9 Februari 2023

Materi Belajar : Pengertian Komputer, Definisi Perangkat Lunak & Keras dan Contohnya – Tribun Medan

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN – Pengertian komputer, perangkat keras dan perangkat lunak merupakan pokok bahasan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang akan dibahas pada materi pembelajaran berikut ini. Adapun sub pembahasannya sebagai berikut:
Pengertian komputer
Komputer berasal dari kata “menghitung”. Dalam komputer, semua informasi disebut juga sebagai bilangan biner (duan) atau bit. Bit-bit ini dibentuk menjadi sinyal-sinyal listrik yang disusun secara logis dalam rangkaian transmisi, penyimpanan, dan pemrosesan data.
Fungsi komputer didasarkan pada teori yang disebut “Prinsip Mesin Von Neumann” yang menghasilkan instruksi yang berprinsip dan disimpan dalam memori (penyimpanan). Kemudian menganalisis instruksi untuk menemukan solusi, dan jika ada masalah, sirkuit kontrol muncul dan komputer menampilkan tanda-tanda kerusakan atau masalah pada layar monitor.
Definisi perangkat keras
Perangkat keras atau perangkat keras adalah seperangkat sirkuit elektronik terintegrasi. Rangkaian elektronik ini memiliki logika berdasarkan aljabar Boolean yang darinya telah dibuat beberapa fungsi, antara lain:
1. Fungsi AND (dan).
2. Fungsi OR (atau).
3. Fungsi NON (pembalik).
Bagian-bagian perangkat keras
Berikut adalah beberapa bagian perangkat keras yang ada di komputer:
Contoh-contoh perangkat keras
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras (hardware) yang ada dalam komputer, diantaranya :
Definisi perangkat lunak
Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan program yang berfungsi untuk membuat komputer bekerja.
Software ini terdapat pada menu komputer berupa aplikasi. Perangkat lunak ini selalu digunakan oleh banyak orang untuk menjaga operasional komputer mereka.
Contoh perangkat lunak
Berikut adalah beberapa contoh perangkat lunak (software) pada komputer.
(cr30/tribun-medan.com)

source