9 Februari 2023

Pengertian dan Fungsi BIOS dalam Perangkat Komputer – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Pengertian dan Fungsi BIOS dalam Perangkat Komputer

KOMPAS.com – Bagi Anda yang suka berkecimpung dalam dunia Teknologi dan Informasi mengenai pemrograman komputer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah BIOS atau Basic System Input-Output System.
BIOS berperan sebagai pengatur fungsi-fungsi pada perangkat keras komputer, sehingga peran BIOS dalam beberapa alat teknologi sangatlah penting.
Lalu, sebenarnya apa sih BIOS itu dan apa saja fungsinya dalam sebuah komputer. Berikut KompasTekno telah merangkum pengertian dan fungsi BIOS.
Baca juga: Pengertian dan Fungsi Task Manager dalam Komputer
BIOS atau Basic System Input-Output System adalah software atau perangkat lunak yang digunakan mikroprosesor komputer untuk memulai kerja komputer.
Ketika kita menyalakan komputer, CPU mengakses BIOS untuk menemukan semua perangkat input-output dan memastikan bahwa semua perangkat keras sudah terkoneksi dan berfungsi dengan baik.
Perangkat lunak ini juga bekerja untuk mengelola aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat yang terpasang seperti pada hard disk, adaptor video, keyboard, mouse, dan printer.
BIOS merupakan bagian dari motherboard yang disimpan dalam memori permanen berupa chip Read-Only Memory (ROM) non-volatile atau Erasable Programmable Read-Only Memory (EPROM) atau flash memory pada motherboard komputer.
Baca juga: 30 Tombol Shortcut di Komputer atau Laptop MacOS yang Perlu Diketahui
Secara umum, kerja BIOS disebut sebagai proses Boot. Proses boot merupakan aktivitas perangkat lunak komputer yang bekerja dengan mengidentifikasi, mengkonfigurasi, menguji, dan menghubungkan perangkat keras ke OS setelah komputer dihidupkan.
Keempat langkah-langkah tersebut termasuk dalam fungsi utama BIOS:
POST (Power On Self Test)
Fungsi ini memungkinkan BIOS untuk menguji perangkat keras komputer terlebih dahulu sebelum memuat OS.
Booting
Setelah pengujian selesai dilakukan, BIOS kemudian mencari dan mengidentifikasi sistem operasi. Proses booting yang terjadi pada komputer adalah proses perjalanan sistem komputer bekerja dari awal sampai pengambilalihan sistem operasi secara penuh terhadap perangkat.
BIOS Drivers
Dalam proses ini, menempatkan perangkat lunak BIOS dan driver yang berinteraksi dengan OS setelah berjalan. Driver BIOS akan memberikan informasi dasar tentang perangkat keras komputer.
Baca juga: Komponen-Komponen Dasar Jaringan Komputer
BIOS Setup
BIOS Setup adalah program konfigurasi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan perangkat keras dan sistem. Pengaturan BIOS juga dikenal dengan sebutan CMOS (Complementary Metal-Outside Semiconductor).

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source