8 Februari 2023

8 Cara Mengatasi Layar HP Android yang Tidak Bisa Disentuh – Kompas.com – Tekno Kompas.com

8 Cara Mengatasi Layar HP Android yang Tidak Bisa Disentuh
KOMPAS.com – Layar smartphone yang rusak, seperti tidak bisa disentuh, tentu membuat pengoperasian ponsel Android terganggu. Sebab, layar sentuh (touchscreen) yang macet, membuat pengguna tidak bisa membuka aplikasi apapun.
Rusaknya touchscreen di smartphone memang bisa saja terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan layar smartphone tidak bisa disentuh seperti biasanya. Misalnya, tidak sengaja terjatuh, tercebur ke dalam air, hingga tertimpa oleh benda yang berat.
Untuk mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Make Use of berikut.
Baca juga: 7 Cara Mengatasi Masalah Layanan Google Play Terhenti
Memuat ulang (restart) smartphone dapat mengembalikan proses yang berjalan di sistem kembali ke sedia kala. Bisa jadi, layar HP yang tidak bisa disentuh dikarenakan ada kendala pada sistem operasi. Cara restart smartphone umumya sama, berikut caranya:
Baca juga: Cara Agar Nomor HP Kita Tidak Bisa Dicari di GetContact
Tidak menutup kemungkinan, layar smartphone hanya kadang-kadang saja tidak bisa dioperasikan secara normal. Bila terjadi kondisi seperti itu, Anda bisa melakukan restart dengan Safe Mode.
Safe Mode di smartphone Android meungkinkan perangkat berjalan dengan sistem bawaan.
Artinya, aplikasi dan layanan yang diinstal pengguna, akan dihapus.
Cara ini bisa dilakukan apabila penyebab layar smartphone tidak bisa disentuh adalah aplikasi yang baru diunduh, ternyata tidak terinstal dengan sempurna atau malah membawa malware. Untuk me-retart ponsel dengan Safe Mode, bisa dilakukan dengan cara berikut:
Baca juga: 9 Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Sering Force Close
Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu pengguna untuk mengetahui mengapa layar smartphone tidak bisa disentuh. Salah satunya adalah Display Tester, yang bakal mendiagnosis tingkas reponsif layar smartphone secara manual.
Aplikasi Display Tester tersedia di Play Store dan bisa diinstal dengan langkah-langkah berikut:
Baca juga: Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di HP Android
Screen protector atau lapisan anti-gores umumnya digunakan untuk melindungi layar smartphone dari goresan yang bisa diakibatkan gesekan benda.
Namun dalam beberapa kasus, lapisan anti-gores dan tempered glass dapat mengurangi, bahkan menghalangi respon sentuhan tangan sehingga sulit ditangkap sensor layar.
Jika layar smartphone mulai bermasalah, tidak ada salahnya untuk mencoba melepas lapisan anti-gores dan tempered glass.
Bukan tidak mungkin, salah satu penyebab layar HP tidak bisa disentuh adalah smartphone yang sempat tercebur ke dalam air. Apabila smartphone terendam air, segera keringkan smartphone menggunakan handuk atau kain bersih,
Kemudian, taruh smartphone ke dalam sekantung beras atau silica gel dalam kemasan yang memiliki sifat menyerap air. Cara ini bisa sedikit menolong, tapi mungkin tidak sepenuhnya. Sebab, beras tidak mampu menyerap semua kelembaban yang bersembunyi di sela-sela ponsel.
Satu-satunya cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar HP tidak dapat disentuh adalah dengan mengunjungi layanan Service Center. Usahakan untuk mengunungi layanan purna jual resmi dari vendor ponsel agar mendapatkan suku cadang yang orisinil.
Petugas servis yang profesional di layanan service center resmi, dapat membantu menemukan dan memperbaiki kerusakan layar HP.
Baca juga: Langkah-langkah Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air
Apabila cara-cara di atas belum ampuh mengatasi layar HP tidak bisa disentuh, pengguna masih bisa mengoperasikan smartphone lewat perintah suara. Masing-masing vendor smartphone, biasanya membekali smartphone mereka dengan asisten virtual.
Selain menggunakan asisten virtiual dari vendor, pengguna Android juga bisa memanfaatkan asitsen virtual milik Google, yakni Google Assistant.
Baca juga: Google Assistant Dipastikan Dukung Percakapan Bahasa Indonesia
Selain menggunakan asisten virtual, pengguna juga bisa menggnakan tools eksternal, seperti keyboard dan mouse untuk mengoperasikan smartphone. Pengguna bisa mencoba memanfaatkan keyboard bluetooth untuk mengetik di smartphone dan mouse untuk mengoperasikan perintah.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source