4 Februari 2023

Hardware: Pengertian, Fungsi, dan Jenis – detikcom

Mungkin detikers tidak asing dengan istilah hardware atau perangkat keras dalam bahasa Indonesia. Pada umumnya, penyebutan kata hardware merujuk pada perangkat elektronik seperti komputer dan laptop.
Seiring perkembangan zaman, kini hardware hadir dalam berbagai jenis dan fungsinya. Bahkan, ada sejumlah hardware yang dulu sangat berguna sekali fungsinya, namun karena perkembangan teknologi yang sangat pesat akhirnya sudah ditinggalkan karena hadir inovasi baru.
Lantas, apa sih pengertian hardware? Lalu apa saja jenis hardware pada komputer beserta fungsinya? Simak secara lengkap dalam artikel berikut ini yuk detikers.
Dijelaskan dalam buku Student Guide: Pengenalan Hardware oleh Wahana Komputer, hardware adalah perangkat komputer yang terdiri dari komponen elektronika dan mekanis, lalu kemudian dirakit membentuk modul-modul yang diberi nama sesuai dengan masing-masing fungsinya.
Berbeda dengan software yang merupakan perangkat lunak dan tidak bisa dilihat, hardware merupakan bagian komputer atau laptop yang bisa kamu lihat wujud fisiknya secara langsung.
Saat ini terdapat macam-macam komponen hardware pada komputer yang terdiri dari motherboard, processor (CPU), Random Access Memory (RAM), SSD (Solid State Drive), GPU, keyboard, monitor, dan mouse.
Hardware memiliki empat fungsi utama yakni untuk memberi output, menerima output, menyimpan informasi atau data, serta mengolah informasi atau data yang sudah disimpan. Biar nggak bingung, simak penjelasan secara lengkap di bawah ini:
Fungsi pertama dari hardware adalah menerima output. Dalam hal ini, hardware memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh pemilik komputer atau laptop. Dari sini, input yang sudah diterima akan ditransfer pada output di dalam komputer.
Fungsi selanjutnya dari hardware adalah mampu mengolah informasi atau data. Sejumlah hardware saat ini memiliki fungsi khusus untuk memproses input yang diterima oleh hardware menjadi sebuah informasi baru.
Selain itu, hardware juga berfungsi untuk memberikan output. Caranya, perangkat keras akan memberikan output kepada pengguna komputer atau laptop. Lalu, setiap output yang dilihat oleh pengguna akan ditampilkan lewat hardware tertentu.
Fungsi terakhir dari hardware adalah menyimpan data atau informasi. Setiap output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan di komputer seperti HDD dan SDD. Tak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga perangkat penyimpanan yang dipasang di luar seperti flash disk dan hard disk.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini hardware terbagi dalam beberapa jenis. Setiap jenis hardware ini memiliki fungsi yang berbeda-beda juga detikers.
Lantas, apa saja jenis hardware pada komputer saat ini? Simak penjelasannya di bawah ini beserta contohnya:
Hardware output adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer. Nantinya, data tersebut bisa dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung (connect) ke komputer.
Sebagai contoh, informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar atau tulisan di dalam komputer, bisa dikeluarkan dengan cara di print menggunakan mesin printer. Beberapa contoh hardware output lainnya yaitu monitor dan proyektor.
Hardware input adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer. Di sini, para pengguna bisa memasukkan file, gambar, video, hingga audio ke dalam komputer. Beberapa contoh hardware input yakni keyboard, mouse, microphone, scanner, dan webcam.
Hardware process adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Hardware process juga disebut sebagai “inti” dari komputer, sebab dapat memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer secara cepat.
Sejumlah contoh hardware process yaitu CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphic Adapter), RAM (Random Access Memory), dan Power Supply.
Perangkat penyimpanan atau storage device adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik itu di dalam perangkat komputer maupun di luar. Contoh storage device di dalam komputer yaitu HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). Lalu, untuk perangkat penyimpanan di luar komputer kamu bisa menggunakan hard disk eksternal dan flash disk.
Terakhir adalah perangkat tambahan yang berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna (user). Contoh perangkat tambahan (periferal) dalam komputer adalah modem, yang mana berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.
Nah, itu dia detikers penjelasan mengenai hardware beserta fungsi, jenis, dan sejumlah contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi detikers yang sedang mempelajari lebih dalam soal hardware, terutama untuk detikers yang masih bingung apa itu hardware dan sejumlah fungsinya.

source