9 Februari 2023

Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Ukuran dan Fungsinya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Ukuran dan Fungsinya
 

KOMPAS.com – Peralatan teknologi komputer terus berkembang pesat. Para ahli pun terus berinovasi untuk menciptakan sistem komputer yang dapat bermanfaat untuk menunjang kebutuhan pekerjaan.
Berdasarkan ukurannya komputer dapat dibagi menjadi enam jenis. Diantaranya yaitu super komputer, komputer mainframe, komputer mini, komputer mikro, komputer workstation, dan komputer server.
Lantas apa definisi jenis-jenis komputer tersebut dan kegunaannya? Berikut KompasTekno telah merangkum lebih lanjut terkait jenis-jenis komputer dan fungsinya dalam berbagai bidang.
Baca juga: Sejarah dan Pengertian Elemen Komputer Arsitektur Von Neumann

Komputer superComputer Notes Komputer super

Salah satu jenis komputer adalah super komputer yang mempunyai kapasitas pemrosesan versi terbaru terutama dalam kecepatan perhitungan.
Super komputer biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas perhitungan numerik yang tinggi. Seperti ramalan cuaca, dinamika fluida, simulasi nuklir, astrofisika teoritis, dan perhitungan ilmiah yang rumit.

Komputer MainframeIBM Komputer Mainframe
Komputer MainframeIBM Komputer Mainframe

Jenis kedua adalah komputer mainframe. Jenis ini mampu menangani dan memproses data dalam jumlah yang sangat besar dan cepat. Kecepatan kalkulasi yang dimiliki oleh komputer mainframe dapat mencapai jutaan hingga puluhan juta instruksi per detik.
Selain itu, komputer ini juga dapat merespon ratusan juta pengguna sekaligus. Oleh karena itu jenis komputer mainframe banyak digunakan di institusi besar seperti pemerintah, bank, dan perusahaan besar.

mini computer wikipedia mini computer

Komputer mini adalah jenis komputer yang banyak dimiliki secara pribadi. Jenis komputer ini memiliki struktur yang sederhana, mudah dirawat dan berbiaya rendah. Oleh karena itu, komputer mini banyak digunakan di universitas, Lembaga penelitian ilmiah, dan bidang kontrol industri.
Baca juga: Pengertian dan Fungsi Perangkat Periferal Komputer

Ilustrasi laptopArtiom Vallat Ilustrasi laptop

Komputer pribadi adalah jenis komputer yang paling umum. Jenis ini diperkenalkan ketika munculnya sistem yang didasarkan pada mikroprosesor chip tunggal. Seiring berjalannya waktu, komputer pribadi berkembang pesat.
Bahkan banyak orang memiliki jenis komputer ini, karena ukurannya yang kecil, membuat nyaman dalam penggunaannya, biaya produksi yang rendah, dan harganya yang murah.
Kecepatan komputasi komputer ini dapat mencapai ratusan hingga jutaan ribu instruksi per detik.
Hal ini sudah dapat memenuhi persyaratan pemrosesan data dan komputasi ilmiah dalam produksi, penelitian ilmiah, dan kehidupan.
Berdasarkan jenisnya terdapat delapan macam komputer pribadi. Diantaranya yaitu komputer desktop, komputer rackmount, komputer dalam mobil, laptop dan notebook, tablet, smartphone, kalkulator yang dapat diprogram, konsol permainan video, dan konsol game genggam.
Baca juga: Pengertian dan Fungsi Task Manager dalam Komputer

komputer workstationMicrosoft komputer workstation

Jenis komputer workstation adalah jenis komputer pribadi kelas atas. Kualitasnya berada di antara komputer mikro dan komputer mini. Komputer workstation memiliki memori dengan kapasitas besar, penyimpanan eksternal, dan tampilan layar yang besar.
Selain itu jenis komputer ini juga memiliki kemampuan pemrosesan data dan kemampuan pemrosesan grafik yang kuat. Komputer ini dirancang dan dikembangkan untuk bidang aplikasi professional.
Oleh karena itu banyak digunakan dalam bidang teknik, produksi animasi, penelitian ilmiah, pengembangan perangkat lunak, manajemen keuangan, layanan informasi, simulasi analog, dan berbagai bidang yang membutuhkan fitur program berat.
Baca juga: Asus VivoBook 14X Punya Kipas Pendingin Ala Laptop Gaming ROG

Ilustrasi perangkat keras komputer Server.pixabay.com Ilustrasi perangkat keras komputer Server.

Jenis komputer yang satu ini mengacu pada komputer dengan kinerja tinggi. Komputer server menyediakan sumber informasi dan berbagai layanan untuk banyak pengguna pada suatu jaringan.
Komputer server ini memiliki struktur mirip dengan komputer biasa. Akan tetapi, berbeda dalam hal kekuatan pemrosesan, stabilitas, keandalan, keamanan, skalabilitas, dan pengelolaan.
Oleh karena itu, jenis komputer ini mampu melakukan komputasi berkecepatan tinggi operasi andal jangka panjang, dan throughput data eksternal yang kuat. Berdasarkan layanannya, komputer server terdiri dari beberapa macam, beberapa diantaranya adalah server database, server file, server web, dan server FTP.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source