4 Februari 2023

Pengertian Hardware, Fungsi, dan Contohnya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Pengertian Hardware, Fungsi, dan Contohnya

KOMPAS.com – Selain software atau perangkat lunak, dalam setiap perangkat teknologi juga dilengkapi dengan hardware atau perangkat keras.
Kedua perangkat tersebut, yakni software dan hardware saling melengkapi dalam setiap perangkat teknologi. Perangkat lunak dan perangkat keras saling bergantung satu sama lain untuk memungkinkan komputer menghasilkan output yang berguna.
Oleh karena itu, software harus dirancang agar bisa bekerja dengan baik bersama hardware. Jika dalam sebuah perangkat teknologi terdapat virus, trojan horse, dan lain sebagainya, dapat berdampak pada program komputer dan OS sistem.
Akan tetapi, hardware tidak akan bisa terpengaruh oleh perangkat lunak berbahaya atau malware. Untuk mengetahui lebih jauh tentang perangkat keras komputer, berikut KompasTekno telah merangkum pengertian, fungsi, hingga contoh-contoh hardware.
Baca juga: Perbedaan Komponen Hardware, Software, dan Brainware dalam Komputer
Istilah hardware atau perangkat keras merujuk pada komponen fisik komputer yang bisa dilihat oleh mata dan dipegang.
Dilansir dari Tech Target, perangkat keras/hardware adalah setiap elemen komputer yang bersifat fisik. Seperti monitor, keyboard, microchip, hard drive, dan berbagai komponen lainnya. Hardware dapat dikategorikan menjadi komponen internal dan eksternal.

Komponen internal diperlukan agar komputer dapat berfungsi dengan baik ketika dioperasikan. Komponen internal secara kolektif memproses atau menyimpan instruksi yang disampaikan oleh program atau sistem operasi (OS).
Sementara komponen eksternal atau yang biasa disebut perangkat periferal, dipasang ke komputer untuk menambah dan meningkatkan fungsionalitas komputer. Komponen hardware eksternal merupakan item yang sering dihubungkan secara eksternal ke komputer untuk mengontrol fungsi input dan output.
Hardware eksternal ini dirancang untuk memberikan instruksi ke perangkat lunak (input) atau memberikan hasil dari eksekusinya (output).
Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware
Hardware mengacu pada fisik, peralatan, dan perangkat komputer yang berwujud. Fungsi utama dari perangkat keras komputer adalah memberikan dukungan untuk fungsi utama komputer. Seperti input, pemrosesan, output, penyimpanan sekunder, dan komunikasi.
Apabila Anda menggunakan sebuah laptop, maka Anda memiliki hardware berupa fisik laptop itu sendiri dan software berupa sistem operasi serta aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya.
Dalam satu kasus, apabila Anda hanya memiliki softwarenya saja, yakni sistem operasi, aplikasi, dan program-program, itu artinya Anda hanya memiliki instruksi-instruksinya saja. Akan tetapi, Anda tidak memiliki perangkat yang bisa memberikan instruksi.
Jika analoginya dibalik, Anda hanya memiliki perangkat keras tanpa perangkat lunak di dalamnya, maka Anda hanya bisa memberikan instruksi tanpa bisa menjalankan perintah yang ingin diwujudkan.
Oleh karena itu, kedua perangkat ini saling membutuhkan satu sama lain. Hardware membutuhkan software untuk menjalankan fungsinya dengan menentukan apa yang harus dilakukan.
Sementara perangkat lunak juga membutuhkan perangkat keras untuk menjalankan fungsinya berupa arahan atau perintah-perintah yang dikirimkan oleh perangkat keras atau hardware.
Baca juga: Pengertian Input Device, Fungsi, dan Contohnya
Berikut komponen-komponen hardware yang biasa ditemui dalam sebuah komputer.

Motherboard Wikipedia Motherboard

Motherboard merupakan unit yang menampung pemrosesan pusat (CPU). Perangkat keras ini memiliki bentuk seperti papan sirkuit cetak. Motherboard berfungsi sebagai hubungan pusat yang dijalankan oleh semua komponen perangkat keras lainnya.

CPUScience ABC CPU

CPU merupakan otak komputer yang bertugas untuk memproses dan mengeksekusi instruksi digital dari berbagai program. Beberapa merek CPU memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan tersebut menentukan kinerja dan efisiensi komputer dalam memproses data.

Hard drive Easy Tech Junkie Hard drive

Perangkat hard drive adalah ruang penyimpanan data secara permanen dan sementara. Dalam hard drive, pengguna dapat menyimpan berbagai file dalam berbagai bentuk format. Seperti program, OS, dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.
Baca juga: Pengguna Harddisk WD My Book Live di Seluruh Dunia Tiba-tiba Kehilangan Semua Data

keyboard gamingalex rowe- medium keyboard gaming

Komponen keyboard adalah perangkat input yang menampilkan sejumlah huruf, angka, dan karakter standar. Komponen ini memungkinkan pengguna memasukkan teks, angka, atau karakter khusus lainnya yang ditekan melalui papan ketik.

Kamera Windows Central Kamera

Kamera juga termasuk dalam komponen hardware kategori eksternal. Perangkat ini bekerja dengan menangkap gambar secara visual dan mengalirkannya ke komputer atau melalui komputer ke perangkat jaringan.

Mikrofon komputer The SM Store Mikrofon komputer

Selain bisa menangkap secara visual, juga terdapat perangkat keras yang dapat menangkap suara, yakni perangkat mikrofon. Perangkat ini bekerja dengan menerjemahkan gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mendukung komunikasi berbasis komputer.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source