9 Februari 2023

Intel Bikin Unison, Aplikasi Penghubung Android dan iPhone ke PC Windows – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Intel Bikin Unison, Aplikasi Penghubung Android dan iPhone ke PC Windows
KOMPAS.comIntel memperkenalkan aplikasi baru bernama Unison. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbasis PC/komputer yang menggunakan prosesor Intel, untuk mempermudah pengguna Android atau iOS menyinkronisasi data ponsel ke komputer.
Berdasarkan pengumuman perusahaan, aplikasi Unison memiliki empat fitur utama. Fitur tersebut terdiri dari kemampuan melakukan panggilan, berbagi foto atau file lain, mengirim dan menerima teks, hingga menerima notifikasi yang diterima ponsel.
Meskipun aplikasi Unison nantinya disetop, perusahaan mengklaim bahwa sistem akan tetap menyinkronisasi notifikasi, panggilan, atau pemberitahuan lainnya yang diterima ponsel ke pusat notifikasi Windows.
Baca juga: Intel Setop Pakai Nama Pentium dan Celeron mulai 2023
“Pengguna PC Windows tidak harus memilih ponsel berdasarkan PC yang mereka miliki. Pemilik iPhone, pemilik Android, (atau) perangkat apa pun yang ingin digunakan dapat terhubung dengan aplikasi ini,” jelas Vice President of Movile Innovation Intell, Josh Newman, kepada The Verge, Selasa (27/9/2022).
Newman juga menambahkan bahwa Unison bakal menawarkan pengiriman data/file yang lebih cepat dari ponsel ke komputer dan sebaliknya. Namun, rincian koneksi kecepatan yang dimaksud tidak diungkap.
Selain itu, pengguna Android/iOS yang menggunakan Unison dapat mengatur notifikasi pemberitahuan dari aplikasi pihak ketiga, guna untuk menyesuaikan kebiasaan pengguna Android dan iOS mengakses aplikasi tersebut.
Kehadiran dari aplikasi ini mungkin menjadi hal yang baru untuk pengguna iPhone. Sebab, selama ini kemampuan untuk mentransfer data dari iPhone ke Macbook (atau sebaliknya) hanya dimiliki oleh ekosistem Apple.
Oleh karena itu, peluncuran aplikasi Unison bisa menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna PC/komputer, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engadget, Rabu (28/9/2022).
Aplikasi baru milik Intel saat ini akan dirilis secara terbatas ke beberapa produk PC saja. Misalnya, laptop yang mengandalkan prosesor Intel Evo generasi ke-12 di Acer, HP, atau Lenovo.
Baca juga: Cara Menghubungkan HP Oppo dengan Laptop dan Menampilkan Layarnya di Windows
Di tahun depan, kemungkinan 2023 nanti, Newman menegaskan bahwa pihaknya bakal memperluas fitur tersebut ke PC lain dari prosesor Intel generasi ke-13.
Aplikasi Unison yang diluncurkan Intel ternyata juga cukup serupa dengan aplikasi Microsoft yang dirilis pada 2015 silam, yaitu Phone Companion di Windows 10.
Aplikasi tersebut ditujukan untuk mempermudah pengguna menyinkronkan data dari ponsel ke PC. Namun, perbedaannya terletak pada Phone Companion meminta pengguna memasang sejumlah aplikasi di perangkat agar proses sinkronisasi dapat berjalan.
Sedangkan, Intel hanya menawarkan satu aplikasi saja dan pengguna Android atau iOS dapat langsung menghubungkan data mereka ke PC/komputer.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source