4 Februari 2023

Computer Science sebagai Pendidikan untuk Masa Depan – Kompasiana.com

Belajar dan Berdoa
Selanjutnya
Tutup
Pada zaman ini, perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan tidak terhindarkan. Teknologi-teknologi lama mulai ditinggalkan dan digantikan dengan teknologi baru yang dominan berbasis dalam jaringan. Contoh paling mudah yang terjadi secara nyata dan konkret di kehidupan masyarakat saat ini adalah penggunaan telepon genggam atau handphone (HP). Pada 20 tahun yang lalu, HP masih sangat minim dalam penggunaannya; cenderung sangat jarang digunakan oleh masyarakat awam. Namun pada masa ini, HP merupakan barang terpenting dalam kehidupan manusia kebanyakkan. Fungsi HP yang sudah tidak hanya untuk mendengar dan berbicara antar 2 pihak, melainkan merambat ke seluruh aspek kehidupan manusia, menandakan seberapa besar perkembangan teknologi belakangan ini. Tidak hanya berhenti disitu saja, diprediksi beberapa tahun ke depan teknologi telepon genggam akan lebih canggih lagi; akan muncul inovasi-inovasi baru seperti seperti smartphone hologram, smartphone layar fleksibel, “nothing” phone, dan lain sebagainya.
Keberadaan perkembangan teknologi ini bagaikan pedang bermata dua bagi kehidupan manusia. Teknologi yang canggih sangat membantu kehidupan manusia, tetapi di sisi lain perkembangan teknologi yang sangat pesat membentuk celah besar terhadap kriminalitas , khususnya dalam bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, diperlukan sikap dan perilaku preventif dalam hal menangkal dampak negatif teknologi dan diatas semua itu, hal yang paling penting adalah mengembangkan pendidikan mengenai teknologi.
Langkah Preventif Dalam Menghadapi Dampak Negatif Teknologi:
a. Berhati-hati Dalam Penggunaan Teknologi
Berhati-hati dalam memanfaatkan berbagai macam teknologi yang sudah ada saat ini. Hampir semua teknologi yang ada di dunia ini memiliki peluang yang besar untuk disalahgunakan. Oleh karena itu, diperlukan sikap dan perilaku yang berhati-hati atas penggunaan teknologi.
b. Waspada Atas Adanya Teknologi yang Baru
Berwaspada atas arus perkembangan teknologi yang baru. Memastikan bahwa teknologi baru tersebut membawa dampak yang benar-benar konkret dan solutif bagi kehidupan manusia, bukan teknologi yang justru meningkatkan potensi kriminalitas.
c. Meningkatkan Kebiasaan Recheck
Bidang teknologi yang sangat pesat pada zaman ini adalah teknologi informasi. Selama bertahun-tahun, teknologi dalam bidang informasi terus diperbaharui dan semakin bermanfaat bagi kehidupan manusia. Awalnya informasi disebar hanya dari mulut ke mulut, lalu menggunakan selebaran kertas, hingga sekarang manusia dari belahan dunia lain bisa menyebarluaskan informasi ke belahan dunia lainnya hanya dengan alat yang dapat digenggam di tangan. Hal ini juga berdampak pada semakin mudahnya penyebaran informasi palsu yang justru merugikan manusia dan sangat sulit untuk menangkal hal ini karena informasi-informasi tersebut akan terus menerus mengakar dan berantai di lini media sosial. Oleh karena itu diperlukan kebiasaan yang baik dalam memastikan kembali kebenaran suatu informasi, sebelum mempercayai informasi tersebut dan/atau disebarkan ke orang lain.
Di atas semua hal tersebut, hal yang paling penting adalah pendidikan teknologi. Pendidikan tentang pemahaman teknologi dari sejak dini dirasa sudah sangat diperlukan pada zaman ini. Dengan memahami teknologi, kita akan mengerti mengambil langkah yang tepat dalam penggunaan teknologi dan mencari solusi atas penyalahgunaan teknologi. Selain itu, pendidikan teknologi yang bersifat lanjut juga membawa dampak yang baik dalam perkembangan teknologi dan membantu kita untuk menjadi pengguna/pengatur teknologi bukan kita yang diatur oleh teknologi.

Salah satu pendidikan teknologi yang akan sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi di masa depan nanti dan cocok untuk pendidikan tingkat lanjut setelah Sekolah Menengah Atas/SMA adalah ilmu komputer (computer science). Menurut Peter Denning – seorang ilmuan dan penulis pada bidang komputer – ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi: baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Oleh karena itu, computer science dapat didefinisikan sebagai suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang data dan komputer untuk mendesain dan mengimplementasikan sistem software dan hardware yang terintegrasi. Melihat perkembangan dunia saat ini yaitu modernisasi dalam bentuk teknologi, ilmu komputer/computer science adalah jurusan yang paling tepat untuk para pelajar pada zaman ini. Pada program studi ini, akan dipelajari banyak hal terkait perangkat lunak, seperti rekayasa perangkat lunak, pemrograman sistem, sistem digital, sistem cerdas, jaringan komputer, data sains dan analisis, analisis numerik, desain dan analisis algoritma, dan sebagainya.

Anggapan masyarakat luas saat ini adalah bahwa lulusan computer science akan bekerja dalam bidang pembuatan komputer, robot atau gadget-gadget lainnya. Namun nyatanya, lulusan program studi ini bisa menjadi software engineer/developer yang bertugas dalam merancang, memodifikasi, menganalisis, mengembangkan, dan mengawasi perangkat lunak; serta system analyst/developer yaitu profesi dalam hal penelitian, pengoordinasian, perencanaan, dan pemilihan sistem dan/atau perangkat lunak untuk dimanfaatkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dimana perkembangan pesat dunia memerlukan perkembangan teknologi yang memadai, lulusan computer science memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan karena dicari banyak perusahaan yang memerlukan modernisasi teknologi. Tidak hanya oleh perusahaan swasta tetapi juga oleh instansi-instansi pemerintah dan badan usaha milik negara (BUMN). Oleh karena hal tersebut, dari sisi ekonomi, lulusan computer science akan memiliki gaji yang cukup tinggi. Sebagai contoh, penghasilan seorang software engineer/developer bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta; dan penghasilan system analyst/developer rata-rata berada di angka 5-15 juta rupiah.
Untuk lebih mudah dipahami, lulusan computer science dianalogikan seperti seekor singa. Di dalam hutan, singa termasuk ke dalam golongan hewan yang jarang menampakkan diri kecuali terdapat ancaman besar yang mengganggu hutan. Di sisi lain, singa memiliki peran sangat penting sebagai raja hutan dalam keseimbangan ekosistem hutan. Hal ini sangat mencerminkan seorang programmer yang seringkali tidak menampakkan diri di atas permukaan pada karya yang ia hasilkan. Jarang kita mendengar nama-nama programmer yang terkenal disiarkan dan disebarkan di media informatika. Namun sebenarnya, programmer mengemban peran krusial dalam perkembangan teknologi di dunia, sehingga seluruh umat manusia dapat memanfaatkan teknologi secara efektif dan optimal. Jika terdapat suatu permasalahan pada suatu program teknologi, seorang programmer langsung mengambil peran besar untuk mengatasi dan mencari solusi atas permasalahan tersebut.
Melihat fakta diatas, bahwa teknologi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka akan muncul di pikiran kita bahwa di masa depan, dunia kita akan semakin dikuasai oleh teknologi. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat hal yang tidak dapat tergantikan oleh teknologi, yaitu hati manusia dalam memilah yang baik dan buruk. Teknologi memang terbukti dapat melakukan perintah manusia dengan sangat baik. Namun, ada kalanya bahwa perintah manusia tersebut tidak sepenuhnya baik untuk manusia yang lain; hal tersebut hanya bisa dirasakan dan disadari oleh manusia. Teknologi memang terbukti efektif dalam bekerja, tetapi teknologi tidak akan bisa mengembangkan teknologi itu sendiri. Sementara, dunia akan terus berkembang dan dibutuhkan adanya perkembangan teknologi yang sejalan; satu-satunya yang bisa membuat perkembangan atas teknologi adalah manusia. Seperti yang dikatakan oleh seorang penulis asal Amerika bernama Elbert Hubbard “One machine can do the work of fifty men, No machine can do the work of one extraordinary man.”

source