1 Februari 2023

Cara Mengatasi Android Fastboot dengan 2 Langkah Mudah – HarapanRakyat.com

Cara mengatasi Android fastboot di berbagai tipe smartphone. Bisa terjadi baik secara otomatis atau dengan sendirinya. Mode fastboot sudah tersedia pada semua ponsel termasuk Android.
Mode yang satu ini biasanya vendor yang menyediakan saat ingin mengatasi berbagai masalah error Android. Sayangnya untuk pengguna Android belum tahu apa itu fastboot.
Biasanya yang lebih mengetahui tentang cara mengatasi Android fastboot adalah tukang service HP. Karena itulah tidak semua pengguna smartphone tahu cara tersebut.
Biasanya pengguna awam merasa bingung saat smartphone Androidnya masuk mode fastboot. Padahal kondisi tersebut bukanlah salah satu masalah besar.
Agar bisa mengatasi kondisi fastboot secara tiba-tiba sebaiknya cari tahu caranya. Sebelumnya sebaiknya Anda tahu apa sebenarnya mode fastboot Android dan cara mengatasinya.
Baca Juga: Aplikasi Tidak Bisa Terinstal di Android, Kenali Penyebab dan Cara Atasi
Fastboot merupakan hal yang biasa dialami pada sejumlah smartphone. Masalah ini biasa terjadi pada smartphone berbasis Android.
Meski menawarkan perlengkapan yang bisa digunakan untuk mengelola perangkat lunak, namun terkadang ada yang bingung. Tidak semua pengguna Android tahu apa itu sebenarnya mode fastboot.
Padahal mode ini bukanlah masalah serius. Fastboot adalah bagian dari bootloader Android. Fungsi dari mode ini yaitu untuk program menghubungkan komputer atau PC dengan Android.
Fastboot juga biasa digunakan untuk protokol komunikasi antara komputer dan Android baik secara hardware atau software. Untuk menyelamatkan smartphone yang gagal downgrade atau error.
Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi error tersebut yaitu dengan menggunakan mode fastboot. Peran penting dari mode fastboot yaitu untuk melakukan splash screen, menghapus data, menghapus cache, wipe atau format sistem.
Setelah Android masuk mode tersebut, terkadang pemiliknya justru merasa bingung Berikut ini ada cara mengatasi android fastboot dengan keluar dari mode tersebut. Adapun langkahnya yaitu:
Baca Juga: Cara Mengosongkan Google Drive di Android Penuh dan Penyebabnya
Cara mengatasi Android fastboot pertama yaitu dengan alternatif tombol. Cara ini dipercaya mampu membantu Android dapat keluar dari mode tersebut.
Biasanya ada ponsel Android yang hadir dengan desain memiliki kombinasi pada bagian tombolnya. Salah satu tombol yang digunakan tersebut yaitu dapat masuk ke mode fastboot.
Sehingga keberadaan tombol tersebut juga bisa berfungsi untuk keluar dari mode fastboot. Adapun cara yang bisa dilakukan yaitu:
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk cara mengatasi Android fastboot dengan bantuan tombol alternatif yaitu pencet tombol power secara bersamaan. Lakukan dengan kombinasi tombol volume bawah dan tahan hingga ponsel Android restart.
Jika sudah berhasil dan akan muncul logo merk smartphone, sebaiknya lepaskan dan tunggu hingga beberapa saat. Lakukan hingga smartphone loading sistem selesai. Jika sudah Anda bisa aktifkan smartphone kembali.
Cara mengatasi Android fastboot tahap kedua yaitu dengan memencet dan menahan tombol power beberapa saat. Sebaiknya lakukan ketika smartphone masuk dalam mode fastboot. tunggu hingga smartphone mati dan Anda bisa aktifkan kembali.
Selain dengan alternatif tombol, masih ada cara lainnya yaitu dengan melepas baterai ponsel. Saat smartphone Android dalam kondisi mode fastboot, Anda bisa copot baterainya untuk mengatasi mode tersebut.
Hanya saja cara ini baru bisa Anda lakukan pada ponsel dengan baterai konvensional. Namun jika smartphone menggunakan baterai tanam, secara otomatis baterai tidak dapat terlepas.
Untuk itu, bagi smartphone yang menggunakan baterai tanam sebaiknya gunakan cara dengan alternatif tombol seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Baca Juga: Cara Mengetahui Spyware di Android dengan Mudah dan Mengatasinya
Fastboot itu sendiri dapat Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan Android. Sebenarnya mode tersebut juga bisa Anda pakai sebagai tool Recovery Mode dengan fungsi sama. Adapun beberapa fungsi dari mode fastboot Android antara lain:
Sebenarnya ketika smartphone masuk pada mode fastboot tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Namun ada juga yang sengaja melakukanya karena alasan tertentu.
Biasanya ketika hendak masuk harus menggunakan mode fastboot terlebih dulu. Menggunakan cara mengatasi Android fastboot yang tepat akan membantu Anda dapat menggunakan perangkat tambahan. (R10/HR-Online)

source