9 Februari 2023

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

KOMPAS.com – Perangkat teknologi komunikasi biasanya memunculkan beberapa masalah yang tidak diketahui. Salah satunya yakni SIM card tidak terbaca.
Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan tidak terbacanya SIM card oleh perangkat. Bisa terjadi karena perangkat lunak atau terdapat kerusakan yang tidak terlihat pada SIM card Anda.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut KompasTekno telah merangkum cara mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada HP Android.
Baca juga: Kebocoran 1,3 Miliar SIM Card, Indosat dan XL Pastikan Data Pelanggan Aman
Berikut merupakan beberapa cara dalam mengatasi SIM card yang tidak terbaca di HP Android. Cara-cara ini bisa Anda lakukan secara berurutan ketika cara pertama atau sebelumnya tidak berhasil.
Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk menonaktifkan ponsel dan menunggunya beberapa detik dalam keadaan ponsel mati. Kemudian cobalah untuk mengaktifkannya kembali dan lihat apakah perangkat Anda bisa membaca SIM card atau belum.
Dalam beberapa ponsel, biasanya memberikan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kartu SIM card. Untuk mengaktifkan kartu SIM card, cobalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Selain itu, Anda juga bisa mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca di Android dengan melepas kartu SIM dari tempatnya dan melepas baterai.
Baca juga: Ponsel Android 13 Tak Perlu SIM Card Fisik?
Mengaktifkan mode pesawat juga bisa Anda coba untuk mengatasi SIM card yang tidak bisa terbaca pada perangkat Anda.
Menghapus cache juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pada SIM card.
Baca juga: Kominfo Akan Perketat Pengawasan Prosedur Ganti SIM Card
Jika kelima cara-cara di atas belum berhasil mengatasi SIM card Anda yang tidak terbaca oleh perangkat, ada baiknya untuk membawa ponsel Anda ke toko ponsel atau counter terdekat.
Mintalah bantuan dari para ahli untuk mengatasi permasalahan pada SIM card Anda. Itulah lima cara dalam mengatasi SIM card yang tidak terbaca oleh perangkat Android. Semoga membantu.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source