1 Februari 2023

Oppo Umumkan Teknologi Cas Baterai Cepat SuperVOOC 150W – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Oppo Umumkan Teknologi Cas Baterai Cepat SuperVOOC 150W
KOMPAS.comOppo mengumumkan teknologi pengisian daya cepat (fast charging) SuperVOOC 150W di ajang tahunan teknologi Mobile World Congress (MWC) 2022 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.
Dengan teknologi SuperVOOC 150 watt terbaru, ponsel Oppo disebut bisa terisi penuh 100 persen (dari nol) dalam waktu 15 menit. SuperVOOC sendiri merupakan singkatan dari Super Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging.
Dalam uji laboratorium, teknologi SuperVOOC 150 watt ini dilaporkan dapat mengisi daya ponsel prototipe dengan baterai 4.500 mAh, dari 1 persen hingga 50 persen dalam waktu 5 menit.
Baca juga: Teknologi Cas Baterai Cepat VOOC Oppo Kini Bisa Dipakai Vendor Lain
Lalu, ponsel tersebut bakal terisi penuhi 100 persen dalam waktu 15 menit. Hasil ini dapat tercapai saat ponsel prototipe dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh dalam keadaan aktif, bukan dalam mode pesawat (airplane mode).
Di balik keunggulannya dapat mengisi perangkat dalam waktu singkat, teknologi fast charging dengan daya watt yang tinggi dikhawatirkan dapat memberikan efek samping ke baterai ponsel.
Untuk mencegah efek samping ini, Oppo sudah membekali SuperVOOC 150 watt ini dengan sistem Battery Health Engine (BHE), yang menggunakan chip khusus untuk mengelola arus daya baterai.
Dalam pengujian laboratorium, baterai yang di-cas dengan SuperVOOC 150W mampu mencapai 1.600 siklus pengisian daya penuh, sebelum baterai mulai menurun sebesar 20 persen.
Siklus pengisian penuh tersebut digadang-gadang dua kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata industri yang hanya 800 siklus.

Ilustrasi kecepatan Oppo SuperVOOC 150W dibandiingkan SuperVOOC 65W.Oppo via GSMArena Ilustrasi kecepatan Oppo SuperVOOC 150W dibandiingkan SuperVOOC 65W.

SuperVOOC 150W merupakan teknologi fast charging tercepat milik Oppo untuk saat ini. Sebagai perbandingan, Oppo sebelumnya sudah memiliki teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 65 watt dan 80 watt untuk sejumlah ponselnya di pasaran.
Untuk SuperVOOC 80W, teknologi ini diklaim mampu mengisi daya ponsel dari 0-50 persen dalam 12 menit. Sementara SuperVOOC 65W membutuhkan sekitar 40 menit untuk terisi penuh 100 persen.
Baca juga: Wireless Air Charging Oppo Bisa Isi Baterai Ponsel Tanpa Harus Menempel 
Teknologi SuperVOOC yang memiliki keluaran arus daya 150 watt tersebut sudah mengadopsi Galliun Nitride (GaN), semikonduktor yang mampu mempersingkat waktu pengisan daya.
Meski keluaran arus dayanya lebih dari dua kali lipat dari SuperVOOC 65W, charger SuperVOOC 150W memiliki ukuran yang tak jauh berbeda dengan SuperVOOC 65, yaitu dengan ukuran tinggi, lebar, dan ketebalan 58mm x 57mm x 30 mm dan bobot 172 gram.
Teknologi SuperVOOC 150W dilaporkan bakal hadir pertama kali di ponsel bikinan sub-brand Oppo, yaitu OnePlus yang bakal dirilis pada kuartal II (April-Juni) 2022.
Belum diketahui pasti, nama ponsel OnePlus yang bakal dibekali teknologi ini. Namun, menurut laporan yang beredar, ponsel OnePlus tersebut kemungkinan adalah ponsel flagship OnePlus 10 Pro 5G, sebagaimana dihimpun dari The Verge.
Tak hanya itu, Oppo juga diketahui tengah mengembangkan teknologi SuperVOOC yang mendukung fast charging lebih dari 200W.
Saat ajang Mobile World Congress (MWC) 2022, Oppo turut memamerkan prototipe teknologi SuperVOOC 240W.
Dalam sebuah video demo, teknologi tersebut terlihat hanya membutuhkan waktu 3 menit dan 30 detik untuk mengisi daya ponsel dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Lalu, teknologi SuperVOOC 240W tersebut dapat mengisi daya ponsel hingga terisi penuh 100 persen dalam waktu 9 menit saja.
Kendati demikian, SuperVOOC 240W ini masih berupa konsep dan agaknya belum bakal hadir di pasaran dalam waktu dekat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (2/3/2022).
Video demo teknologi fast chargingg Oppo SuperVOOC 240W dapat dilihat melalui tautan berikut atau melalui jendela di bawah ini.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source