9 Februari 2023

Macam-Macam Aplikasi Perkantoran dan Fungsinya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Macam-Macam Aplikasi Perkantoran dan Fungsinya
 
KOMPAS.com – Aplikasi perkantoran merupakan sebuah perangkat lunak yang dikhususkan untuk pekerjaan kantor. Seperti pencatatan, perhitungan, presentasi, membuat laporan, dan lain sebagainya.
Dengan adanya perangkat lunak tersebut, berbagai pekerjaan kantor dapat terselesaikan dengan baik dan mudah. Bahkan seiring berjalannya waktu para pengembang juga terus berinovasi untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi perkantoran serta menambahkan berbagai fitur yang lebih mudah dan memperingan pekerjaan kantor.
Tidak hanya itu beberapa aplikasi perkantoran saat ini pun juga banyak digunakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran sekolah. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan murid-murid agar mampu beradaptasi dengan dunia kerja yang serba digital.
Berikut KompasTekno telah merangkum daftar aplikasi perkantoran beserta pengertian dan fungsinya.
Baca juga: 5 Aplikasi Pembuat CV dan Resume Gratis
Salah satu aplikasi Microsoft Office yang paling populer dan banyak digunakan adalah Microsoft Office Word. Aplikasi dapat digunakan baik di sistem operasi Windows maupun Mac.
Microsoft Office Word digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan pengetikan kata, dokumen, penulisan konten, surat resmi, dan lain sebagainya. File yang telah Anda tuliskan pada aplikasi ini, nantinya akan tersimpan dalam file dengan format .docx.
Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna menempelkan gambar, grafik, hingga video yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Untuk meringankan aktivitas perkantoran yang membutuhkan perhitungan dalam jumlah besar, Microsoft Office menyediakan Excel. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis spreadsheet yang bisa menampung data angka dalam jumlah yang besar.
Sama seperti aplikasi Microsoft Office Word, aplikasi ini juga bisa digunakan dalam OS Windows maupun Mac. Microsoft Office Excel berfungsi untuk menyimpan data dan membantu pengguna dalam menyiapkan saldo buku besar serta memelihara akun.
Baca juga: Sejarah Perkembangan Microsoft Excel
Jika aktivitas perkantoran Anda sering berkutat dengan presentasi dihadapan klien atau investor, maka aplikasi Microsoft office Power Point cocok untuk menunjang kebutuhan kantor Anda.
Dalam Microsoft Office Power Point, pengguna dapat mendesain slide yang kreatif dan menarik dengan menambahkan teks serta menambahkan grafik. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan elemen lainnya seperti gambar, grafik, hingga video.
Melalui fitur-fitur yang ada dalam Microsoft Office Power Point seperti efek, transisi, penghitung waktu, dan integrasi perangkat lunak, setiap slide dalam Power Point, dapat Anda buat dan desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
Aplikasi perkantoran lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menunjang aktivitas pekerjaan Anda adalah Microsoft Office Outlook.
Aplikasi ini layaknya buku catatan digital, berisi sejumlah fitur penting seperti pengelola informasi pribadi, kalender klien, buku alamat, email, kontak, catatan, jurnal, dan pengelola tugas.
Microsoft Office Outlook tidak hanya bisa berdiri sendiri, tapi juga bisa dihubungkan ke email serta kalender dan dibagikan ke banyak pengguna.
Apabila Anda adalah seseorang yang bekerja di bank, aplikasi ini mungkin salah satu aplikasi yang cocok untuk menunjang aktivitas kerja Anda. Dalam aplikasi ini pengguna dapat mengumpulkan sejumlah informasi pribadi klien seperti detail rekening bank dan transaksi keuangan.
Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam administrasi rumah sakit untuk menyimpan catatan informasi medis pasien. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk merencanakan sebuah acara.
Beberapa di antaranya adalah mencatat detail acara, informasi kecil mengenai acara, dan pertemuan-pertemuan yang akan dilakukan. Dalam aplikasi ini pengguna juga dapat berbagi catatan, gambar, dan tangkapan layar.
Baca juga: Microsoft Office Pensiun, Bagaimana Nasib Ms Word, Excel, dan PowerPoint?
Microsoft Office Acces merupakan aplikasi yang menyediakan sistem manajemen database yang bertindak sebagai penggabungan Microsoft Jet Database Engine dan Graphical user Interface (GUI) dan aplikasi pengembangan perangkat lunak.
Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan data atau file dari aplikasi lain. Fungsi dari aplikasi Microsoft Office Access adalah untuk membuat formulir, tabel, kueri, hingga laporan.
Itulah macam-macam aplikasi perkantoran yang termasuk dalam Microsoft Office untuk menunjang pekerjaan kantor Anda agar lebih mudah.
Aplikasi-aplikasi di atas dapat Anda coba dengan mengunduhnya secara gratis atau membeli dengan paket lengkap untuk versi resminya. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source