4 Februari 2023

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dengan Mudah – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dengan Mudah

KOMPAS.com – Handphone (HP) kini bisa memiliki fungsi untuk beragam hal, termasuk hiburan. Pengguna bisa memanfaatkan HP untuk menonton video, mendengarkan musik, bermain game, dan sebagainya.
Di sisi lain, ukuran layar HP yang kecil kadang membuat pengalaman mengakses hiburan tersebut jadi kurang memuaskan. Apalagi saat dipakai menonton film, mungkin Anda harus memegangi HP itu agar tidak jatuh sembari agak mendekatnya layarnya.
Baca juga: Ini Beda Smart TV dan Android TV
Cukup merepotkan bukan? Tapi kini tak usah khawatir, Anda bisa menghubungkan HP ke televisi (TV) supaya tampilannya berpindah ke medium dengan layar yang lebih besar.
Dengan demikian, Anda bisa mengakses hiburan di HP namun ditonton pada layar TV yang memiliki ukuran lebih besar, sehingga pengalaman menonton film atau bermain game, jadi terasa lebih lega.
Cara menghubungkan HP ke TV itu cukup mudah, Anda tidak memerlukan kabel tambahan sebagai sambungan yang menghubungkan antara HP dengan TV.
Meski terbilang mudah, Anda beberapa syarat yang harus dipenuhi dulu apabila ingin menghubungkan HP ke layar TV. Berikut syarat menyambungkan HP ke TV tanpa kabel:
Aplikasi Miracast bisa didapat lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk HP Android) dan App Store (untuk iPhone).
Aplikasi Screen Mirroring seperti itu menyesuaikan kompatibilitasnya dengan perangkat dongle HDMI. Anda bisa memeriksa kompatibilitas aplikasi itu di buku petunjuk perangkat. Umumnya, dongle HDMI yang ada dipasaran kompatibel dengan aplikasi Miracast.
Setelah dirasa semua syarat terpenuhi, kini Anda bisa mulai menyambungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel.
Penasaran dengan bagaimana cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel? Simak penjelasan berikut ini, sebagaimana dilansir Makeuseof.
Baca juga: Apakah TV Digital Pakai Internet?
Kini, Anda bisa menonton film atau bermain game di HP dengan tampilan yang lebih lega menggunakan layar TV. Itulah cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel, selamat mencoba.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source