8 Februari 2023

Jenis-jenis Perangkat Masukan Data di Komputer – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Jenis-jenis Perangkat Masukan Data di Komputer

KOMPAS.comPerangkat keras komputer (hardware) merupakan semua bagian fisik yang terdapat dalam suatu komputer. Adapun perangkat hardware sendiri terbagi menjadi empat jenis.
Perangkat  tersebut antara lain perangkat masukan data (input device), perangkat pemrosesan data (processing device), perangkat penyimpanan data (storage device) dan perangkat keluaran data (output device).
Salah satu yang utama tentu saja bagian perangkat masukan (input device). Perangkat masukan ini memiliki beragam macam yang berfungsi untuk menerima input berupa data atau perintah yang akan diolah di dalam komputer.
Agar lebih jelasnya selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum jenis-jenis perangkat masukan data yang ada di komputer.
Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware
Perangkat input dibedakan menjadi dua jenis yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung.
Input yang dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses (CPU) tanpa disimpan
oleh penyimpanan media luar. Contoh perangkat input langsung antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader, MICR (magnetic ink character recognition) dan touch screen.
Input yang dimasukkan akan dilewatkan terlebih dahulu pada suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Biasanya input tersebut disimpan pada media simpanan luar (external memory) seperti magnetic disk (hard disk dan disket) dan optical disk (CD, DVD, dan VCD).

Berikut macam – macam perangkat masukan (input device) yang biasa digunakan pengguna.
Keyboard merupakan papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kata, simbol, dan lainnya ke dalam komputer. Keyboard memiliki beberapa jenis tombol antara lain:
Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya

Mouse Mekanik gearvita.com Mouse Mekanik

Mouse atau tetiku merupakan perangkat masukan yang digunakan untuk mengarahkan atau “menunjuk” beragam elemen visual, seperti dokumen menu, dan lainnya yang tampil di komputer lewat bantuan kursor. Mouse juga memiliki tiga tipe dasar yaitu mekanis, opto mekanis, dan optik.

Ilustrasi scanner.anyaberkut/Getty Images Ilustrasi scanner.

Alat ini berguna untuk memindai (scanning) gambar, tulisan, atau obyek benda ke dalam format elektronik (digital)sehingga dapat diproses oleh komputer.

Mouse trackballdepositphotos.com Mouse trackball

Merupakan alat yang mirip seperti mouse dibalik, di mana bola diletakkan pada bagian atas trackball sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard komputer notebook.
Baca juga: Kenapa Kursor Mouse Miring Bukan Tegak Lurus?

JoystickEngineer Garage Joystick

Joystick digunakan untuk keperluan game selama bertahun- tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak di antara tombol keyboard.

Tampang keyboard full-size dan touchpad Xiaomi RedmiBook 15.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampang keyboard full-size dan touchpad Xiaomi RedmiBook 15.

Perangkat ini merupakan pad kecil yang terdapat pada laptop. Memiliki fungsi mirip mouse sebagai alat untuk mengarahkan atau menujuk beragam elemen visual.

kamera digitalUSA Today kamera digital

Kamera digital mampu merekam gambar diam atau bergerak menjadi bit-bit data ke dalam file komputer. Gambar digital itu mampu diolah ke dalam program- program komputer dan juga bisa juga dicetak berapa kalipun tanpa menghilangkan kualitas gambarnya.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source