8 Februari 2023

Cara Cek Baterai Health di HP Xiaomi – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Cara Cek Baterai Health di HP Xiaomi
KOMPAS.com – Kesehatan baterai merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik smartphone. Sebab, pemakaian smartphone yang sembarangan dan dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi performa baterai.
Jika performa baterai atau baterai health menurun, maka baterai bisa gampang cepat habis, atau daya maksimal yang disimpan sudah tidak seperti saat masih baru.
Khusus untuk pengguna HP Xiaomi, mereka dapat mengetahui apakah baterai ponsel mereka masih dalam kondisi yang prima atau tidak. Bagaimana cara cek baterai health Xiaomi, apakah masih sehat atau tidak?
Baca juga: Amankah Fast Charging Bagi Kesehatan Baterai Smartphone?
Cara cek baterai health Xiaomi ini dapat dilakukan dengan mengandalkan laporan bug yang disediakan oleh sistem MIUI.
KompasTekno menggunakan perangkat Xiaomi Mi 10 dengan MIUI versi 12.5.3. Berikut merupakan cara cek baterai health di HP Xiaomi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Jumat (17/6/2022).
KompasTekno mendapati bahwa kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang sedang digunakan adalah 3384000. Artinya, kapasitas baterai HP tersebut berada pada 3.384 mAh.
Baca juga: 6 Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak
Untuk mengetahui atau menentukan kondisi baterai saat ini, Anda perlu menggunakan rumus sebagai berikut:
Sebagai contoh, kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang digunakan saat ini adalah 3.384 mAh. Sedangkan kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 dalam kondisi baru adalah 4.780 mAh. Maka dari itu:
Jadi, kondisi baterai Xiaomi Mi 10 milik KompasTekno berada di kondisi 70 persen.
Kondisi ini tergolong rendah. Apabila HP dengan kapasitas baterai di bawah 80 persen, maka sangat disarankan untuk segera menggantinya agar performa ponsel tetap maksimal.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source