8 Februari 2023

Ini Dia 5 Virus Komputer Pertama di Dunia dan Penciptanya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Ini Dia 5 Virus Komputer Pertama di Dunia dan Penciptanya
KOMPAS.com – Virus komputer adalah program perangkat lunak atau software yang mampu menyusup ke program lain di sebuah komputer dengan tujuan untuk mencuri data, mengambil alih kendali komputer, dan merusak sistem.
Sebagai sebuah program, istilah lain dari virus komputer juga biasa disebut dengan Malware (Malicious software) atau perangkat lunak jahat/berbahaya. Adapun tipe dari virus komputer yang paling umum adalah Worm dan Trojan.
Baca juga: Hati-hati, Hacker Bisa Ambil Alih Komputer Lewat File Microsoft Word
Dari istilah Worm dan Trojan, mungkin beberapa dari Anda sudah tak asing lagi dengan apa itu virus komputer. Worm adalah tipe virus yang menyebar dengan cara menggandakan diri secara otomatis.
Sementara itu, Trojan adalah virus yang menyebar bila program telah diaktivasi pengguna. Worm dan Trojan bisa dikatakan cukup terkenal, mereka memiliki beberapa turunan dengan dampak yang beragam, misalnya seperti Adware, Spyware, dan Ransomware.
Adware sendiri merupakan virus yang dapat membanjiri layar komputer pengguna dengan iklan produk tertentu. Kemudian untuk Spyware, virus ini dapat mengintai komputer pengguna secara diam-diam.
Untuk Ransoware, salah satu nama Malware yang cukup terkenal adalah WannaCry. Malware tersebut bisa mengambil alih komputer pengguna dengan mengenkripsi atau mengunci data yang ada didalamnya.
Penyebaran virus-virus tersebut dapat melalui berbagai cara seperti iklan di internet, flashdisk, aplikasi, dan e-mail. Awal mula pembuatan virus komputer sebenarnya tidak ditujukan untuk merugikan pihak lain.
Dikutip dari laman resmi platform anti-virus Kaspersky, virus komputer pertama kali dikembangkan untuk mempelajari apakah sebuah program bisa menggandakan diri secara otomatis, tanpa diaktivasi pengguna.
Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan daftar virus komputer pertama di dunia beserta penciptanya.
Virus komputer pertama kali muncul bernama Creeper. Creeper merupakan program yang dibuat oleh ilmuwan bernama Bob Thomas dari perusahaan riset dan pengembangan (R&D) bernama Raytheon BBN Technologies pada tahun 1971.
Perusahaan saat itu sedang melakukan uji coba jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yang merupakan cikal bakal internet. Creeper sendiri diciptakan dengan tujuan menguji keamanan jaringan ARPANET.
Creeper juga didesain oleh Thomas sebagai alat tes untuk membuktikan apakah mungkin untuk sebuah program komputer menggandakan dirinya sendiri. Hal itu rupanya terbukti. Creeper berhasil menginfeksi hard drive komputer lainnya di dalam jaringan.
Baca juga: Apa itu iMac, Salah Satu Produk Komputer Buatan Apple?
Creeper dapat dikategorikan sebagai Worm dan merupakan yang spesies yang pertama. Namun, tidak ada hal berbahaya yang dilakukan oleh Creeper. Yang Creeper lakukan hanyalah menampilkan pesan di layar bertuliskan “Aku Creeper, tangkap aku kalau bisa!”.
Creeper tidak melumpuhkan sistem keamanan, tidak mengunci file yang ada di komputer, mencuri data, melenyapkan data, atau meminta tebusan.
Creeper hanya menginfeksi jaringan ARPANET, dan tidak menginfeksi jaringan di luar itu. Setelah uji coba dilaksanakan, Creeper kemudian dieksekusi mati menggunakan program yang bernama Reaper.
Berselang tiga tahun setelah Creeper muncul, pada 1974 terdapat virus komputer dengan nama Wabbit Virus yang tidak diketahui siapa penciptanya. Wabbit Virus merupakan program yang akan terus menggandakan dirinya tanpa henti.
Wabbit akan menggandakan dirinya hingga memenuhi memori komputer. Saat memori penuh akibat Wabbit, sistem komputer menjadi terganggu dan bahkan bisa membuat kinerja hardware terhenti.
Program bernama ANIMAL adalah virus komputer pertama dari tipe Trojan. Virus ANIMAL menyamar jadi sebuah program dan bakal beroperasi saat ia diaktifkan oleh pengguna. Pencipta virus komputer ini adalah seorang programer bernama John Walker.
Dibuat pada 1975, ANIMAL merupakan program game komputer tebak-tebakan. Game ini berisi 20 pertanyaan yang harus dijawab pengguna. Setelah itu, game bakal menebak hewan yang tengah dipikirkan pengguna berdasar jawaban atas pertanyaan itu.
Namun di belakang game tersebut, tersembunyi sebuah program bernama PREVADE. Tugas PREVADE adalah mengecek lokasi penyimpanan komputer, lalu membuat salinan program ANIMAL di sana.
Elk Cloner dibuat oleh remaja berusia 15 tahun bernama Richard Skrenta di tahun 1982. Virus ini menyasar komputer model Apple II pada waktu itu melalui disket. Saat komputer telah terinfeksi virus ini, bakal muncul pesan berupa puisi di layar.
Terakhir, terdapat virus komputer bernama Brain yang dibuat pada 1986 oleh dua bersaudara pengelola toko komputer di Pakistan Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq Alvi.
Mereka menanamkan Brain di dalam sistem untuk memuat penyimpanan disket, lantaran kesal dengan para pelanggan yang telah menyalin software mereka secara ilegal. Saat virus telah masuk ke disket dan dibuka pelanggan mereka, bakal muncul pesan soal hak cipta.
Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya
Virus Brain sendiri dikatakan tidak sampai merusak data apapun yang tersimpan pada disket tersebut. Itulah informasi seputar lima virus komputer pertama di dunia dan penciptanya, semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source