1 Februari 2023

8 HP Samsung di Indonesia Sudah Bisa Update Android 13, Ini Daftarnya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

8 HP Samsung di Indonesia Sudah Bisa Update Android 13, Ini Daftarnya
KOMPAS.com – Sistem operasi paling baru bikinan Google, Android 13 kini hadir di lebih banyak smartphone Samsung di Tanah Air.
Hal ini terlihat dari pembaruan antarmuka anyar khas Samsung, OneUI 5.0 berbasis Android 13 yang sudah tersedia dan bisa diinstal pada sejumlah ponsel Galaxy, baik flagship dan kelas menengah (mid-range).
Samsung Indonesia memastikan, per hari ini, Senin (21/11/2022), ada delapan perangkat Samsung Galaxy di Indonesia yang sudah bisa men-download update OneUI 5.0 berbasis Android 13.
Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru November 2022
Berikut daftar 8 HP Samsung di Indonesia yang sudah kebagian Android 13:
Sebagaimana diwartakan sebelumnya, trio Samsung Galaxy S22 series menjadi lini ponsel Samsung pertama yang kebagian update OneUI 5.0 berbasis Android 13 pada 1 November lalu.
Selanjutnya, Samsung menyusul menggelontorkan update tersebut ke lima ponsel Galaxy lainnya secara bertahap sepanjang bulan November ini. Pantauan KompasTekno, ponsel mid-range Samsung Galaxy A73 5G juga baru menerima update OneUI 5.0 hari ini.
Karena sudah berbasis Android 13, nantinya, saat pemilik 8 model ponsel Galaxy di atas melakukan update OneUI 5.0, sistem operasi di ponsel Samsung juga akan otomatis ditingkatkan (upgrade) dari Android 12 ke Android 13.
Baca juga: Samsung OneUI 5.0 Mulai Disebar, Ini Jadwal dan Daftar Ponsel yang Kebagian Lebih Awal
Android 13 sendiri merupakan sistem operasi paling baru dari Google. OS penerus Android 12 ini pertama kali hadir di smartphone Google Pixel pada Agustus 2022.

Jendela pembaruan OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 bisa di-download di ponsel Galaxy A73 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Jendela pembaruan OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 bisa di-download di ponsel Galaxy A73 5G.

Bagi pemilik 8 model HP Samsung yang disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk segera meng-update software di ponselnya agar menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisi antarmuka OneUI 5.0 terbaru.
Untuk menginstal update OneUI 5.0 dan upgrade ke Android 13, berikut panduannya.
Dengan begitu, ponsel pengguna bakal menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisis antarmuka OneUI 5.0 terbaru.

Ilustrasi tampilan lockscreen ponsel Galaxy yang sudah menjalankan OneUI 5.0.XDA Developers Ilustrasi tampilan lockscreen ponsel Galaxy yang sudah menjalankan OneUI 5.0.

Dalam jendela pembaruan, pengguna disajikan rincian pembaruan yang dibawa update OneUI 5.0 berbasis Android 13.
Selain upgrade ke Android 13, OneUI 5.0 juga membawa lebih banyak personalisasi yang ditingkatkan dan dijanjikan bakal lebih memudahkan penggunaan lintas perangkat Samsung Galaxy.
Baca juga: Samsung Disebut Akan Pangkas Pengiriman Smartphone Tahun Depan
Beberapa fitur baru yang diboyong oleh One UI 5.0 yaitu gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya, hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lockscreen (layar kunci).
Dengan pembaruan ini, pengguna ponsel Samsung bakal menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.
Selain pengalaman yang lebih personal, antarmuka ini juga diklaim menawarkan fitur keamanan yang ditingkatkan. Misalnya One UI 5.0 akan memperingatkan pengguna ketika mereka membagikan foto yang mungkin memuat data penting seperti paspor atau kartu identitas lainnya.
Fitur lain meliputi dua jendela split-screen yang bisa disimpan, berbagai mode yang disesuaikan dengan kegiatan pengguna, menambahkan watermark di foto, mengekstrak teks hasil scan dengan kamera ponsel, dan lainnya.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source