1 Februari 2023

6 Aplikasi Scanner Terbaik Untuk HP dan PC, Mudah Digunakan! – Katadata.co.id

Berkembangnya teknologi juga memudahkan pekerjaan setiap orang. Salah satunya adalah inovasi-inovasi pada ponsel maupun perangkat PC, baik itu desktop maupun laptop.
Kemajuan terlihat dari sering munculnya versi terbaru dari hardware maupun software perangkat tersebut. Salah satu teknologi yang juga turut berkembang pesat adalah scanner atau pemindai.
Jika dahulu kita hanya dapat memindai dokumen dengan menggunakan perangkat yang fungsinya khusus untuk memindai, sekarang sudah ada teknologi yang lebih maju.
Tanpa perlu memindai dokumen secara manual, sekarang sudah banyak aplikasi scanner dengan kualitas jempolan. Mulai dari yang gratis hingga berbayar, tentu merupakan solusi yang tepat.
Selain mengurangi biaya scan, Anda juga dapat melakukan pindai dokumen dimana dan kapan saja tanpa ada keterbatasan.
Terkait dengan hal tersebut, kami akan mengulas beberapa aplikasi scanner terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memindai dokumen.
Walaupun kualitas dan fungsinya hampir sama, ternyata masing-masing memiliki keunggulan. Baik dari segi operasi, hasil pindaian hingga layanan tambahan yang mereka sediakan.
CamScanner menjadi salah satu yang banyak digunakan sebagai aplikasi scanner terbaik di ponsel. Pasalnya, selain mudah digunakan, fitur yang disediakan juga sangat beragam.
Mulai dari pilihan jenis odkumen yang kana dipindai, bebas mengatur ukuran sebelum pemindaian, efek-efek yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa dokumen dapat terlihat dengan jelas hingga pilihan format dokumen.
Sayangnya aplikasi ini memiliki limit penggunaan apabila kita menginginkan dokumen tanpa watermark. Untuk itu, kamu dapat berlangganan dengan membayar sejumlah uang.
Tetapi fitur yang ditawarkan dirasa sepadan dengan biaya lang dikeluarkan.
TurboScan dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store. Di samping penggunaannya yang mudah, proses scan juga cepat.
Hasil dokumen yang dipindai juga sangat akurat. Aplikasi ini bisa jadi pilihan Anda yang masih kesulitan memindai dokumen. Mereka juga menyediakan fitur edit dokumen yang memudahkan apabila terjadi kekeliruan pemindaian.
TurboScan tersedia dalam dua versi. Pertama ialah versi gratis yang dapat diunduh dan digunakan dengan bebas. Lalu ada versi pro dengan fitur yang lebih lengkap. Anda bisa memilihnya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan.
Aplikasi ini merupakan aplikasi besutan Windows, aplikasi ini dapat digunakan di ponse dan PC. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di situs resmi Microsoft, App Store dan Google Play Store. Kualitasnya juga cukup bagus, dibuktikan dengan rating 4,8 di Google Play Store.
Aplikasi  satu ini bisa jadi pilihan Anda yang ingin ‘main aman’ dalam memilih scanner. Mengingat developernya sudah sangat familiar, namun kemampuan memindainya juga sangat bagus. Dokumen yang diidentifikasi sangat akurat dan dapat disunting setelahnya.
Aplikasi ini cukup terkenal di antara scanner lainnya. Hal tersebut terbukti dengan tingginya rating pada App Store. Hingga sekarang, Clear Scanner mendapatkan rating 4,9 dari total 5 bintang.
Fitur-fitur dalam Clear Scanner ini digunakan secara gratis dan bebas. Walaupun ada opsi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap, rasanya sudah sangat cukup untuk keperluan pekerjaan atau pendidikan.
Poin plusnya adalah, dokumen hasil pindaian tidak terdapat watermark. Artinya, dokumen dapat diunduh secara gratis dan bersih tanpa ada tulisan tambahan atau logo sedikit pun.
Aplikasi ini merupakan penunjang scanner pada PC. Kompleksitas pada fitur-fiturnya sangat cocok untuk keperluan perusahaan. Abbyy FineReader diketahui sudah dilengkapi dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition).
Dengan teknologi tersebut, scanner dapat membaca dokumen secara detail dan akurat. Selain itu, format dokumen setelah dipindai juga dapat dibuat beragam.
Justru keunggulannya adalah dapat mengonversi dokumen dalam jumlah banyak sekaligus. Abbyy FineReader sudah terbukti bagus dan banyak direview. Kebanyakan menjadikannya aplikasi scanner unggulan dibandingkan aplikasi lainnya.
Serupa dengan Abby FineReader, Paper Scan juga merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan di PC. Selain membutuhkan scanner yang memadai, tentu aplikasi penunjang juga dibutuhkan untuk hasil pindaian yang baik dan tidak rusak.
Paper Scan memiliki fitur mengatur ukuran dan letak hasil dokumen yang sudah dipindai. Anda bisa memutar dokumen, baik menjadi bentuk portrait mau pun landscape.
Tak hanya itu, terdapat juga beberapa fitur lain yang dapat memudahkan pekerjaan. Salah satunya adalah membuat tanda tangan digital. Anda dapat mengunduhnya secara legal di situs resmi PaperScan.
Mengingat zaman sekarang semua hal dapat dilakukan ‘serba digital,’ semuanya dapat dilakukan secara fleksibel. Demikian halnya dengan dokumen.
Selain memudahkan ketika terhalang jarak yang jauh, dokumen juga dapat disebarkan kapan saja.
Di atas merupakan beberapa aplikasi scanner terbaik yang di antaranya dapat dioperasikan di ponsel dan PC. Masing-masing memiliki poin plusnya, dan bisa dipilih tergantung dari preferensi Anda selaku user.
Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

source