4 Februari 2023

Macam–macam Software Aplikasi Pengolah Kata – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Macam–macam Software Aplikasi Pengolah Kata

KOMPAS.com – Software aplikasi pengolah kata menjadi bagian program yang tak dapat terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Software pengolah kata membantu kita melakukan pengerjaan beragam dokumen tertulis.
Software ini berfungsi untuk mengolah kata, seperti mengetik. Pengolah kata mengacu pada tindakan menggunakan komputer untuk membuat, mengedit, menyimpan dan mencetak dokumen.
Software pengolah kata memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai macam dokumen, seperti laporan, surat, memo, buletin dan brosur.
Selain mengetik teks, pengolah kata memungkinkan Anda untuk menambahkan konten seperti gambar, tabel, dan bagan ke dokumen Anda serta item dekoratif termasuk batas dan clipart.
Salah satu contoh Word Processor adalah Microsoft Word, namun aplikasi pengolah kata lain juga banyak digunakan. Contohnya meliputi: Microsoft Works Word Processor, Open Office Writer, Word Perfect dan Google Drive Document.
Selengkapnya berikut ini beberapa ulasan mengenai macam-macam software aplikasi pengolah kata yang sering digunakan pengguna.
Baca juga: Cara Mengecek Typo di Microsoft Word

Logo Microsoft Word.Microsoft Logo Microsoft Word.

Microsoft Word adalah pengolah kata komersial yang banyak digunakan yang dirancang oleh Microsoft. MS Word memiliki kamus bawaan untuk pemeriksaan ejaan; kata-kata yang salah eja ditandai dengan garis bawah berlekuk-lekuk merah.
Software aplikasi pengolah kata ini juga menawarkan fitur tingkat teks seperti tebal, garis bawah, miring dan coret, dan fitur tingkat halaman seperti indentasi, paragraf dan pembenaran dan masih banyak lagi berbagai fitur Word lainnya.
Word kompatibel dengan banyak program lain, yang paling umum adalah anggota suite Office lainnya.

OpenOfficewiki open office OpenOffice

OpenOffice Writer dapat diperoleh melalui internet lewat situs (www.openoffice.org) dengan cara mendownload nya. Hal ini karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini memiliki semua fitur yang kita inginkan dari aplikasi pengolah kata.
Kelebihan OpenOfficeWriter:

iWorkPagesApple iWorkPages

iWork Pages adalah perangkat lunak pengolah kata yang harus dimiliki oleh pengguna Apple. Meskipun Microsoft Word tersedia untuk macOS, iWork adalah alternatif asli yang bagus yang membantu pengguna Apple memproses, membuat, dan bekerja dengan dokumen word.
iWork Pages sebelumnya dikenal sebagai AppleWorks, dan merupakan bagian dari rangkaian resmi Apple iWork.
iWork Pages tidak hanya dapat membantu Anda membuat dokumen, tetapi juga dapat membantu Anda berkolaborasi dengan orang lain secara efisien, membuat dokumen animasi dari data Anda, dan bahkan membuat bagan interaktif dari teks Anda.
Baca juga: Cara Memunculkan Fitur Ruler di Microsoft Word

WordPerfectWinWorld WordPerfect

WordPerfect digambarkan sebagai alternatif Microsoft Office. Di dalam WordPerfect Office, Anda akan memiliki akses ke pengolah kata yang rapi dan efisien yang dapat membantu Anda dengan cepat menyusun dokumen baru, menulis resume, dan bahkan menulis buku.
Salah satu kelebihan dari WordPerfect adalah ia mendukung kolaborasi dengan sekitar 60 format file, sehingga Anda dapat mengimpor dan mengekspor dokumen dari perangkat lunak pihak ketiga mana pun.
Baca juga: Cara Mengubah Tabel Menjadi Gambar di Microsoft Word

AbiWordDownloadCrew AbiWord

Bila Anda memerlukan software pengolah kata yang sangat mirip dengan Word, namun dengan anggaran terbatas, AbiWord adalah pilihan yang terbaik.
AbiWord kompatibel dengan sistem operasi terbaru dan UI yang sangat mirip dengan Microsoft Word. Software pengolah kata ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien, dan tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.
Dengan kompatibilitas untuk bekerja dengan semua dokumen teks standar, AbiWord juga memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen Anda dengan orang lain dengan mudah atau bahkan menggabungkan surat Anda langsung dengan email Anda.

Ilustrasi Google Docs (Sumber: Google)Google Ilustrasi Google Docs (Sumber: Google)

Google Documents adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata berbasis web yang paling andal daripada kebanyakan perangkat lunak lainnya yang bisa Anda dapatkan.
Bersama dengan Spreadsheet, Slide, dan Formulir, Documents memungkinkan Anda tidak hanya membuat dokumen dari awal atau mengimpor dan mengedit dokumen yang ada, tetapi juga memungkinkan Anda menyimpan semua dokumen di cloud secara gratis.
Anda dapat dengan mudah mengakses dokumen Anda dari perangkat apa pun, selama Anda masuk ke akun Google Anda.
Selain itu, Google Documents sangat fleksibel sehingga Anda dapat mengekspornya dalam berbagai format seperti halnya mengimpor dokumen.
Namun, satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus memerlukan koneksi internet setiap saat untuk mengakses dokumen atau mengerjakannya.
 

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source