4 Februari 2023

Android 13 Versi Beta Mulai Dirilis, Ini HP yang Kebagian Pertama Kali – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Android 13 Versi Beta Mulai Dirilis, Ini HP yang Kebagian Pertama Kali
KOMPAS.comGoogle akhirnya mulai merilis sistem operasi (OS) terbaru bikinannya, Android 13 versi beta tahap pertama kepada publik, pada Rabu (27/4/2022).
Android 13 sudah lebih dulu dirilis dalam versi developer preview untuk para pengembang (developer) pada Februari hingga Maret 2022.
Dalam perilisan perdananya ini, OS Android 13 Beta 1 baru digulirkan secara terbatas untuk ponsel bikinan Google sendiri, yaitu Pixel.
Berikut daftar ponsel Pixel yang kompatibel dan sudah bisa mengunduh Android 13 Beta 1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Google untuk Android:
Perilisan Android 13 Beta 1 ini dilakukan sekitar dua minggu menjelang acara tahunan Google I/O 2022 bulan depan. Ajang kumpul-kumpul developer ini akan berlangsung pada tanggal 11- 12 Mei 2022.
Baca juga: Google I/O 2022 Digelar Online dan Gratis, Ini Jadwal serta Link Daftarnya
Memang, selama ini, ajang Google I/O kerap menjadi panggung perkenalan sistem operasi Android versi teranyar. Nah, Tahun 2022 ini, Google juga kemungkinan akan memperkenalkan Android 13 secara resmi ke publik dalam acara Google I/O 2022.
Pada ajang tersebut, Google diharapkan akan mengungkapkan sepenuhnya merinci rencananya untuk pembaruan fitur-fitur yang dibawa OS Android 13.
Android 13 versi beta pertama membawa pembaruan fitur. Salah satunya ada fitur perizinan yang lebih terperinci saat aplikasi ingin akses file/media.
Fitur “minta izin” ini sebenarnya sudah hadir di Android 12. Namun, di Android 13 ini fitur tersebut dibuat lebih rinci.
Di versi Android 12, fitur perizinan masih sangat umum, seperti misalnya izin akses “file dan media”. Izin tersebut akan memberikan aplikasi akses ke semua jenis file dan media di ponsel, yang mana tidak selalu diperlukan oleh aplikasi.

Ilustrasi jendela perizinan aplikasi untuk mengakses file audio dari ponsel pengguna.Blog Developer Android Ilustrasi jendela perizinan aplikasi untuk mengakses file audio dari ponsel pengguna.

Sebagai contoh, aplikasi pemutar audio secara teori hanya perlu akses ke file audio, tidak memerlukan akses ke foto pengguna.
Nah, di Android 13 ini Google memperkenalkan tiga izin baru berdasarkan jenis media yang perlu diakses aplikasi, yaitu:
Dengan begitu, pengguna agaknya bisa memberikan aplikasi izin akses sesuai keperluannya.
Fitur lainnya ada Keystore dan KeyMint, sebuah bagian Android yang dapat menangani kunci kriptografi. Fitur ini telah diperbarui untuk memberikan kode kesalahan yang lebih informatif.
Baca juga: Daftar HP Android Harga Rp 1-3 Jutaan, Ponsel Baru untuk Lebaran 2022
Ada juga application program interface (API) baru untuk pemutaran audio, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/4/2022).
Dalam versi developer preview sebelumnya, Google menghadirkan fitur Audio Bluetooth Low Energy (LE), pemilih foto baru yang memungkinkan Anda membatasi foto mana yang dapat diakses aplikasi, lebih banyak opsi tema ikon aplikasi baru, dan izin baru yang dapat mengurangi spam notifikasi.
Ada pula opsi dukungan tulisan tangan dengan pena digital (stylus handwriting).
Perlu diingat, Android 13 yang dirilis saat ini masih dalam versi developer preview 1, belum versi final. Dengan begitu, ke depannya, Google masih bisa menghilangkan, mengubah, atau menambahkan berbagai fitur baru ke Android 13 versi selanjutnya.
Soal jadwal rilis, berdasarkan informasi kehadiran yang dicantumkan di blog Developer Android, Google dijadwalkan merilis Android 13 versi developer preview pada bulan Februari-Maret 2022.
Kemudian dilanjutkan dengan perilisan Android 13 versi beta pada April 2022. Sementara versi akhir (stable) dari Android 13 ditargetkan siap pada Juni atau Juli 2022 ini.
Sejauh ini, perilisan Android 13 versi developer preview dan Beta 1 sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Google sejak awal.
Dengan begitu, bila sesuai jadwal, Android 13 versi akhir (stable) paling cepat bakal dirilis setelah bulan Juli 2022, sebagaimana dihimpun dari Pocket-Lint.
Baca juga: Google Diam-diam Rilis Aplikasi Pindah Data dari iPhone ke Android
Namun bila melihat perilisan Android generasi sebelumnya, biasanya Google baru menggelontorkan versi finalnya pada bulan September atau Oktober.
Misalnya, seperti Android 12 versi stable dirilis pada Oktober 2021, Android 11 pada September 2020, dan Android 10 pada September 2019.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source