4 Februari 2023

9 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Referensi Ikut SNPMB 2023 – Kompas.com – KOMPAS.com

9 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Referensi Ikut SNPMB 2023

KOMPAS.com – Calon mahasiswa tentu butuh referensi jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan. Apa saja jurusan kuliah itu?
Namun sebelumnya, calon mahasiswa harus benar-benar menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Jadi, tidak harus terpaku dengan jurusan kuliah meski menjanjikan.
Karena ketika sudah lulus kuliah, ada banyak jenis pekerjaan yang juga tidak membutuhkan dari satu jurusan saja.
Akan tetapi, beberapa jurusan di bawah ini hanya sebagai referensi saja bagi calon mahasiswa. Terutama saat ini sudah dimulai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.
Baca juga: 11 Tips Memilih Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa
Melansir laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), jurusan kuliah yang gampang cari kerja bisa dilihat dari beberapa indikator, yakni:
Hanya saja, semua tergantung dari minat dan bakatmu, serta rencana kamu setelah lulus nanti mau seperti apa?
Kini, semua serba digital karena kemajuan teknologi sangat pesat. Oleh karena itu, kehadiran dan layanan lulusan TI atau IT (Information and Technology) sangat diminati di banyak perusahaan.
Setelah lulus, kamu dapat bekerja di perusahaan yang menyediakan layanan pemrograman perangkat lunak. Atau pabrik atau perusahaan dagang yang menyediakan dan memelihara aplikasi dan perangkat lunak untuk penggunaan internal.
Oleh karena itu, lulusan IT sangat diminati dan itu diperlukan dalam semua jenis bisnis perusahaan.
Kreativitas dan kemampuan kamu dalam menggunakan teknologi dapat menarik minat masyarakat luas. Selain itu, ada juga departemen desain busana kreatif.
Siapa pun yang tertarik dengan industri fashion harus mempertimbangkan jurusan ini. Seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Desain Interior.
Baca juga: 5 Cara Mengetahui Bakat dan Minat untuk Memilih Jurusan Kuliah
Di jurusan ini, siswa belajar tidak hanya listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa lulusan di bidang ini, perkembangan internet dan teknologi komunikasi mungkin tidak akan sesukses seperti sekarang ini.
Jika kamu suka menulis atau berbicara di depan umum, maka bisa pilih Jurusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan mereka berbeda dengan orang yang tidak mendalami ilmu komunikasi.
Peluang karier yang bisa diambil misalnya sebagai PR (public relations), Brand Ambassador, Marketing, Penulis, Juru Bicara, Jurnalis, Penyiar, Presenter, dan lain-lain.
Adapun jurusan kuliah yang menjanjikan berikutnya ialah Sistem Komputer. Lulusan jurusan ini harus memiliki keahlian dalam bidang fisika, matematika, ilmu komputer baik itu hardware dan software.
Lulusan sistem komputer juga banyak sekali dicari terkait dengan perkembangan teknologi saat ini.
Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Tentunya, tenaga medis bakal terus dibutuhkan sampai kapan pun. Oleh karena itu, fakultas kedokteran merupakan salah satu jurusan keluarga ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak diminati oleh mahasiswa IPA.
Prospek pekerjaan dari jurusan ini cukup menjanjikan dan diminati dimana saja dan kapan saja. Jadi jika kamu jago materi sains seperti biologi, jangan ragu untuk memilih jurusan ini.

Departemen Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan departemen yang cukup baru di Indonesia. Pembentukan jurusan ini menunjukkan perlunya orang-orang berbakat untuk mengembangkan integrasi robotika dan kecerdasan buatan.
Jika kamu ingin menjadi salah satu SDM yang kompeten, maka bisa memilih jurusan kuliah yang menjanjikan satu ini.
Sarjana akuntansi apalagi yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan selalu dicari oleh banyak perusahaan, baik itu di Indonesia maupun luar negeri.
Selain itu, lulusan ini mudah mencari kerja karena kemampuan akuntan selalu dibutuhkan semua perusahaan di berbagai bidang.
Karier lulusan ini cukup mudah didapatkan, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.
Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya
Saat ini sedang berkembang dunia content creator. Tentu membuat posisi lulusan bahasa dan sastra juga semakin dicari.
Adapun pekerjaan sebagai copywriter, content writer kini banyak tersedia. Biasanya kualifikasi yang dipersyaratkan yakni lulusan jurusan Bahasa dan Sastra.
Jadi itulah beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan dan bisa jadi referensi calon mahasiswa. Apalagi yang ingin ikut SNPMB 2023 ini.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source