9 Februari 2023

Apa Itu Handsfree yang Ramai Dibicarakan dan Bedanya dengan Headset, Earphone, serta Headphone? – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Apa Itu Handsfree yang Ramai Dibicarakan dan Bedanya dengan Headset, Earphone, serta Headphone?

KOMPAS.com – Perangkat Handsfree kini tampaknya tengah ramai dibicarakan di Indonesia. Pencarian penjelasan mengenai perangkat handsfree di Google Search terpantau naik cukup pesat pada hari ini, Selasa (1/11/2022).
Pencarian tersebut naik diketahui berbarengan dengan proses persidangan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E, yang diselenggarakan pada Senin kemarin (31/10/20222).
Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?
Dalam persidangan kali itu, Jaksa Penuntut Umum menanyakan ke saksi bernama Susi, asisten rumah tangga Ferdy Sambo, apakah tengah memakai Handsfree atau tidak. Sejak itulah, Handsfree jadi ramai dicari di Google Search hingga saat ini.
Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu Handsfree, sehingga ramai dicari penjelasannya di Google Search. Oleh karena itu, berikut KompasTekno rangkumkan penjelasan mengenai perangkat Handsfree.

Ilustrasi Handsfree.Unsplash/Sajad Nori Ilustrasi Handsfree.

Secara konsep, Handsfree adalah perangkat audio untuk komunikasi tanpa harus menggunakan tangan, seperti namanya. Untuk mendukung komunikasi tanpa menggunakan tangan itu, Handsfree mengandalkan teknologi nirkabel atau wireless.
Umumnya, Handsfree menggunakan koneksi bluetooth dalam menyambungkan audio dari perangkat lain seperti ponsel, komputer, laptop. Lewat koneksi bluetooth, handsfree dapat dipakai untuk berkomunikasi tanpa harus dekat dengan perangkat tersebut.
Pengguna bisa mendengarkan musik atau telepon secara jarak jauh dari perangkat-perangkat itu dengan menggunakan Handsfree. Dikutip dari Techopedia, Handsfree bisa juga dipakai buat mengirim perintah suara untuk menjalankan perangkat pintar.
Dalam sebuah Handsfree, biasanya terdapat microphone dan speaker yang terletak dalam satu batang. Handsfree dapat tersedia dalam satu batang saja (untuk telinga kanan atau kiri) atau dua batang sekaligus (telinga kanan dan kiri).
Selain Handsfree, sebetulnya terdapat beberapa jenis perangkat audio yang memiliki fungsi hampir mirip, seperti Earphone, Headset, dan Headphone. Kendati fungsinya hampir sama, namun terdapat perbedaan yang perlu diketahui.
Baca juga: Perbedaan Komponen Hardware, Software, dan Brainware dalam Komputer

Ilustrasi headphoneHarris Farooq Ilustrasi headphone

Headphone dirancang menggunakan dua speaker sederhana yang dipasang pada bando. Bando Headphone inilah yang berfungsi untuk mengaitkan speaker kanan dan kiri. Pada speaker Headphone tersemat peredam suara dan bantalan empuk.
Headphone memiliki fungsi utama hanya untuk mendengarkan audio. Bahkan sebagian Headphone tidak memiliki mic. Biasanya, Headphone disambungkan ke perangkat seperti ponsel atau komputer, menggunakan kabel.

Ilustrasi Headset yang tengah digunakan.DOK JABRA Ilustrasi Headset yang tengah digunakan.

Headset secara rupa bisa dikatakan hampir mirip dengan Headphone. Perangkat audio ini juga memiliki dua buah speaker yang berukuran cukup besar dan dihubungkan lewat bando. Bedanya, Headset telah dilengkapi dengan microphone.
Alhasil, Headset bisa dipakai sebagai sarana output audio untuk aktivitas seperti telepon. Untuk menyambungkan ke perangkat lain, terdapat beberapa jenis Headset yang telah mendukung fitur wireless dengan menggunakan koneksi bluetooth.

Ilustrasi Earphone yang sedang digunakan.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Ilustrasi Earphone yang sedang digunakan.

Seandainya dilihat dari segi bentuk, Earphone merupakan perangkat audio yang bisa dikatakan hampir mirip dengan Handsfree. Earphone memiliki ukuran yang jauh lebih kecil ketimbang Headphone dan Headset.
Ukurannya kebanyakan hanya sebesar daun telinga. Earphone juga terdiri dari speaker dan microphone. Jadi, dengan menggunakan Earphone, pengguna bisa mendengarkan dan mengeluarkan audio dalam satu waktu.
Dalam hal menghubungkan ke perangkat, Earphone terbagi menjadi dua jenis. Pertama, Earphone yang menggunakan sambungan kabel. Pada Earphone kabel, komponen speaker terletak terpisah dengan microphone.
Kemudian, ada pula Earphone yang menggunakan sambungan bluetooth. Pada Earphone bluetooth, komponen speaker dan microphone terletak dalam satu batang. Dengan demikian, jenis Earphone ini juga bisa dikatakan sebagai Handsfree.
Baca juga: Apa Itu APN? Mengenal Fungsi dan Cara Mengaturnya di Ponsel
Demikianlah penjelasan seputar pengertian Handsfree yang tengah ramai dibicarakan dan perbedaannya dengan Headphone, Headset, serta Earphone, semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source