9 Februari 2023

Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone

KOMPAS.com – Perpindahan penggunaan HP berbasis Android ke iPhone dengan sistem operasi iOS, bukanlah perkara yang mudah. Terkadang terdapat beberapa data dari HP Android yang cukup sulit buat dipulihkan di iPhone, misalnya seperti data chat WhatsApp.
Umumnya, transfer data bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi desktop seperti Wondershare Dr Fone. Namun, layanan transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone lewat aplikasi tersebut, tidaklah gratis alias berbayar.
Baca juga: 10 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Ganti Background Video Call, Sudah Coba?
Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mengalami persoalan betapa rumitnya untuk transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone. Persoalan inilah yang mungkin didengar oleh Meta, selaku pengembang WhatsApp.
Beberapa waktu lalu, CEO Meta sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan, pihaknya tengah menggelontorkan fitur baru ke WhatsApp yang memungkinkan transfer data dari HP Android ke iPhone.
Lewat fitur ini, pengguna bakal bisa transfer data WhatsApp, seperti riwayat chat, foto, video, dan sebagainya, dari HP Android ke iPhone dengan lebih mudah. Fitur transfer data WhatsApp antar perangkat beda sistem operasi ini sebenarnya telah dirilis tahun lalu.
Namun saat itu, transfer data WhatsApp hanya bisa dilakukan dari iPhone ke Android. Kini, pengguna bakal mendapatkan kemampuan tambahan pada fitur transfer data WhatsApp yang bisa dilakukan sebaliknya, yakni dari Android ke iPhone.
Fitur untuk memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone nantinya bakal disematkan pada aplikasi bernama Move to iOS buatan Apple, yang tersedia di Google Play Store. Move to iOS sejatinya bukan aplikasi baru.
Perlu diketahui, aplikasi ini telah dirilis sejak 2015 dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang ingin beralih dari HP Android ke iPhone. Dulu, Move to iOS hanya bisa memindahkan data tertentu, seperti kontak, kalender, atau pesan SMS.
Kemudian, kemampuan dari aplikasi itu terus ditingkatkan hingga kini bakal bisa dipakai untuk memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone. Lantas, bagaimana cara memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone?
Sebelum mengetahui cara memindahkan data WhatsApp dari Android ke iPhone lewat Move to iOS, sebaiknya pahami dulu beberapa ketentuan yang dibutuhkan, berikut ini pemaparannya.
Baca juga: Cara Gabung Dua Emoji Jadi Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan
Bila telah memahami ketentuan di atas, berikut adalah cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone lewat Move to iOS, sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.
Untuk saat ini, fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone tampaknya masih diperuntukkan bagi para pengembang via aplikasi WhatsApp versi Beta. Bila pengujian telah selesai maka fitur ini bakal digelontorkan ke semua pengguna secara global.
Baca juga: 5 Penyebab WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya
Demikian informasi seputar cara transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone, berikut dengan ketentuan yang dibutuhkan, semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source