8 Februari 2023

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri HP – Kompas.com – Tekno Kompas.com

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri HP

KOMPAS.com – Seperti aplikasi pesan instan pada umumnya, WhatsApp atau biasa disebut juga dengan WA, juga tak lepas dari kendala. Salah satu kendala yang mungkin kerap dijumpai adalah foto WA tidak tersimpan di galeri handphone (HP).
Kiriman berbagai jenis file media di WhatsApp, termasuk foto, biasanya bakal terunduh secara otomatis. Setelah terunduh, foto akan tersimpan di galeri ponsel. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa juga foto WA tidak tersimpan di galeri HP.
Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir akibat “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”
Lantas, kenapa foto di WA tidak tersimpan di galeri? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab foto WA tidak tersimpan di galeri secara otomatis, sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.
Semua akses layanan WhatsApp membutuhkan koneksi internet yang memadai, termasuk saat hendak menyimpan foto ke galeri HP. Dengan begitu, koneksi internet yang kurang memadai bisa jadi penyebab foto WA tidak tersimpan di galeri.
Server WhatsApp tidak bisa diakses apabila terdapat kesalahan pengaturan tanggal dan waktu HP. Alhasil, foto yang terdapat di ruang obrolan WhatsApp tidak bisa diunduh dan disimpan ke galeri HP.
Fitur Auto Save memungkinkan agar foto di WhatsApp dapat terunduh secara otomatis. Seandainya fitur ini mati, foto tidak akan terunduh secara otomatis dan akhirnya tidak tersimpan di galeri HP.
Foto yang terunduh di WhatsApp pada dasarnya tidak langsung tersimpan di galeri HP. Bila fitur penyimpanan ke galeri HP dimatikan maka foto tersebut hanya terunduh dan tersimpan di aplikasi WhatsApp.
Penyebab foto WA tidak tersimpan di galeri yang berikutnya adalah memori internal HP telah penuh. Saat memori penuh, sistem HP bakal secara otomatis menolak permintaan penyimpanan foto dari WhatsApp.
Itulah beberapa penyebab foto WA tidak tersimpan di galeri HP. Dengan beberapa kemungkinan penyebab di atas, lalu bagaimana cara agar foto di WhatsApp tersimpan di galeri? Begini cara mengatasi foto WA tidak tersimpan di galeri HP.
Baca juga: Cara Ganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google
Coba cek koneksi internet yang terhubung di HP melalui situs web seperti “speedtest.net”. Bila koneksinya buruk, coba buat sambungkan ulang koneksi internet di HP. Caranya, aktifkan mode pesawat sekitar 30 detik, lalu matikan.
Pengaturan tanggal dan waktu umumnya bisa dijumpai di opsi bertajuk “Date & Time” di dalam menu “Setting”. Pada opsi itu, sesuaikan tanggal dan waktu HP dengan tanggal dan waktu terkini yang sebenarnya.
Masalah foto WA tidak tersimpan di galeri HP bisa diatasi juga dengan mengaktifkan fitur Auto Save. Caranya, buka menu “Setting” pada aplikasi WhatsApp. Setelah itu, klik opsi “Penyimpanan dan Data”. Kemudian, aktifkan pengunduhan foto.
Fitur penyimpanan foto ke galeri HP bisa diaktifkan lewat menu “Setting” pada aplikasi WhatsApp. Di menu itu, klik opsi “Chat” dan aktifkan opsi penyimpanan ke galeri. Saat opsi itu aktif, foto WA yang terunduh akan otomatis tersimpan ke galeri HP.
Masalah foto WA tidak tersimpan di galeri bisa diatasi dengan mengosongkan memori HP yang telah penuh. Caranya, silakan hapus file atau aplikasi yang sekiranya sudah tak lagi dipakai. Saat terdapat ruang kosong di memori HP, foto WA bakal bisa tersimpan ke galeri.
Baca juga: Cara Kirim Pesan Kosong di WhatsApp dengan Mudah buat Iseng ke Teman
Demikianlah penjelasan seputar lima cara mengatasi foto WA tidak tersimpan di galeri HP, semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source