key, Kinemaster dibekali dengan berbagai fitur edit video, beberapa diantaranya seperti menambahkan efek teks, warna, dan audio. Download aplikasi green screen ini bisa via Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).
Aplikasi green screen yang terakhir adalah CapCut. Pengguna yang aktif main TikTok atau Instagram bakal tak asing lagi dengan CapCut. Aplikasi ini punya beragam fitur yang dapat dipakai untuk membuat konten video di TikTok atau Instagram.
Selain mendukung pengeditan video untuk konten media sosial, CapCut juga dibekali dengan fitur Chroma Key sama seperti Filmora dan Kinemaster. CapCut bisa didapatkan di Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk iPhone).
Baca juga: 10 Aplikasi Desain Selain Canva yang Bisa Diakses Gratis
Itulah daftar lima aplikasi green screen android dan iPhone yang bisa dimanfaatkan untuk menggabungkan gambar atau frame lain pada latar warna hijau di video, mulai dari Veescope hingga CapCut, semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source