9 Februari 2023

8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya

KOMPAS.com– Secara definisi, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi berbagai informasi (data) dan sumber daya secara bersamaan, seperti akses koneksi internet dan perangkat cetak (printer).
Dengan jaringan komputer, pengguna dapat mengoperasikan beberapa komputer sekaligus dengan mudah. Contoh dari pemanfaatan jaringan komputer yang cukup sering dijumpai adalah pengoperasian warnet (warung internet).
Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya
Lewat jaringan komputer, admin warnet bisa mengatur kecepatan internet yang dapat diakses oleh tiap komputer pengguna (klien). Selain itu, admin juga bisa membatasi komputer klien untuk mengunjungi situs-situs tertentu.
Supaya jaringan komputer bisa beroperasi, diperlukan beberapa infrastruktur yang mendukung, salah satunya seperti penggunaan perangkat lunak. Lalu, apa yang dimaksud dengan perangkat lunak jaringan komputer? Begini penjelasannya.
Pengertian perangkat lunak jaringan komputer secara sederhana adalah program software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan pengoperasian dan pemantauan lalu lintas data dalam struktur jaringan komputer.
Perangkat lunak jaringan komputer memiliki peran untuk membantu pengguna admin (administrator) dalam mengontrol kompleksitas jaringan dengan lebih baik.
Perangkat lunak jaringan komputer dapat memudahkan interaksi antar komputer dalam satu jaringan dengan adanya fasilitas atau fitur-fitur seperti komunikasi, keamanan, pengoperasian konten, dan berbagi data.
Selain itu, perangkat lunak jaringan komputer juga dapat membantu menyediakan dukungan teknis pada pengguna bila terjadi kesalahan pengoperasian.
Misalnya, saat terjadi kerusakan komputer dalam satu jaringan, masalah kehilangan data dapat diminimalisir lantaran sebelumnya telah diamankan atau dibagikan ke komputer lain secara otomatis, berkat penggunaan perangkat lunak jaringan komputer.
Untuk memudahkan pengoperasian itu, terdapat beberapa jenis perangkat lunak jaringan komputer. Lantas, apa saja perangkat lunak jaringan komputer? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah macam-macam perangkat lunak jaringan komputer dan contohnya.
Jenis perangkat lunak jaringan komputer yang pertama adalah perangkat lunak manajemen aset (asset management software). Perangkat lunak manajemen aset biasanya terpasang di komputer pusat atau server.
Fungsi dari perangkat lunak ini adalah untuk memantau dan melacak metrik penggunaan sumber daya dan lalu lintas data pada perangkat-perangkat yang terhubung di satu jaringan. Salah satu contoh perangkat lunak ini adalah SolarWind Asset Management.
Kedua, terdapat jenis perangkat lunak jaringan komputer berupa perangkat lunak pengarsipan data (data archiving software). Fungsinya adalah untuk membantu mengarsipkan data yang tak terpakai lagi dalam jangka waktu cukup lama.
Data archiving software membantu mengamankan berbagai data yang sudah jarang diakses, namun masih penting untuk keperluan pengarsipan. Adapun contoh dari jenis perangkat lunak ini adalah HPE OmniStack dan Nutanix AOS.
Ketiga, terdapat perangkat lunak penyebaran dan perpindahan data (deployment and migration software). Jenis perangkat lunak jaringan komputer ini memiliki fungsi untuk memantau penyebaran data ke beberapa komputer dalam satu jaringan.
Selain itu, deployment and migration software juga berfungsi untuk memastikan kompatibilitas data saat terjadi perpindahan dari antar komputer. Contoh perangkat lunak jaringan komputer ini adalah MOVEit Automation.
Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer
Jenis perangkat lunak jaringan komputer yang berikutnya adalah perangkat lunak manajemen jaringan (network management software). Perangkat lunak ini punya fungsi untuk memantau, mengelola, dan menyelesaikan masalah jaringan.
Perangkat lunak manajemen jaringan biasa dipakai juga untuk memodifikasi kinerja jaringan. Adapun contoh dari network management asset adalah WhatsUp Gold Total Plus, SolarWinds Database Performance, dan lainnya.
Dalam jaringan komputer, perangkat lunak manajemen patch (tambalan) atau patch management software berfungsi untuk memastikan sistem yang berjalan di tiap komputer dalam versi terbaru.
Pembaruan sistem dapat berjalan otomatis ke seluruh perangkat lewat patch management software. Adapun contoh perangkat lunak jaringan komputer ini adalah BitDefender Gravity Zone Patch Management.
Keenam, terdapat jenis perangkat lunak jaringan komputer berupa perangkat lunak akses printer (printer software). Seperti namanya, perangkat lunak ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat printer dengan jaringan komputer.
Lewat software ini , tiap komputer punya kemampuan untuk mengirim dokumen dan mencetaknya di printer. Salah satu contoh perangkat lunak jaringan komputer ini adalah Microsoft Universal Print, Electronic HP Care Pack, dan lainnya.
Jenis perangkat lunak jaringan komputer yang berikutnya adalah perangkat lunak akses alat pengawasan (surveillance security software). Fungsinya untuk menghubungkan tiap komputer dengan alat pengawasan seperti CCTV.
Dengan software ini, pengguna bisa melihat rekaman langsung dari hasil tangkapan CCTV, melalui komputer atau perangkat lain dalam jaringan. Contoh dari surveillance security software adalah Synology Surveillance Device, Arcules Edge, dan lainnya.
Terakhir, dalam jaringan komputer, biasanya terdapat pula perangkat lunak akses penyimpanan data (storage networking software). Fungsi dari software ini adalah untuk menghubungkan komputer dengan perangkat penyimpanan data atau database.
Dikutip dari laman CDW, dengan software ini, tiap komputer yang punya akses bisa mengambil data dari database dengan mudah. Contoh perangkat lunak jaringan komputer ini adalah Microsoft Viva Insight, SolarWinds Storage Resource, dan lainnya.
Baca juga: 6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya
Demikianlah penjelasan seputar macam-macam perangkat lunak jaringan komputer, lengkap dengan pengertian dan contohnya, semoga bermanfaat. Sebagai informasi tambahan, selain infrastruktur perangkat lunak, operasi jaringan komputer juga ditopang oleh hardware.
Penjelasan yang lebih lengkap mengenai macam-macam perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya bisa dibaca di artikel berikut “7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya“.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source