4 Februari 2023

Penemu WiFi dan Sejarah Perkembangannya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Penemu WiFi dan Sejarah Perkembangannya

KOMPAS.com – Penggunaan WiFi saat ini tak dapat dipisahkan di kehidupan sehari-hari untuk mengakses jaringan internet. Teknologi satu ini juga sudah lebih mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari rumah, sekolah, kantor, café, hingga kedai.
WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat nirkabel seperti laptop dan ponsel untuk mengakses internet. Melalui WiFi kita dapat mengakses internet dengan mudah tanpa harus menghubungkan perangkat ke lewat kabel.
Melihat penggunaan WiFi yang masif saat ini tentu teknologi satu ini memiliki sejarah panjang. Mengulas perkembangan WiFi tentu tak menarik jika tidak menyinggung siapa penemu awalnya. Selengkapnya berikut ini ulasan mengenai sejarah perkembangan WiFi.
Baca juga: Cara Membagikan Password Wifi di HP Android

Hedy Lamarr Kompas Hedy Lamarr

Siapa sangka teknologi satu ini ditemukan oleh artis populer holywood. Ia adalah Hedy Lamarr. Hedy Lamarr lahir pada tanggal 9 November tahun 1914. Lahir di Wina Austria dirinya tak hanya memiliki paras cantik memukau namun juga otak yang jenius.
Di sela-sela kesibukannya sebagai artis ia ternyata memiliki hobi meneliti. Menjadi artis Holywood yang populer juga justru menguntungkan dirinya dalam bidang penelitian.
Dari sini ia dapat memiliki akses untuk bersosialisasi dengan tokoh-tokoh penting seperti John F Kennedy dan Howard Hughes. Dari mereka ia mendapatkan peralatan penting untuk menjalankanh berbagai eksperimen yang dibuatnya.
Ternyata disamping memiliki paras yang cantik, wanita yang lahir di Wina Austria ini juga dianggap mempunyai otak yang sangat jenius.
Hal ini terbukti di tahun 1942, dimana Hedy Lamarr berhasil mematenkan produknya yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia yang memakai frekuensi radio dalam bertukar data.
Produk tersebut dianggap menjadi sebuah pondasi yang sangat kuat dan penting di dalam teknologi komunikasi. Dia mengembangkan kontribusinya pada sejarah WiFi bersama dengan komposer avant garde George Antheil.
Pertemuan ini membuat Lamarr ingin mengajak George untuk membantunya dalam membuat alat yang dapat membantu dlam sinkronsisasi. Dari proyek musik, komposer Antheil memiliki pengalaman luas dengan sinkronisasi pemain piano, atau pianolas.
Keduanya mengambil inspirasi dari ini untuk mengembangkan sistem komunikasi rahasia untuk kendali jarak jauh torpedo, berdasarkan mekanisme lompatan frekuensi yang beralih di antara 88 frekuensi berbeda.
Pada tahun 1942, mereka pun menerima paten untuk sistem ini. Penemuan ini yang kemudian dinamai dengan Frequency Hopping. Namun saat ini namanya diubah menjadi spread spectrum dengan ide dasar yang sama.
Baca juga: 8 Cara Mengatasi WiFi Sering Terputus di Windows 10

ALOHAnet IEEE Spectrum ALOHAnet

Penemuan Hedy Lamarr tersebut menjadi penemuan penting yang dilanjutkan pada tahun 1971. Perkembangan WiFi bermula pada ALOHAnet menghubungkan Kepulauan Hawaii dengan jaringan paket nirkabel UHF.
ALOHAnet dan protokol ALOHA masing-masing adalah pelopor awal untuk Ethernet, dan kemudian protokol IEEE 802.11.
Salah satu tokoh yang dianggap sebagai memiliki peran besar pada penemuan WiFi adalah Vic Hayes. Ia sering dianggap sebagai “bapak WiFi”. Dia memulai penelitiannya tersebut pada tahun 1974 ketika dia bergabung dengan NCR Corp.
Pada tahun 1991, NCR Corporation dengan AT&T Corporation menemukan pendahulu 802.11, yang dimaksudkan untuk digunakan dalam sistem kasir. Produk nirkabel pertama ini berada di bawah nama WaveLAN. Merekalah yang dikreditkan dengan menciptakan WiFi.
Versi pertama dari protokol 802.11 dirilis pada tahun 1997, dan menyediakan kecepatan tautan hingga 2 Mbit/dtk. Ini diperbarui pada tahun 1999 dengan 802.11b dan mengizinkan kecepatan tautan 11 Mbit/s, dan ini terbukti populer.
Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah
Pada tahun 1999, WiFi Alliance dibentuk sebagai asosiasi perdagangan untuk memegang merek dagang WiFi. Nama WiFi, yang digunakan secara komersial setidaknya sejak Agustus 1999, diciptakan oleh perusahaan konsultan merek Interbrand.
WiFi Alliance telah menyewa Interbrand untuk membuat nama yang “sedikit lebih menarik daripada ‘IEEE 802.11b Direct Sequence.’ ” Phil Belanger, anggota pendiri Wi-Fi Alliance yang memimpin pemilihan nama “WiFi,” telah menyatakan bahwa Interbrand menciptakan Wi-Fi sebagai pelesetan dari kata hi-fi .
Interbrand juga membuat logo WiFi. Logo tersebut didesain sederhana berwarna monokrom, mirip simbol “yin” dan “yang”.
Hingga kini perkembangan WiFi cukup pesat. Kebutuhan internet juga semakin masif. Sebagai teknologi yang dibutuhkan banyak orang, WiFi memiliki peran yang sangat bermanfaat untuk meringankan berbagai pekerjaan. Terutama membuat koneksi jaringan internet lebih lancar.
 

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source