4 Februari 2023

Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android
KOMPAS.com – Inovasi Dynamic Island yang hadir secara eksklusif di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sukses menyita perhatian dunia.
Desain poni unik Dynamic Island akhirnya menggantikan desain notch atau poni panjang lawas yang sudah digunakan Apple sejak merilis iPhone X pada 2017.
Yang menjadi istimewa, desain poni Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max itu juga fungsional dan interaktif. Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Misalnya dari aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.
Nah, pengguna ponsel Android tak perlu berkecil hati karena kini mereka juga bisa mendapatkan fitur Dynamic Island di ponselnya.
Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengunduh aplikasi “dynamicSpot – Multitasking” di Google Play Store atau melalui tautan berikut ini.
Baca juga: Tema Ini Bisa Sulap HP Xiaomi Jadi Mirip iPhone 14 Pro
Aplikasi “dynamicSpot” bakal menyulap punch hole di HP Android menjadi Dynamic Island yang sama seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.
Pantauan KompasTekno, aplikasi dynamicSpot bisa berjalan di ponsel Android versi 9 dan yang lebih baru. Saat ini, aplikasi ini masih dalam tahap early access atau beta, belum versi final. Jadi, kemungkinan pengguna masih akan mendapatkan beberapa bug atau masalah.
Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Poni Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max
Sama seperti Dynamic Island ala iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max, aplikasi dynamic Spot bakal menyediakan animasi “mengambang” ketika ada notifikasi masuk dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background).
Cara mengaktifkan dynamicSpot juga cukup mudah dan cepat.
Setelah selesai di-download, pengguna hanya perlu mengikuti tiga langkah yang sudah disediakan.

Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menghadirkan Dynamic Island ala iPhone 14 Pro ke ponsel Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menghadirkan Dynamic Island ala iPhone 14 Pro ke ponsel Android.

Selanjutnya, pengguna bakal melihat informasi soal perlindungan data (data protection). Aplikasi dynamic Spot mengeklaim bahwa aplikasinya ini tidak memiliki akses ke internet dan tidak mengumpulkan dan membagikan data apapun milik pengguna.
Terakhir, klik “done” untuk menyelesaikan proses aktivasi Dynamic Island dengan aplikasi dynamic Spot.
Nantinya, seluruh notifikasi dari aplikasi yang sudah dipilih tadi otomatis ditampilkan dalam animasi “mengambang” ala Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.
Pengguna juga bisa mengatur ukuran dan tata letak Dynamic Island di ponsel Android. Caranya tinggal buka menu “Popup settings” di aplikasi dynamic Spot.
Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menyulap HP Android agar memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 Pro.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menyulap HP Android agar memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 Pro.

Dynamic Island versi duo iPhone 14 Pro memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan notifikasi. Misalnya, ketika pengguna menyetel musik di background, pengguna bakal melihat animasi gambar sampul musik yang sedang diputar di Dynamic Island.
Ketika animasi diklik, pengguna bakal dibawa ke aplikasi musik seperti YouTube Music. Sedangkan ketika animasi ditekan lama, pengguna bakal melihat informasi musik yang sedang diputar lengkap dengan menu pengaturan untuk musik (next, previous, stop).
Sama halnya ketika menggunakan aplikasi maps, penguna juga bisa melihat informasi navigasi langsung dari Dynamic Island. Ketika animasi diklik, pengguna akan dibawa ke aplikasi Maps. Sementara ketika animasi ditekan lama, pengguna bakal melihat informasi navigasi lebih detail di Dynamic Island.
Aplikasi dynamic Spot di ponsel Android juga menawarkan hal yang sama. Namun, pengguna perlu melakukan upgrade ke dynamic Spot versi Pro dengan membayar Rp 19.000 untuk bisa mendapatkan pengalaman serupa Dynamic Island ala iPhone 14 Pro.
Setelah melakukan upgrade ke versi Pro, pengguna bakal mendapatkan fitur “Single Tap” dan “Long Press”. Kedua fitur itu yang membuat pengguna bisa mengetuk satu kali (single tap) pada animasi untuk membuka aplikasi dari Dynamic Island. Lalu menekan lama (long press) pada animasi untuk memperluas animasi.
Perlu dicatat, notifikasi dynamicSpot bakal menghilang dari layar ketika tidak ada notifikasi dan aplikasi yang dijalankan di latar belakang. Sehingga, nantinya, layar ponsel akan kembali seperti semula, yakni hanya menampilkan punch hole. Hal ini berbeda dengan Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang permanen berada di layar.
Itu dia aplikasi dynamic Spot yang bisa menyulap HP Android agar memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 Pro. Apakah kalian tertarik untuk menjajalnya?
Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source