9 Februari 2023

Apa itu Wifi Dongle? Berikut Penjelasannya! – ANTEROACEH.com

ANTEROACEH.com – Apa itu Wifi Dongle?, artikel ini akan membahas secara rinci semua tentang wifi dongle. Mungkin belum banyak yang mengetahui arti dan fungsi dari alat yang satu ini. Sebenarnya dongle adalah sebuah barang atau hardware yang berbentuk seperti USB. Fungsi utama dongle digunakan untuk membuat enkripsi. 
Dongle sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah Wifi Dongle. Nah pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas tentang pengertian dari Wifi Dongle, fungsi dari Wifi Dongle, cara kerja Wifi Dongle, serta kelemahan dan kelebihan dari WiFi Dongle.
Definisi Dongle Wifi
Wifi Dongle adalah USB Wifi stick portabel kecil yang dapat dihubungkan ke laptop, smartphone, atau tablet untuk memberikan layanan internet yang nyaman saat bepergian. Dongle WiFi juga dapat digunakan pada komputer yang tidak memiliki dukungan Kartu WiFi untuk mendapatkan fungsi serupa.WiFi Dongle ini merupakan jenis Wireless Adapter, namun khusus untuk perangkat yang dicolokkan ke port USB. Lalu apa sih fungsi dari WiFi Dongle tersebut?
Fungsi Dongle Wifi
Fungsi dongle WiFi adalah untuk menyediakan layanan internet yang nyaman saat bepergian. Dongle WiFi juga berfungsi sebagai modem internet portabel, dan ketika dongle dicolokkan ke komputer, perangkat pada dasarnya terhubung ke modem. Broadband USB Dongle menggunakan teknologi yang sama seperti ponsel agar terhubung ke jaringan. Jika dibandingkan, umumnya mobile broadband akan lebih cepat karena terhubung dengan PC/laptop.
Dongle WiFi, seperti yang dapat kita asumsikan dari namanya, memungkinkan kita untuk menambahkan koneksi nirkabel ke komputer yang tidak ada, sehingga dapat terhubung ke jaringan pribadi atau bahkan internet.Dongle ini tidak mengganti koneksi RJ-45 tetapi menambah konektivitas nirkabel yang tidak dimiliki sebelumnya.
Cara Menggunakan Dongle Wifi
Ini pada dasarnya adalah perangkat USB portabel yang juga dapat disebut sebagai stik/stik interbet/modem USB/dongle seluler/dongle USB/adaptor jaringan USB atau stik broadband seluler USB dan berperilaku seperti modem kecil.
Cara menggunakan Dongle WiFi ini cukup mudah dengan mencolokkannya ke port USB komputer atau laptop Anda dan akan langsung menghubungkan Anda ke jaringan 3G, 4G, dan 5G yang sama dengan yang digunakan smartphone Anda, tidak perlu software lain. Ini adalah sebuah alat yang sangat membantu bagi siapa saja yang perlu terhubung ke internet saat bepergian.
Keuntungan dari Dongle
Salah satu kelebihan atau kelebihan menggunakan WiFi Dongle adalah kesederhanaannya. Cukup colokkan dan Anda dapat menjelajahi internet.Dongle juga memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anda dapat online dari mana saja yang memiliki sinyal ponsel. Ini portabel, dan karena menggunakan kekuatan laptop Anda, itu tidak memerlukan pengisian daya.
Kekurangan Dongle
Hingga 5G diluncurkan sepenuhnya, 4G adalah sinyal yang paling banyak tersedia dan tidak ideal untuk streaming atau mengunggah file besar.Kestabilan koneksi internet juga tergantung dari penerimaan operator seluler Anda di daerah tersebut jika tidak terlalu baik maka koneksi internet juga tidak akan baik.
Berbicara tentang koneksi cepat, Anda juga harus mencatat bahwa hingga 5G tiba dengan cakupan nasional yang solid. WIFi Dongle bukanlah pengganti koneksi broadband rumah yang baik. Kecepatan yang dapat Anda capai minimal dibandingkan dengan kecepatan super cepat yang disediakan oleh koneksi rumah.
Kesimpulan
Dari pengertian hingga cara menggunakannya.Kita bisa menggunakan dongle dengan mudah, banyak merk dongle yang menyediakan fitur plug and play,jadi kita tinggal colok ke komputer kita dan langsung bisa digunakan.
Gimana gengs?cukup menarik bukan,Penjelasan Singkat Tentang Wifi Dongle. Semoga bermanfaat!
© 2018-2023 ANTEROACEH.com Powered by GampongIT.com.

source