9 Februari 2023

6 Fitur Baru ColorOS 12.1, Eksklusif di Oppo Reno 8 Series – Kompas.com – Tekno Kompas.com

6 Fitur Baru ColorOS 12.1, Eksklusif di Oppo Reno 8 Series
KOMPAS.comOppo resmi meluncurkan Oppo Reno 8 Series di Indonesia. Ada empat Oppo Reno8 Series yang diboyong ke Indonesia, yaitu Oppo Reno 8 Pro 5G, Oppo Reno 8 5G, Oppo Reno 8 Z 5G, dan Oppo Reno 8 4G.
Model Oppo Reno 8 versi 4G dan 5G sudah bisa dipesan mulai Senin 15 Agustus 2022. Sedangkan, Oppo Reno 8 Pro 5G dan Oppo Reno 8 Z 5G diestimasikan baru bisa dibeli di Indonesia pada September mendatang.
Keempat ponsel Reno 8 Series ini kompak hadir dengan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka terbaru bikinan Oppo, yaitu ColorOS 12.1.
PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, yang menjadikan istimewa, ColorOS 12.1 tersebut disertai enam fitur baru yang untuk saat ini baru tersedia eksklusif untuk ponsel Reno 8 Series.
Baca juga: Oppo Reno 8 Versi 5G dan 4G Meluncur di Indonesia, Ini Harganya
Fitur baru ColorOS 12.1 hanya tersedia di Oppo Reno 8 Series sementara ini, tidak ada di perangkat Reno lain,” kata Aryo dalam sesi tanya-jawab Reno 8 Series Exclusive Lauch di Zoom, Senin siang.
Apa saja fitur baru ColorOS 12.1 yang eksklusif hanya ada di perangkat Reno 8 Series?
Fitur pertama adalah Air Gesture untuk mengontrol aplikasi YouTube. Air gesture merupakan kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan layar ponsel tanpa perlu menyentuh.
ColorOS 12.1 kini dapat mengenali air gesture berupa mendorongkan telapak tangan ke arah layar untuk memutar dan menjeda video yang sedang berjalan.
Dengan begitu, pengguna bisa memutar/menjeda video dengan lebih mudah tanpa menyentuh layar.
Fitur air gesture pada aplikasi Youtube ini hadir di ponsel Oppo Reno 8 Pro 5G.
Fitur baru ColorOS 12.1 selanjutnya adalah multi-screen connect. Fitur ini hadir di model Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 5G.
Sederhananya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel Reno 8 ke komputer PC milik pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa merima pemberitahuan, transfer dan edit file, serta salin dan tempel teks antar perangkat Reno 8 dan komputer pengguna.
Aryo mengatakan, spesifikasi minimal PC yang bisa dihubungkan dengan fitur ini, yaitu:
Berikut panduan untuk menghubungkan Reno 8 dengan PC pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Oppo:
Fitur baru ColorOS 12.1 ketiga adalah kewajiban memasukkan password ketika ingin mematikan ponsel dalam keadaan terkunci.
Baca juga: 5 Fitur Unik di Ponsel Oppo yang Hanya Ada di ColorOS 12
“Kata sandi ini diperlukan ketika akan mematikan perangkat pada saat ponsel terkunci. Jadi ini akan menyulitkan orang lain untuk menon-aktifkan ponsel, jika ponsel hilang,” kata Aryo.
Dengan fitur ini, pengguna masih sempat melacak ponselnya yang hilang dengan fitur “Find My Device” milik Google. Fitur ini hadir di Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 5G.
Selanjutnya, ada fitur baru Recent Task Protection yang dapat membantu mencegah informasi sensitif terekspos ke orang lain saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.
Aryo mengatakan fitur ini kompatibel dengan 800 aplikasi mobile.
“Jadi ketika mau berpindah antaraplikasi bank atau perpesanan, isi jendelanya bisa disembunyikan,” kata Aryo.
Fitur ini hadir di Oppo Reno 8 5G.
Fitur baru lainnya adalah Fuzzy Location. Aryo menjelaskan, apabila perangkat akan mengakses lokasi, maka fitur ini akan memastikan aplikasi hanya akan mendapatkan perkiraan data lokasi pengguna.
“Jadi bukan data lokasi sebenarnya. Ini untuk memberikan lapisan privasi ekstra kepada pengguna,” kata Aryo.
Fitur ini hadir di Oppo Reno 8 4G.
Terakhir, fitur baru pada ColorOS 12.1 adalah opsi privasi untuk menghapus informasi foto.
Aryo menjelaskan, fitur ini menawarkan opsi untuk menghapus informasi lokasi foto dan meta data foto tambahan (nama, waktu, model ponsel, parameter), ketika pengguna berbagi foto atau video di album foto, pengelola file, dan aplikasi Internet pihak ketiga.
Fitur ini hadir di Oppo Reno 8 4G.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source