4 Februari 2023

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru – Kompas.com – Tekno Kompas.com

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru

KOMPAS.com – Bagi Anda yang baru saja membeli HP Android baru, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan agar penggunaan HP dapat lebih maksimal dengan berbagai fitur yang ada.
Selain menjadi awal adaptasi menggunakan ponsel terbaru, melakukan beberapa hal berikut ini juga membantu memaksimalkan kinerja ponsel Anda selama penggunaannya sehari-hari.
Beriku ini KompasTekno rangkum enam hal yang harus dilakukan pengguna setelah membeli HP Android baru.
Baca juga: 5 Versi Android Paling Banyak Digunakan, Versi Lama Mendominasi
Setelah membeli HP Android baru, jangan lupa untuk memeriksa keseluruhan perangkat mulai dari kemasan hingga fisik smartphone. Tinjau informasi mengenai garansi ponsel dan jangan lupa cek apakah fisik smartphone tidak ada kecatatan sedikit pun.
Pastikan juga ponsel sudah dilengkapi dengan adaptor dan kabel cas sekaligus earphone bawaannya.
Sebelum menggunakan ponsel baru, jangan lupa untuk mencadangkankan seluruh data seperti file, kontak, foto, seluruh aplikasi, pesan dan lain sebagainya dari ponsel Android lama.
Pengguna dapat mencadangkan seluruh file dari ponsel lama melalui penyimpanan cloud seperti Google Drive. Anda juga bisa melakukan cadangan otomatis dari ponsel Anda yang sebelumnya telah disinkronkan dengan akun Google.
Karena Android adalah bagian dari Google, maka banyak layanan di ponsel Android yang mengandalkan akun Google untuk memanfaatkan fiturnya. Maka dari itu jangan lupa untuk login akun Google pada ponsel Android baru Anda.
Akun Gmail tersebut lah yang digunakan untuk menyinkronkan data Anda pada seluruh perangkat baru.
Bloatware merupakan aplikasi yang di-install sebelumnya oleh pabrikan ponsel Android Anda. Biasanya keberadaan aplikasi-aplikasi ini cukup menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja ponsel.
Maka dari itu sebelum menggunakannya coba memilah-milah aplikasi yang tidak penting atau memang tidak Anda gunakan. Jika dirasa bloatware tidak dapat dihapus, Anda dapat menonaktifkan dan mencopot pembaruan apa pun di pengaturan aplikasi ponsel Android Anda yang baru.
Baca juga: Ponsel Android 13 Tak Perlu SIM Card Fisik?
Aktifkan fitur keamanan pada ponsel Android baru Anda. Fitur keamanan ini berguna untuk melindungi privasi dan berbagai data di HP Anda. Salah satu fitur keamanan yang paling umum digunakan adalah mengaktifkan fitur kata sandi atau fingerprint pada ponsel Android. 
Di ponsel Android baru Anda mungkin saja memiliki beberapa pembaruan aplikasi yang menunggu. Sebelum menggunakannya pastikan seluruh software telah memiliki pembaruan pada versi terbarunya.
Selain beberapa aplikasi, pastikan juga sistem operasi ponsel sudah terpasang pada versi baru sehingga memungkinkan kinerja ponsel lancar dan tidak ada bug atau masalah lain yang mengganggu. 

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source