4 Februari 2023

5 Cara Mengatasi HP yang Sering Mati Mendadak – Kompas.com – Tekno Kompas.com

5 Cara Mengatasi HP yang Sering Mati Mendadak
KOMPAS.com – Pernahkah Anda mengalami saat menggunakan ponsel, ponsel yang tengah digunakan tiba-tiba mati?
Hal ini tentu akan sangat menjengkelkan, apalagi jika saat itu terjadi, pengguna sedang berada di tengah-tengah obrolan telepon penting atau tengah asyik bermain game.
Secara umum, HP yang mati secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh beragam faktor, seperti adanya masalah software (bug) hingga masalah hardware semisal baterai yang bocor.
Jika Anda mengalami HP mati mendadak dengan intensitas yang cukup sering, maka ada baiknya untuk menyimak tips dan cara untuk mengatasi HP yang mendadak mati.
Baca juga: Pasar Smartphone Lesu, Samsung Tetap Nomor Satu
Berikut merupakan cara mengatasi HP yang kerap mati mendadak, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Central, Rabu (3/8/2022).
Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang mati mendadak adalah dengan memuat ulang (restart) HP.
HP yang di-restart bisa “membersihkan” ponsel sehingga dapat mengembalikan proses yang berjalan di sistem menjadi sedia kala.
Jika HP tetap tidak bisa kembali dinyalakan setelah mati mendadak, ada kemungkinan bahwa daya yang terdapat dalam baterai telah habis.
Pengguna dapat melakukan isi ulang daya baterai kurang lebih dalam waktu satu jam dan coba kembali nyalakan ulang HP.
Apabila daya baterai tidak terisi saat HP sedang di-charge, pastikan kembali adapter charger telah terpasang dengan sempurna ke lubang stop kontak.
Factory reset adalah proses mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Artinya, semua data yang tersimpan di smartphone termasuk akun, aplikasi, musik, gambar, lagu, serta berbagai file lainnya akan dihapus.
Semua pengaturan yang telah dilakukan oleh pengguna juga akan dikembalikan seperti sedia kala, sehingga ada kemungkinan dapat membuat koindisi ponsel menjadi kembali optimal.
Baca juga: Berbekal Smartphone, Kini Siapa Pun Bisa Bikin Film Pendek, Simak 4 Kiat Berikut
Jika semua cara di atas masih belum dapat mengatasi HP yang mati secara mendadak, pengguna dapat mengubungi layanan pelanggan merek ponsel yang bersangkutan.
Melalui layanan ini, pengguna dapat menyampaikan keluhan, menggunakan layanan purna jual, serta mengeklaim garansi yang masih berlaku.
Berikut merupakan daftar informasi nomor layanan pelanggan yang bisa dihubungi di Indonesia.
Selain itu, faktor usia ponsel juga bisa menjadi salah satu penyebab perangkat mati mendadak. HP yang sudah bertahun-tahun digunakan tak lagi akan menemerima pembaruan software.
Baca juga: Apa Arti IP68 dan IP67 di Smartphone dan Bedanya?
Hal ini mengakibatkan HP tak lagi bisa menjalankan aplikasi-aplikasi terkini. Selain itu, HP juga tidak lagi akan menerima perbaikan bug yang rutin digulirkan melalui update OS.
Oleh sebab itu, pengguna dapat mengganti HP yang lama dengan yang baru alias lempar beli baru

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source