4 Februari 2023

Cara Membuat Tulisan Berjalan atau Running Text di HP yang Tengah Ramai – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Cara Membuat Tulisan Berjalan atau Running Text di HP yang Tengah Ramai

KOMPAS.com – Di media sosial, seperti TikTok atau Instagram, beberapa waktu belakangan tengah diramaikan unggahan video yang memuat konten tulisan berjalan pada layar handphone (HP). Sebagian dari Anda mungkin juga sempat melihat video seperti itu.
Secara pengoperasian, tulisan berjalan di HP tersebut hampir mirip seperti papan reklame digital. Jadi, tulisan dengan pesan dan warna tertentu dapat bergulir perlahan secara otomatis, dari sisi kiri ke kanan layar HP atau sebaliknya.
Baca juga: Cara Cek Siapa Saja yang Keluar atau “Left” Grup WA di HP Android dan iPhone
Dengan pengoperasian layaknya papan reklame digital, tulisan berjalan di HP kerap dijuluki pula dengan Running Text. Biasanya, pengguna memakai Running Text di HP untuk menyampaikan pesan ke seseorang dengan cara yang unik.
Tulisan berjalan di HP, baik di HP Android atau iPhone, pada dasarnya tidak bisa dibuat dengan mengandalkan aplikasi bawaan. Lantas, bagaimana cara membuat tulisan berjalan di HP? Membuat tulisan berjalan di HP bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga.
Adapun salah satu contoh aplikasi tulisan berjalan di HP adalah LED Banner, yang tersedia pada toko aplikasi untuk iPhone, App Store. Melalui LED Banner, Anda bisa membuat tulisan berjalan di HP dengan berbagai pilihan warna.
Sudah penasaran untuk membuat Running Text di HP? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat tulisan berjalan di HP dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga LED Banner.

Ilustrasi cara membuat tulisan berjalan di HP dengan aplikasi LED Banner pada iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat tulisan berjalan di HP dengan aplikasi LED Banner pada iPhone.

Cukup mudah bukan untuk membuat tulisan berjalan di HP? Penting untuk diketahui, cara di atas sendiri dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16. Sementara itu, bila hendak membuat tulisan berjalan di HP Android, aplikasinya beda lagi.
Di HP Andorid, terdapat beberapa aplikasi tulisan berjalan, salah satunya adalah LED Scroller. Aplikasi tulisan berjalan tersebut bisa diunduh lewat toko aplikasi HP Android, Google Play Store.
Kendati beda aplikasi, namun cara membuat tulisan berjalan di HP Android lewat LED Scroller bisa dikatakan hampir sama dengan di iPhone via LED Banner. Jadi, Anda juga cukup memasukkan tulisan dan mengatur warnanya, lalu ketuk tombol untuk memulai.
Baca juga: 5 Cara Bikin Tulisan Keren di WhatsApp Selain Tebal, Miring, dan Dicoret
Saat tombol mulai diketuk, HP Android bakal menayangkan tulisan berjalan dengan format yang telah diatur sebelumnya. Demikianlah penjelasan seputar cara membuat tulisan berjalan di HP yang tengah ramai dengan mudah, selamat mencoba.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source