9 Februari 2023

Pengertian, Contoh, Fungsi dan Macam-macam Brainware dalam Komputer – Lampung dot co

Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras.
 21,787 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Sebagai pengguna komputer, tentunya Anda sudah tidak asing dengan perangkat-perangkat yang menunjang komputer. Salah satunya adalah brainware (user). Meskipun semua perangkat komputer itu saling berhubungan satu sama lain. Tentunya Anda penasaran bukan dengan pengertian, contoh dan juga fungsi dari user. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.
Memang, brainware adalah manusia yang mampu menggunakan dan menjalankan perangkat lunak atau perangkat keras pada komputer. Tugas utama orang ini adalah merancang bagaimana perangkat komputer akan bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.
Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras. Brainware juga sering disebut sebagai alat intelektual yang digunakan untuk menemukan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
Selain dapat menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, user juga memiliki banyak fungsi lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi brainware yang harus Anda ketahui.
Seperti dibahas di atas, salah satu tugas utama user adalah merancang cara kerja perangkat. Tugas programmer adalah membuat dan merancang program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem komputer yang menggunakan baik hardware maupun software komputer. Selain itu, pengembang juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kelancaran seluruh sistem dalam program.
Fungsi lain dari user adalah sebagai operator komputer. Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dan program komputer. Selain itu, operator juga memiliki tugas untuk memelihara dan memastikan pengoperasian semua peralatan komputer dengan baik dan lancar.
Administrator bertanggung jawab untuk mengelola struktur sistem dalam program atau jaringan komputer. Dengan adanya administrator, sistem dan program Anda akan memiliki aturan dan struktur yang lebih terorganisir.
Nah setelah Anda mengetahui tentang pengertian dan fungsi user, Anda pasti penasaran, apa saja contoh brainware berdasarkan istilah-istilah tersebut?
Seseorang atau kelompok yang menelusuri situs web untuk mencari dan memperoleh informasi dari internet.
EDP Department atau departemen Electronic Data Processing adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola data digital perusahaan dengan menggunakan teknologi komputer.
Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengoperasikan sistem dalam jaringan komputer, sistem ini terdiri dari banyak jaringan dan layanan yang dirancang untuk memberikan dukungan maksimal bagi pengguna komputer.
Sebenarnya, ada banyak macam-macam brainware yang sering Anda temui setiap hari. Untuk membantu Anda lebih memahami apa arti istilah-istilah ini. Berikut beberapa jenis user yang paling populer di sini.
Hardware engineer merupakan sebuah profesi yang bertugas menangani semua urusan yang berkaitan dengan hardware komputer. Mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan perangkat keras tersebut. Selain itu, Hardware engineer juga mempunyai tanggung jawab melakukan pengaturan dan konfigurasi pada komputer.
Sama halnya dengan yang sebelum, software engineer juga mempunyai tugas yang sama. Namun lebih dikhususkan pada perangkat lunak komputer. Software engineer bertugas dalam melakukan konfigurasi, struktur dan juga tatanan pada perangkat lunak dalam sebuah jaringan komputer.
Teknisi merupakan orang yang tugasnya melakukan maintenance pada semua perangkat komputer yang terdapat pada jaringan dan sistem komputer. Teknisi komputer diwajibkan mempunyai pengetahuan yang lebih dalam mengenai semua masalah yang sering terjadi pada perangkat dan sistem komputer.
Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang brainware. Mulai dari pengertian, fungsi, contoh dan juga macam-macamnya. Selain beberapa hal di atas, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah user memegang peranan penting dalam sistem komputer.
 21,788 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini
Fajar Fauziah bekerja untuk media online Lampung.co yang bertanggung jawab menerbitkan artikel topik teknologi, termasuk games sesuai bidangnya.
Galaxy S22 Ultra 5G Tawarkan Kualitas Kamera Profesional
Cara Mengatasi 0xc000007b Windows: Unable to Start Correctly
Samsung Hadirkan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G Dilengkapi Galaxy Ecosystem
Ini 6 Tips Memilih Penyedia Web Hosting Indonesia Terbaik
Hati-hati, Ekstensi Browser Berbahaya Bisa Intip Password Pengguna
Cara Mudah Transfer Uang Gratis Antar- Bank dengan Aplikasi Flip
Kode yang berisikan kombinasi huruf dan angka ini disertai juga dengan pesan ‘The application was unable to start correctly’. Jika situasi ini terjadi jangan langsung panik, Anda bisa coba untuk mengatasinya sendiri.
 38,880 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Pernahkah Anda mengalami sedang asyiknya menggunakan suatu aplikasi di komputer atau laptop, namun tiba-tiba saja aplikasi tersebut eror dan muncul kode 0xc000007b? Kode yang berisikan kombinasi huruf dan angka ini disertai juga dengan pesan ‘The application was unable to start correctly’. Jika situasi ini terjadi jangan langsung panik, Anda bisa coba untuk mengatasinya sendiri.
Bikin kesal memang saat tengah menggunakan aplikasi atau sedang bermain game di komputer, namun tiba-tiba saja aplikasi tersebut error. Jika eror aplikasi ditandai kode 0xc000007b, kemungkinan besar itu terjadi karena penggunaan DLL atau Direct Linked Library untuk 32bit dan 64bit yang salah. Kode 0xc000007b Windows ini terbilang bukan hal baru lagi bagi para pengguna Windows.
Selain itu, kode error tersebut juga bisa disebabkan karena terjadinya kesalahan atau kerusakan pada konfigurasi Microsoft Visual C++ Redistributable Package. Tenang saja, untuk memperbaiki eror ini Anda sama sekali tak perlu untuk menginstal ulang laptop secara keseluruhan kok. Anda bisa ikuti beberapa cara berikut ini, untuk bisa menjalankan aplikasi seperti semula.
Berikut ini beberapa pilihan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah error 0xc000007b yang muncul pesan ‘The application was unable to start correctly’ di layar komputer atau laptop.
Cara pertama dan terbilang paling mudah untuk dilakukan jika muncul error dengan kode 0xc000007b Windows ini adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Berikut tahapan yang harus Anda ikuti.
Jika cara di atas tidak berhasil, Anda bisa coba untuk menginstal ulang Microsoft Visual Credits atau Visual C++. Visual C++ ini merupakan resource bagi beberapa aplikasi, utamanya sekali aplikasi game. Anda disarankan untuk menginstal ulang Visual C++ ini mulai dari versi lama, hingga versi terbarunya. Berikut tahapan menginstalnya yang bisa Anda ikuti.
Cara selanjutnya untuk mengatasi eror aplikasi dengan kode 0xc000007b adalah dengan menginstal Microsoft Net Framework. Penginstalan Microsoft Net Framework ini terutama sekali disarankan untuk mengatasi error game 0xc000007b. Berikut tahapan yang bisa Anda ikuti.
Anda bisa juga mengatasi errornya aplikasi ini dengan menginstal file 0xc000007b.dll. Caranya pun terbilang mudah, hanya download 0xc000007b yang berekstensi .dll, lalu instal di komputer Anda. Jika penginstalan selesai, cobakan untuk menjalankan aplikasi yang sebelumnya error tersebut.
Jangan langsung panik saat muncul kode error 0xc000007b aplikasi yang sedang Anda jalankan. Error yang umumnya disebabkan karena rusaknya file esensial untuk menjalankan aplikasi pada Windows ini, bisa diatasi dengan mengikuti beberapa cara di atas. Selamat mencobakan, ya!
 38,881 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini
Secara umum, fisik dari perangkat keras ini terhubung dengan komputer, bahkan fungsinya juga saling terkait satu sama lain. Nah, buat Anda yang penasaran apa saja jenis-jenis hardware komputer?
 4,117 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Hardware merupakan sebuah perangkat keras yang ada pada komputer dan digunakan untuk memasukkan suatu perintah pada komputer. Secara umum, fisik dari perangkat keras ini terhubung dengan komputer, bahkan fungsinya juga saling terkait satu sama lain. Nah, buat Anda yang penasaran apa saja jenis-jenis hardware komputer? Berikut ini daftar beserta fungsinya.
Central Processing Unit merupakan bagian paling penting yang ada pada komputer. Dimana perangkat keras ini menjadi pusat dari komputer itu sendiri. sebab hampir semua perangkat keras komputer lainnya, akan tersambung dengan CPU.
Motherboard adalah perangkat keras yang berguna sebagai tempat dari perangkat keras lainnya, seperti memori, Sound Card, LAN Card, Prosesor dan juga VGA Card.
Hard disk mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dimana hard disk bisa menyimpan data secara magnetis.
Prosesor merupakan perangkat keras yang mempunyai fungsi dalam melakukan pembacaan dan melaksanakan perintah dalam sebuah program.
RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk menyimpan instruksi atau data yang dikerjakan oleh prosesor. Fungsi penyimpanan ini berbeda dengan hard disk, sebab RAM hanya menyimpan data sementara. Sehingga, saat komputer dimatikan, instruksi dan data tersebut akan dikosongkan.
Mouse merupakan perangkat keras yang mempunyai bentuk mirip tikus dan mempunyai sensor di bawahnya. Fungsi utama dari mouse adalah untuk menggerakkan kursor. Kursor ini sangat penting untuk memudahkan user saat ingin memberikan perintah.
Keyboard merupakan perangkat keras yang mempunyai berbagai tombol huruf, angka dan juga fungsi lainnya. Keyboard berfungsi untuk mengeluarkan perintah dalam bentuk teks.
Hardware ini berfungsi untuk mengolah data berbentuk suara maupun audio. Sehingga komputer bisa memproses semua data berbentuk suara.
LAN Card adalah kartu yang mempunyai kegunaan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan. Baik itu jaringan lokal maupun jaringan internet.
Scanner biasanya umumnya menyatu dengan printer. Sehingga berfungsi juga sebagai mesin fotokopi. Namun fungsi hardware komputer ini sebenarnya untuk menyalin data analog yang ada di kertas menjadi data digital.
Webcam merupakan sebuah kamera yang dipasang pada komputer untuk melakukan swafoto maupun melakukan video call. Selain itu webcam juga biasa digunakan untuk mengambil video diri sendiri saat melakukan livestream.
Sama halnya dengan mouse, contoh perangkat keras komputer ini berfungsi untuk menggerakkan kursor. Umumnya trackpad hanya biasa digunakan pada laptop.
Drawing pad merupakan sebuah alat bantu gambar yang biasa digunakan oleh ilustrator. Fungsi dari perangkat keras ini hampir sama dengan mouse dan trackpad, namun lebih dikhususkan untuk menggambar saja. Dimana hasil gambar Anda akan sama persis dengan menggambar menggunakan kertas biasa.
Speaker merupakan hardware yang bisa mengeluarkan output dalam bentuk audio. Meskipun perangkat ini tidak terlalu penting. Namun, jika Anda menggunakan komputer sebagai alat multimedia, speaker menjadi perangkat keras yang wajib Anda miliki.
Printer merupakan perangkat keras yang berguna untuk mencetak gambar dan dokumen dalam bentuk kertas.
Sebuah perangkat yang mengubah suara menjadi audio digital. Perangkat ini berguna untuk merekam suara pengguna, yang nantinya akan diproses ke dalam CPU.
Monitor merupakan hardware komputer yang berguna untuk menampilkan data atau informasi yang diproses oleh CPU. Tanpa adanya monitor, pengguna tidak akan bisa melihat ada yang sedang diolah oleh komputer. Sehingga perangkat ini sangatlah penting.
Itu dia beberapa contoh hardware komputer yang biasanya Anda temukan dalam sebuah komputer. Selain daftar tersebut masih ada banyak lagi contoh perangkat keras lainnya, seperti VGA Card, Power Supply, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai pelengkap pengetahuan, anda bisa membaca artikel tentang Software Komputer yang telah kami terbitkan sebelumnya.
 4,118 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini
Setelah menyalakan komputer, perangkat langsung bekerja. Namun tahukah Anda apa itu software, apa saja fungsi dan jenisnya?
 24,612 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Sepintas, yang kita lihat dari perangkat komputer hanyalah perangkat keras yang disusun secara seri. Perangkat keras yang membentuk komputer tidak akan dapat digunakan tanpa kehidupan di perangkat. Kekuatan pendorong di belakang perangkat keras adalah perangkat lunak, atau lebih dikenal sebagai software komputer.
Anda pasti tahu nama software dengan baik. Setelah menyalakan komputer, perangkat langsung bekerja. Namun tahukah Anda apa itu software, apa saja fungsi dan jenisnya? Berikut ini ulasan lengkapnya.
Software komputer adalah data yang sengaja diprogram serta disimpan pada komputer digital yang tidak dapat dilihat secara fisik. Perangkat lunak ini adalah program yang berguna untuk menjalankan instruksi atau perintah.
Perangkat lunak ini memungkinkan komputer untuk menjalankan atau menangani perintah. Perangkat lunak juga dapat disebut sebagai driver perangkat keras (hardware). Perangkat keras mengenali perangkat lunak dari bahasa pemrograman dalam bentuk kode terpadu.
Secara umum, software bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis. Adapun ketiga jenis software komputer tersebut sebagai berikut:
Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengelola semua perangkat keras yang terhubung ke dalam CPU. Selain itu juga berfungsi dalam menerjemahkan tindakan dan mengelola semua proses yang terjadi dan diperintahkan oleh pengguna pada prosesor, sehingga perintah pengguna dapat dieksekusi dengan baik oleh komputer.
Perangkat lunak jenis ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program. Jika Anda telusuri dengan sebuah contoh, ada beberapa jenis bahasa yang mungkin Anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++ dan masih banyak lagi.
Saat membuat bahasa pemrograman ini, masih akan membutuhkan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai dengan metode dan struktur yang ada dalam bahasa pemrograman itu sendiri.
Program aplikasi adalah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Dalam hal ini, perangkat lunak dapat berfungsi untuk tujuan pembuatannya.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa software bisa membuat komputer bisa digunakan. Tanpa adanya software, komputer hanyalah benda mati. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai fungsi software komputer, berikut ini daftarnya:
Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui juga adalah contoh software komputer. Berikut ini beberapa contoh perangkat lunak beserta dengan kegunaannya.
Merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengetik dan mengedit dokumen dalam bentuk kertas.
Hampir sama dengan Microsoft Office Word, perangkat lunak ini biasa digunakan untuk mengedit dan membuat data dalam sebuah dokumen dengan tampilan kolom.
Mozilla Firefox adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk peramban web lintas platform bebas yang berasal dari sumber terbuka.
Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang software komputer. Mulai dari pengertian, jenis, fungsi beserta dengan contohnya. Nah, mengingat begitu pentingnya software ini, ada baiknya Anda membeli produk aslinya.
 24,613 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini
Prakiraan Cuaca Lampung Hari Ini
Alat untuk Membantu Jurnalis Membuat Berita Isu Lingkungan Secara Mendalam
Cacingan: Gejala, Cara Mengobati dan Pencegahannya (Komprehensif)
Bagaimana Cara Bersihkan Sampah di Hp Samsung A32?
Peluru Nyasar Bersarang di Kaki Bayi Warga Bandar Lampung
Antara Nilai Pancasila dan Tindakan Korupsi dalam Dunia Pendidikan
Harga Emas Hari Ini, Lengkap 0,5 Gram hingga 1 Kg
Campak: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati (Komprehensif)
Copyright © 2022 Lampung.co dibawah naungan PT Media Inti Lampung.

source