9 Februari 2023

Macam-macam Browser Internet untuk HP dan Komputer – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Macam-macam Browser Internet untuk HP dan Komputer

KOMPAS.comBrowser atau browser merupakan perangkat lunak ( software ) yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi informasi dan menampilkan laman di internet. Saat ini, ada macam-macam browser yang digunakan pengguna internet di seluruh dunia.
Beberapa browser yang populer digunakan pengguna seperti Chrome, Safari, Mozilla Firefox, hingga Opera.
Meskipun beberapa browser tersebut sering digunakan, ternyata terdapat berbagai macam browser lain yang juga sering dimanfaatkan untuk mengakses internet.
Apa sajakah itu? Berikut ini KompasTekno merangkum berbagai macam browser yang masih sering digunakan pengguna. 
Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer
Google Chrome merupakan browser internet yang dikembangkan oleh Google. Chrome dirilis pertama kali pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diadaptasi ke Android, iOS, Linux, dan macOS.
Saat ini Chrome menjadi browser web paling populer dengan pangsa global lebih dari 50 persen. Untuk mengunduh versi terbaru browser ini, Anda dapat mengunjungi laman berikut ini .
Microsoft Edge adalah web yang dikembangkan oleh Microsoft Peramban ini termasuk dalam sistem operasi Windows dan resmi dirilis pada 29 Juli 2015.
Microsoft Edge merupakan browser yang mengunggulkan Internet Explorer. Untuk mengakses Edge, pengguna dapat mengunduh tautan resmi Microsoft di sini .
Mozilla Firefox merupakan browser lintas platform web yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla. Firefox sendiri merilis versi pertama yaitu 1.0 pada 9 November 2004.
Baca juga: Cara Mengetahui Password Gmail via Browser Laptop
Saat pertama kali rilis, Firefox telah diunduh lebih dari lima juta unduhan dalam 12 hari pertama rilisnya hingga 24 November 2004. Firefox 1.0 saat itu merupakan browser yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Untuk mengaksesnya, pengguna dapat mengunduh peramban ini di laman resmi Mozilla pada tautan berikut ini .
Safari merupakan peramban ( browser yang ditujukan khusus untuk pengguna Mac OS. Browser buatan Apple ini resmi dirilis pada 7 Januari 2003. Namun, pada 11 Juni 2007, Safari memiliki versi pratayang untuk Windows.
Untuk mengaksesnya, pengguna dapat mengunduh browser Safari pada laman resmi Apple di sini.
Opera merupakan browser web yang juga sudah lama ada Rilis perdana pada 26 April 1995, Opera dikembangkan oleh perusahaan Opera Software sebuah perusahaan pengembang aplikasi asal Norwegia.
Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, dan Linux. dapat mengunduh Opera di situs resminya di tautan berikut ini.
UC Browser adalah aplikasi (browser) untuk telepon genggam yang rilis pada tahun 2004. Peramban ini digunakan untuk semua sistem operasi telepon genggam.
Browser ini dikembangkan oleh UCWeb Alibaba sebuah perusahaan teknologi Tiongkok milik Alibaba Group. Untuk pengguna ponsel Android, UC Browser dapat diunduh melalui Play Store.
Peramban Vivaldi merupakan peramban yang dikembangkan oleh perusahaan Vivaldi Technologies. Perusahaan ini didirikan olen mantan CEO Opera Software Jon Stephenson von Tetzchner dan rekannya Taksuki Tomita.
Baca juga: Pengguna Browser Firefox Merosot Tajam Selama 2 Tahun Terakhir
Vivaldi Technologis rilis pertama kali pada 3 November 2015 dan meluncurkan versi beta pertama yang telah diunduh lebih dari dua juta kali. Jika ingin mencoba peramban satu ini, pengguna dapat mengunduh Vivaldi di laman resminya berikut ini.
Samsung Internet merupakan aplikasi peramban dari Samsung. Pada awalnya, browser ini hanya tersedia dan dapat digunakan di beberapa ponsel tertentu seperti Samsung, Google Nexus, dan Pixel.
Namun kini dapat digunakan di berbagai ponsel Android dengan minimal versi Android 5.0. Browser ini juga menampilkan beberapa fitur seperti mode incognito dan night mode. Pengguna dapat mengunduh Samsung Internet di tautan berikut ini.
Peramban Brave merupakan browser yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Brave Software, Inc.
Brave merupakan browser yang mengutamakan dan berfokus pada privasi pengguna sehinga secara otomatis memblokir iklan online dan pelacak situs web dalam pengaturan default.
Rilis pertama kali 13 November 2019, pengguna Brave semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada Desember 2021, Brave sudah memiliki lebih dari 50 juta pengguna aktif bulanan, 15,5 juta pengguna aktif harian. Pengguna dapat mendownload Brave di tautan berikut ini. 
DuckDuckGo atau biasa disebut DDG merupakan browser yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan diluncurkan pertama kali pada 29 Februari 2008. Browser ini juga berfokus pada privasi pengguna. 
DuckDuckGo dapat digunakan di di Windows, macOS, tersedia di Play Store dan App Store. Untuk Anda yang berniat mencobanya, berikut tautan resmi download DuckDuckGo.
Meskipun tersedia berbagai browser yang memiliki berbagai fitur dan keunggulan masing-masing, nyatanya terdapat lima browser yang populer di dunia berdasarkan pangsa pasarnya.
Dirilis dari laman resmi statcounter, Google Chrome menempati urutan pertama browser paling pupuler di dunia dan memiliki pangsa pasar terbesar yaitu 63,06 persen, urutan kedua Safari dengan 19,84 persen, Firefox 4,18 persen Edge 4,12 persen dan Samsung Internet dengan 2,89 persen.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source