9 Februari 2023

Daftar Nama Alat-alat Komputer dan Fungsinya – TEKNO BANGET

Komputer bisa bekerja secara normal tentunya didukung dengan perangkat keras yang ada didalam maupun diluar dan itu ada banyak sekali, berikut ini adalah daftar nama alat alat komputer dan fungsinya yang dijelaskan secara lengkap berserta contoh gambar.
Seperti yang sudah dijelaskan pada Pengertian Komputer dan Fungsinya, perangkat komputer itu terdiri dari beberapa perangkat keras yang memiliki fungsi atau sifat berbeda-beda. Nah, untuk kalian yang sedang mempelajari ilmu tentang komputer, wajib mengetahui apa saja alat alat atau hardware yang terdapat pada sebuah komputer beserta fungsinya.
Hardware komputer itu bukan hanya yang didalam casing saja, ada juga alat-alat komputer yang posisinya berada diluar casing seperti Mouse, Keyboard, Printer, Speaker , Scanner dan webcam. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak penjelasan tentang apa saja alat-alat hardware yang ada di komputer beserta fungsi dan contoh gambarnya.
alat alat komputer dan fungsinya
Oiya, sebelum membahas apa saja alat atau perangkat keras yang ada pada komputer dan fungsinya, kamu harus mengetahui dulu bahwa alat atau hardware komputer itu terbagi menjadi 2 tipe yaitu input dan output. Cek juga apa saja daftar alat input dan output pada komputer beserta fungsinya
Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit dan sebagai perangkat keras terpenting dalam sebuah komputer, karena papan sirkuit utama ini fungsinya adalah sebagai HUB atau penghubung hardware komputer lainnya seperti Processor, VGA, RAM, Harddrisk.
Di papan sirkuit Motherboard ini terdapat berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard dan fungsi disetiap bagiannya menjelaskan secara detail apa saja fungsinya dan bagaimana cara kerja disetiap komponennya.
Komputer harus memiliki sistem pengontrol dan juga yang bisa menjalankan instruksi, nah itu ada pada perangkat keras Processor. Jadi Processor ini merupakan otak komputer dan sering juga disingkat sebagai CPU (Central Processing Unit).
Bentuknya seperti IC besar dan memiliki banyak kaki. Letaknya berada di Motherboard yang dipasang dengan socket khusus agar bisa dilepas/pasang dengan mudah ketika ingin diganti atau dibersihkan.
Komputer membutuhkan tempat penyimpanan sistem operasi dan data atau disebut juga sebagai tempat penyimpanan sekunder. Nah, fungsi itu dikerjakan oleh perangkat keras Hard disk drive (HDD) ini. Detail fungsinya bisa dibaca pada artikel Pengertian Harddsik dan Fungsinya.
Ada 3 jenis harddisk yang banyak digunakan, yaitu :
IDE (Integrated Drive Electronics)
ATA (Advanced Technology Attachment)
SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing, mulai dari kecepatan hingga kapasitasnya. File dan data yang kamu kamu simpan seperti musik, video, dokumen, program, software dan lainnya tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. File-file tersebut akan hilang jika kamu hapus sendiri atau Hard disk di format.
RAM (Random Acces Memory) ini berfungsi sebagai menyimpan data dan instruksi yang dilakukan oleh processor.
Sistem penyimpanan pada RAM ini berbeda dengan Harddisk, karena sistem penyimpanannya hanyalah sementara dan kapasitasnya lebih kecil dibandingkan dengan HDD. Ketika komputer mati atau direstart, data dan instruksi yang tersimpan tadi akan hilang dan penyimpanannya otomatis dikosongkan
Kecuali kamu setting komputer dalam mode hibernate, data pekerjaan dan aplikasi yang kamu buka tidak akan hilang.
Fungsi dari Heatsink ini berupa lempengen pendingin yang dipasangi kipas dan fungsinya adalah membantu mengurangi panas pada Processor.
Pemasangannya juga sudah harus ditempelkan pada bagia atas processor dan sebelum dipasang, kalian wajib menambahkan pasta/gel dibagian atas processornya.
Video Graphic Adapter (VGA) adalah perangkat keras yang fungsinya untuk mengolah data grafik untuk diteruskan atau ditampilkan pada layar monitor. Pada perangkat keras VGA ini terdapat GPU (graphic proessing unit) yaitu processor yang bisa mengolah data grafik lebih bagus.
Ada beberapa jenis VGA card saat ini yang dibedakan dengan slot di Motherboard, yaitu :
Sound Card ini perangkat keras yang fungsinya sebagai pengola data audio yang terdapat input untuk merekam suara dan output untuk speaker.
Dari cara pemasangannya, ada 3 jenis sound card yang digunakan saat ini, yaitu :
LAN Card atau NIC (Network Interface Card) ini adalah perangkat keras yang fungsinya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan komputer yang ada disitu.
Ada 2 jenis NIC yang diketahui, yaitu :
NIC bersifat fisik seperti NIC Ethernet, Token Ring
NIC bersifat logis seperti Loopback Adapter dan Dial-up Adapter
Keyboard ini adalah salah satu perangkat keras yang kategorinya seabgai alat input komputer. Keyboard ini berupa deratan huruf dan angka yang fungsinya tentu untuk mengetik dokumen dan juga bisa digunakan untuk menjalankan perintah-perintah sistem lainnya.
Perlu diketahui juga bahwa keyboard ini ada banyak sekali jenisnya, yaitu keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.
Sama halnya dengan Keyboard, Mouse ini sebagai alat input pada komputer. Fungsinya adalah menggerakkan kursor dan mengarahkan ke program untuk dijalankan.
Orang yang pertama kali mengembangkan Mouse ini adalah Douglas Engelbard, yang mana pertama kali dibuat menggunakan kayu dengan satu tombol saja.
Ini adalah perangkat keras yang masuk kategori sebagai alat output pada komputer, karena fungsinya yang hanya menampilkan apa yang sedang dikerjakan dengan komputer tersebut.
Output yang dihasilkan dari VGA Card dan pada monitor akan ditampilkan berupa grafis/gambar. Monitor sendiri bisa kita bedakan dari resolusinya, Semakin bagus tingkat resolusinya, maka semakin bagus juga gambar yang dihasilkan.
Perangkat keras yang tidak boleh dilupakan, karena fungsinya sebagai penyuplai daya listrik kekomponen-komponen di Motherboard. Setiap komponen dan perangkat keras yang dihubungkan ke motherboard ini memiliki kabel daya listrik sendiri-sendiri
Jadi ketika kamu tidak memasangkannya, maka komputer tidak bisa hidup dengan normal.
Yang terahir adalah aksesoris atau perangkat keras pendukung yang jika tidak digunakan/dihubungkan juga tidak berpengaruh pada sistem kerja komputer.
Beberapa perangkat keras pendukung komputer ini adalah speaker, printer, webcam, scanner, microphone, joystick, card reader, Dvd Drive/Optical Drive.
Itulah 12 macam alat alat komputer dan fungsinya yang sudah dijelaskan secara detail. Ada juga perangkat aksesoris tambahan yang mungkin bisa digunakan sesuai kebutuhannya saja (tidak wajib dimiliki ketika kamu menggunakan komputer).

source