9 Februari 2023

HP Bootloop Tiba-Tiba? Ini Solusi Mudah Memperbaikinya untuk … – Kilat.com


Seperti kebanyakan pengguna Android lainnya, mungkin Anda pernah menghadapi masalah HP bootloop dan bertanya-tanya apa sebenarnya bootloop yang terjadi pada Android itu. Nah, secara umum bootloop pada HP Android dan iPhone merupakan kesalahan yang membuat ponsel menyala sendiri setiap kali Anda mematikannya secara manual. HP bootloop adalah masalah yang sangat umum dan menjadi pertanda awal perangkat lunak mengalami masalah.

Saat HP Anda mengalami bootloop, tampilan layar yang dimulai tidak menampilkan Home atau Lockscreen dan tetap membeku di logo perangkat (Device’s Logo), Recovery Mode, atau layar menyala. Situasi ini cukup membingungkan dan membuat siapapun tak kehilangan data dan file penting di dalam HP. Namun tetap tenang, ada beberapa solusi jitu mengatasi bootloop pada perangkat Android tanpa menghilangkan data apapun. Sebelum melanjutkan, yuk pahami apa saja penyebab kesalahan bootloop pada Android dan iPhone.

Sumber: Freepik
Dalam deskripsi paling simpel, bootloop adalah kondisi ketika smartphone atau komputer Anda terjebak dalam reboot cycle. “Bootloop” bisa dikatakan sebagai cara mudah menyebutkan “reboot loop”. Gambarannya, saat Anda me-restart smartphone Anda, perangkat ini memiliki serangkaian tugas yang harus diselesaikan untuk menghidupkan dan perangkat berfungsi sepenuhnya. Nah, terkadang terjadi kesalahan kritis dalam proses pengaktifan yang membuat handphone mengalami crash. Tentu saat HP bootloop, perangkat mencoba “mematikan dan menghidupkan lagi” untuk memperbaiki masalah. Namun, tentu saja, karena terdapat masalah dalam proses boot, HP restart sendiri berulang kali. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan HP Anda bootloop?

Sumber: Freepik
Bootloop terjadi saat ada kesalahan komunikasi dalam Android Operation System, yang mencegah Android Anda merampungkan urutan boot, sehingga terjebak dalam boot loop yang menyebabkan HP restart sendiri berulang kali. Bahkan pada beberapa perangkat dengan bootloop parah, HP hanya bergetar saat coba dihidupkan dan layar tidak menunjukkan apa-apa.
Sebagian besar masalah ini terkait dengan perangkat lunak, mulai dari system update yang salah, driver atau program baru yang tidak terhubung, atau malware yang masuk ke perangkat Anda. Android bootloop issue mungkin nampak sulit dijelaskan tentang apa saja yang mungkin menyebabkan masalah ini. Kesalahan bootloop HP ini selalu disebabkan oleh beberapa hal berikut:
Editor: Yulia Kartika
PT Kilat Republik Indonesia
Menara Kuningan, Lt 29 Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 5,
Karet Kuningan, Jakarta Selatan, 12940, Indonesia.

+62 812-1119-5599
info@kilat.com
©2023 ProMedia Teknologi

source