4 Februari 2023

Asus ROG Phone 6 Pro Punya Fitur ROG Vision, Apa Fungsinya? – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Asus ROG Phone 6 Pro Punya Fitur ROG Vision, Apa Fungsinya?
JAKARTA, KOMPAS.comAsus resmi meluncurkan duo ponsel gaming terbarunya ROG Phone 6 dan 6 Pro di Indonesia, Rabu (21/9/2022). Dari kedua perangkat tersebut, ROG Phone 6 Pro diposisikan sebagai ponsel gaming yang lebih mumpuni dari ROG Phone 6 “reguler”.
Salah satu fitur pembeda di model “Pro” ini adalah fitur kosmetik yang ada di balik cangkang perangkat yang bernama ROG Vision.
Country Product Manager Asus Global, Marcia Sung mengatakan bahwa ROG Vision merupakan layar sekunder di ROG Phone 6 Pro yang memiliki panel OLED dengan ukuran 2 inci.
Layar berwarna ini bisa diatur untuk menampilkan teks, serta bisa menampilkan informasi dalam enam mode tampilan.
Baca juga: HP Gaming Asus ROG Phone 6 dan 6 Pro Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya
Keenam mode tersebut adalah “Screen On”, “X Mode”, ” “Accesorry”, “Charging”, “Game Start”, dan “Incoming Call”.
“Ketika aktivitas yang sesuai dengan mode-mode ini dilakukan, maka layar ROG Vision akan menyala dan menampilkan animasi yang sesuai dengan kegiatan pengguna,” ujar Marcia di Pullman Central Park Jakarta.
Selain enam mode tersebut, layar ROG Vision di ROG Phone 6 Pro juga bisa digunakan untuk ajang pamer, dengan cara menampilkan animasi sesuai dengan selera pengguna.
Adapun jumlah atau variasi animasi yang bisa diterapkan di ROG Vision, menurut Marcia, berjumlah puluhan.
“Ada sekitar 60 animasi yang bisa dipilih dan dikustomisasi pengguna untuk membuat ROG Phone 6 Pro mereka, dalam hal ini ROG Vision, lebih personal,” pungkas Marcia.
Baca juga: Asus Rilis ROG Phone 6 Edisi Batman, Ini Bedanya dengan Reguler
ROG Phone 6 Pro hadir dengan layar Samsung AMOLED Display seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.448 x 1.080 piksel).
Layar ini mendukung refresh rate hingga 165 Hz dengan touch sampling rate mencapai 720 Hz dan pelindung Corning Gorilla Glass Victus.
Tidak seperti ponsel kebanyakan yang memakai teknologi Adaptive Refresh Rate, tingkat kemulusan layar ROG Phone 6 Pro dapat diatur secara manual sesuai kebutuhan pengguna, mulai dari 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, 144 Hz, dan 165 Hz.
Pada sektor hardware, ROG Phone 6 Pro ditenagai dengan chipset terkuat Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1, dipadukan dengan RAM 18 GB dan media penyimpanan 512 GB.
Untuk urusan fotografi, Asus ROG Phone 6 Pro mengandalkan tiga buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX766), kamera ultrawide 13 MP, dan kamera makro 5 MP.
Baca juga: Melihat Tampang HP Gaming Asus ROG Phone 6 yang Segera Meluncur di Indonesia
Pada bagian depan, ponsel gaming ini juga turut diekali dengan kamera selfie 12 MP dengan sensor Sony IMX663.
Di sektor daya, ROG Phone 6 Pro ditopang dengan baterai berkapasitas jumbo, yaitu 6.000 mAh, yang mendukung pengisian daya cepat berdaya 65 watt.
Fitur pendukung lainnya di ROG Phone 6 Pro ini adalah tombol AirTrigger, spaker ganda, tiga mikrofon, audio spasial Dirac Virtuo, colokan audio 3,5 mm, tingkat ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IP rating IPX4.
Kemudian ada teknologi AeroActive Cooler 6 dan Thermoelectric AI Cooling System yang diklaim dapat mendinginkan chipset ponsel secara menyeluruh (360 derajat) ketika kedua perangkat ini dipakai untuk main game.
Secara software, baik Asus ROG Phone 6 dan 6 Pro kompak menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 dengan tampilan antarmuka (UI) ROG UI berbasis Zen UI.
Di Indonesia, ROG Phone 6 Pro dijual dengan harga Rp18.999.000 dan sudah bisa dipesan mulai hari ini (21 September – 31 Oktober 2022) di toko resmi dan e-commerce rekanan Asus di Tanah Air.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source