9 Februari 2023

5 Fungsi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari – Kompas.com – Tekno Kompas.com

5 Fungsi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

KOMPAS.com – Semakin pesatnya teknologi informasi dan komunikasi serta kemajuan sistem pendidikan di Indonesia saat ini, membuat peran komputer semakin penting dalam segala bidang.
Tidak hanya dipergunakan untuk menunjang pekerjaan seperti dalam perkantoran, bank, maupun kesehatan. Bidang pendidikan pun kali ini sebagian besar banyak menggunakan komputer sebagai media belajar siswa-siswi.
Mereka tidak hanya dituntut belajar dengan cara tatap muka langsung namun melalui media komunikasi berbasis digital. Baik melalui media sosial, video conference, dan lain sebagainya.
Tidak hanya itu besarnya potensi penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari membuat berbagai perusahaan-perusahaan dalam bidang komputer terus berinovasi.
Mereka berusaha untuk memperbaiki dan menambahkan berbagai fitur serta sistem untuk menunjang kenyamanan pengguna, sehingga teknologi komputer ini terus dapat digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan masyarakat.
Berikut KompasTekno telah merangkum fungsi-fungsi komputer yang biasa digunakan sehari-hari.
Baca juga: Perbedaan SSD dan HDD pada Perangkat Komputer
Saat ini, hampir seluruh sekolah di Indonesia banyak menggunakan komputer sebagai media belajar untuk menjelaskan materi pelajaran melalui gambar maupun film. Penggunaan komputer di ruang kelas sangat membantu menunjang kreativitas dan imajinasi siswa-siswi.
Mereka dapat mempelajari berbagai model pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar terkesan santai dan lebih asyik. Secara psikologis, ini akan mengurangi tekanan belajar mereka dan siswa-siswi lebih mudah untuk menangkap materi bahkan berdiskusi.
Tidak hanya dalam dunia pendidikan, teknologi komputer juga banyak digunakan dalam dunia kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan apotik.
Komputer dapat menjadi peralatan yang efektif untuk memantau detak jantung dan tekanan darah pasien-pasien di rumah sakit.
Selain itu, catatan medis pasien juga dapat terorganisir dalam dokumen yang tersimpan pada file-file komputer, sehingga dokter lebih mudah dalam memantau kondisi mereka.
Selain menunjang dalam bidang pekerjaan, komputer juga dapat menjadi salah satu sarana hiburan. Komputer memungkinkan penggunanya untuk menikmati waktu senggang mereka dengan menonton film, video, berita, hingga bermain games.
Dengan adanya berbagai aplikasi music yang tersedia, pengguna juga dapat menginstall aplikasi dan menikmati musik favorit mereka baik saat senggang ataupun ketika bekerja.
Koran-koran digital pun saat ini sudah banyak disediakan oleh berbagai surat kabar, sehingga pembaca dapat berlangganan secara online dan membaca berita harian melalui media digital tanpa harus keluar rumah.
Berkembangnya sosial media yang bisa menghubungkan jarak manusia yang berada sangat jauh, tentunya komputer sangat membantu dalam menunjang hal ini. Melalui layanan internet, orang-orang dapat terhubung bahkan menemukan satu sama lain.
Bahkan secara virtual, bidang perkantoran juga sangat terbantu dalam wawancara kerja. Teknologi ini merupakan teknologi yang efektif untuk menyatukan anggota kerabat, keluarga, hingga teman.
Baca juga: Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer yang Perlu Diketahui
Dengan komunikasi yang mudah terhubung antara calon pegawai dan pencari kerja, komputer banyak digunakan sebagai sarana mencari kerja atau mempromosikan lowongan kerja.
Mengingat saat ini banyak sekali media social professional yang bermunculan. Baik dalam bidang pekerjaan perkantoran, perbankan, dan berbagai bidang lainnya.
Tidak hanya itu, komputer menjadi salah satu alat penunjang bagi orang-orang yang memiliki bisnis-bisnis kecil. Baik melalui social media, e-commerce, WhatsApp, dan lain sebagainya.
Penjual dapat mudah terhubung dengan pembeli untuk menawarkan barang bahkan mentransfer pembayaran. Itulah 5 manfaat penggunaan komputer sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source