9 Februari 2023

5 Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop – CNN Indonesia

Wifi merupakan komponen penting yang digunakan untuk mengakses informasi melalui jaringan internet. Apabila sambungan wifi bermasalah, misalnya tidak terdeteksi di perangkat seperti laptop, maka semua kegiatan yang berhubungan dengan internet akan terhambat.
Ketika Anda menghadapi masalah serupa, ketahui cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi berikut.

ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Wifi yang tidak muncul atau terdeteksi di laptop kerap kali dikeluhkan. Umumnya masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor.
Mulai dari masalah pada driver, sistem windows yang error, hingga router wifi yang rusak. Untuk mengatasi masalah ini, setidaknya terdapat 5 solusi yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan bahwa layanan wifi pada laptop dalam keadaan aktif.
Apabila layanan wifi dalam keadaan nonaktif, maka Anda tidak akan pernah bisa terhubung ke wifi. Untuk menjalankannya ikuti langkah berikut.

WLAN AutoConfig merupakan layanan yang berfungsi untuk mengonfigurasi keamanan pada nirkabel dan pengaturan konektivitas.
Apabila wifi laptop tidak terdeteksi, kemungkinan karena service windows Anda dalam keadaan disable. Untuk mengaktifkannya kembali, lakukan langkah berikut.
Cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi selanjutnya melalui command prompt (CMD). Cara ini dilakukan untuk memperbaiki masalah yang ada pada sistem registrasi.
Biasanya kondisi ini akan terlihat pada status internet berupa troubleshoot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan langkah berikut:
Jika beberapa cara sebelumnya tidak berhasil, coba lakukan update pada driver wifi Anda.
Driver wifi yang bermasalah atau versi driver yang sudah terlalu lama bisa menjadi salah satu penyebab wifi pada laptop tidak muncul. Untuk itu, Anda perlu melakukan update driver wifi. Berikut caranya:

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah wifi tidak terdeteksi pada laptop yaitu dengan melakukan restart pada router wifi.
Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki akses ke perangkat router. Berikut caranya.
Demikian cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi. Apabila semua cara di atas telah dicoba namun belum juga membuahkan hasil, bawalah ke tempat servis laptop.
Sebab, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada perangkat laptop Anda. Semoga membantu.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source