4 Februari 2023

Ini 10 Prospek Kerja Bagi Lulusan Teknik Informatika – MSN

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Peminat jurusan teknik informatika selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan kabarnya tingkat persaingan di jurusan kedokteran pun terkalahkan oleh jurusan satu ini, dari segi jumlah pendaftar. Memangnya secerah apa sih prospek kerja lulusan teknik informatika?
Untuk menjawab rasa penasaran kamu, lebih baik simak penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini. Siapa tahu jadi lebih tertarik untuk masuk jurusan teknik informatika.
Mengenal jurusan Teknik Informatika
Informatika merupakan salah satu bidang keilmuan mengenai teknologi serta pengolahan informasi.
Keilmuan ini membahas tentang pengolahan data menggunakan teknologi komputer, memakai prinsip serta proses yang logis.
Sementara teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang fokus mempelajari tentang penerapan prinsip ilmu komputer dan analisis matematis.
Khususnya untuk perancangan, pengujian, pengembangan, serta evaluasi pada perangkat lunak atau software.
Kamu akan mempelajari juga soal website, pemrograman, serta pemanfaatan infrastruktur dan layanan seperti Hosting murah DomaiNesia untuk membangun aplikasi atau situs web.
Teknik informatika berbeda dengan jurusan lain seperti teknik komputer maupun sistem informasi. Lebih detail mengenai perbedaan tersebut bisa kamu simak di bawah ini.
Prospek kerja lulusan Teknik Informatika
Salah satu alasan teknik informatika menjadi jurusan favorit mahasiswa baru adalah prospek kerjanya. Berikut ini adalah prospek kerja lulusan teknik informatika.
1. Web developer
Web developer atau pengembang web adalah profesi yang memiliki tugas untuk membuat desain, melakukan perancangan, mengembangkan, serta memodifikasi situs web. Web developer dibagi menjadi tiga jenis, yaitu fullstack, front end, dan back end developer.
Front end bertugas merancang tampilan web untuk sisi pengguna. Back end lebih fokus pada perancangan database dan arsitektur website. Sedangkan fullstack merangkap tugas keduanya.
2. Mobile app developer
Mobile app developer sedang banyak dibutuhkan belakangan ini. Pasalnya, pengguna smartphone terus meningkat.
Tugas dari mobile app developer adalah mengembangkan aplikasi berbasis mobile. Misalnya merancang aplikasi Android atau iOS.
Selain itu, mobile app developer juga bertugas untuk memaksimalkan efisiensi dalam pengembangan aplikasi sampai memastikan bahwa aplikasi bisa berjalan dengan baik.
3. Game developer
Profesi yang satu ini sebenarnya mirip dengan developer lain, yaitu mengembangkan aplikasi. Bedanya, game developer lebih fokus pada pengembangan game atau permainan.
Pekerjaan ini bisa dibilang lebih rumit dibandingkan yang lain. Tidak heran kalau gaji game developer juga fantastis.
4. Data scientist
Belakangan ini, data menjadi salah satu harta yang paling berharga. Semakin majunya teknologi informasi, data bisa didapatkan dengan mudah.
Oleh karena itu, banyak perusahaan mencari data scientist untuk mengolah dan memanfaatkan data dengan sebaik-baiknya.
Tugas dari seorang data scientist antara lain mengumpulkan, mengolah, dan membersihkan data sampai siap pakai. Gaji data scientist di Indonesia bisa mencapai 2 digit.
5. System analyst/integrator
Kalau tidak ingin bekerja yang berhubungan dengan coding atau programming, system analyst bisa menjadi opsi yang tepat.
Tugasnya antara lain melakukan investigasi dan analisis terhadap perancangan sebuah sistem.
6. IT consultant
Prospek kerja lulusan teknik informatika yang terakhir adalah menjadi IT consultant. Profesi ini memiliki tugas untuk mengaplikasikan strategi IT dalam proses perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi di sebuah perusahaan.
IT consultant bisa bekerja untuk beberapa perusahaan sekaligus. Jadi, penghasilan yang didapatkan juga lebih besar.
7. Cyber Security Analyst
Perkembangan teknologi informasi juga diiringi dengan ancaman kejahatan di dalamnya. Oleh karena itu, software wajib dilindungi dengan sistem keamanan yang mumpuni.
Tujuannya adalah meminimalisir pembobolan maupun pencurian data yang merugikan pengguna.
Untuk menangani keamanan sistem, dibutuhkan cyber security analyst. Tugasnya adalah mengidentifikasi dan mengatasi masalah keamanan berupa bug atau data branch.
8. Cloud Architect
Tren komputasi awan atau cloud computing membuat profesi cloud architect berkembang pesat.
Cloud architect sendiri bertugas untuk mendesain, merancang, mengatur, serta melakukan pengawasan data yang tersimpan di cloud tersebut.
Untuk menjadi seorang cloud architect, diperlukan pengetahuan yang mendalam mengenai sistem operasi (Linux dan Windows). Selain itu, kamu juga harus menguasai jaringan seperti TCP/IP, DNS, dan HTTP dan VPS.
9. Network Engineer
Network engineer selalu dibutuhkan setiap saat karena dasar dari internet adalah jaringan itu sendiri.
Setiap perusahaan pasti membutuhkan infrastruktur jaringan untuk melakukan komunikasi dengan para penggunanya.
Seorang network engineer memiliki tugas untuk membuat perencanaan, melakukan perancangan, pengelolaan, dan menyelesaikan semua masalah yang berkaitan dengan jaringan.
10. Software tester
Seorang lulusan teknik informatika juga bisa menjadi software tester. Seperti namanya, tugas dari profesi ini adalah melakukan pengetesan terhadap software. Ini biasanya dilakukan sebelum aplikasi diluncurkan ke publik.
Bisa disimpulkan bahwa prospek kerja lulusan teknik informatika sangat menjanjikan. Tapi kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Pasalnya, persaingan masuk jurusan ini sangat ketat akibat tingginya peminat.

source