9 Februari 2023

Jurusan di Bidang IT Tak Hanya Teknologi Informasi, Yuk Kenali Perbedaannya – detikcom

Bidang teknologi dan informasi sedang naik daun di berbagai belahan dunia. Hal ini karena setiap aktivitas manusia membutuhkan bantuan teknologi. Lulusan dalam bidang teknologi informasi akan sangat beruntung dengan situasi yang ada, karena lapangan kerja tersedia secara luas.
Untuk memenuhi tuntutan industri dan keilmuan, universitas mengeluarkan jurusan-jurusan yang mempelajari bidang informasi teknologi secara khusus.
Jurusan-jurusan ini antara lain adalah Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi. Meski terdengar mirip, keempat jurusan ini memiliki fokus yang berbeda. Apa perbedaannya?
Jurusan sistem informasi menjelaskan bagaimana penerapan teknologi informasi dalam suatu sistem organisasi. Hal ini membuat kurikulum dalam jurusan sistem informasi menekankan keseimbangan antara kemampuan manajemen dan bisnis serta rekayasa informasi dan teknologi informasi.
Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk merancang program pengembangan sistem informasi dalam skala besar. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari komponen-komponen dari sistem Informasi. Mulai dari sistem operasi, jaringan komputer, basis data, maupun aplikasi.
Untuk mengasah pemahaman di bidang bisnis dan manajemen, mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep manajemen serta berbagai proses bisnis penunjang kegiatan organisasi.
Perguruan Tinggi dengan Prodi Sistem Informasi
Berbeda dengan jurusan sistem informasi, ilmu komputer hanya berfokus pada keilmuan dan kemampuan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.
Keilmuan yang dipelajari dalam jurusan ilmu komputer adalah matematika diskrit, pemrograman, struktur data dan algoritma, arsitektur komputer, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, serta sistem cerdas.
Perguruan Tinggi dengan Program studi Ilmu Komputer
Teknologi informasi merupakan jurusan yang berfokus pada bidang perencanaan teknologi, implementasi, pengembangan, manajemen atau dukungan terhadap sistem informasi yang berbasis komputer baik perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Teknologi informasi menggabungkan bidang ilmu komputer dan teknik informatika.
Lulusan teknologi informasi akan mengembangkan keilmuan yang sangat dibutuhkan sekarang ini, seperti Internet of Things (IoT), Cyber Security, Data Center Infrastructure, dan Smart City Technology. Jadi, jika kamu ingin membuat terobosan baru pada bidang informasi dan teknologi, jurusan teknologi informasi adalah pilihan yang tepat.
Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknologi Informasi
Dalam jurusan Teknik Informatika, mahasiswa akan mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan cara kerja komputer.
Kalau kamu ingin masuk ke jurusan teknik informatika, maka akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer.
Teknik Informatika bertugas menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dalam prosesnya, akan banyak membuat flowchart atau bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya.
Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Informatika
Jurusan-jurusan ini berada pada satu bidang yang sama yaitu informasi dan teknologi. Meski memiliki fokus yang berbeda, jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi memiliki misi yang sama yaitu mengembangkan bidang teknologi dan informasi. Kamu tertarik dengan jurusan apa, detikers?
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source