1 Februari 2023

Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh Software Komputer – Lampung dot co

Setelah menyalakan komputer, perangkat langsung bekerja. Namun tahukah Anda apa itu software, apa saja fungsi dan jenisnya?
 24,558 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Sepintas, yang kita lihat dari perangkat komputer hanyalah perangkat keras yang disusun secara seri. Perangkat keras yang membentuk komputer tidak akan dapat digunakan tanpa kehidupan di perangkat. Kekuatan pendorong di belakang perangkat keras adalah perangkat lunak, atau lebih dikenal sebagai software komputer.
Anda pasti tahu nama software dengan baik. Setelah menyalakan komputer, perangkat langsung bekerja. Namun tahukah Anda apa itu software, apa saja fungsi dan jenisnya? Berikut ini ulasan lengkapnya.
Software komputer adalah data yang sengaja diprogram serta disimpan pada komputer digital yang tidak dapat dilihat secara fisik. Perangkat lunak ini adalah program yang berguna untuk menjalankan instruksi atau perintah.
Perangkat lunak ini memungkinkan komputer untuk menjalankan atau menangani perintah. Perangkat lunak juga dapat disebut sebagai driver perangkat keras (hardware). Perangkat keras mengenali perangkat lunak dari bahasa pemrograman dalam bentuk kode terpadu.
Secara umum, software bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis. Adapun ketiga jenis software komputer tersebut sebagai berikut:
Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengelola semua perangkat keras yang terhubung ke dalam CPU. Selain itu juga berfungsi dalam menerjemahkan tindakan dan mengelola semua proses yang terjadi dan diperintahkan oleh pengguna pada prosesor, sehingga perintah pengguna dapat dieksekusi dengan baik oleh komputer.
Perangkat lunak jenis ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program. Jika Anda telusuri dengan sebuah contoh, ada beberapa jenis bahasa yang mungkin Anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++ dan masih banyak lagi.
Saat membuat bahasa pemrograman ini, masih akan membutuhkan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai dengan metode dan struktur yang ada dalam bahasa pemrograman itu sendiri.
Program aplikasi adalah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Dalam hal ini, perangkat lunak dapat berfungsi untuk tujuan pembuatannya.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa software bisa membuat komputer bisa digunakan. Tanpa adanya software, komputer hanyalah benda mati. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai fungsi software komputer, berikut ini daftarnya:
Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui juga adalah contoh software komputer. Berikut ini beberapa contoh perangkat lunak beserta dengan kegunaannya.
Merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengetik dan mengedit dokumen dalam bentuk kertas.
Hampir sama dengan Microsoft Office Word, perangkat lunak ini biasa digunakan untuk mengedit dan membuat data dalam sebuah dokumen dengan tampilan kolom.
Mozilla Firefox adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk peramban web lintas platform bebas yang berasal dari sumber terbuka.
Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang software komputer. Mulai dari pengertian, jenis, fungsi beserta dengan contohnya. Nah, mengingat begitu pentingnya software ini, ada baiknya Anda membeli produk aslinya.
 24,559 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini
Fajar Fauziah bekerja untuk media online Lampung.co yang bertanggung jawab menerbitkan artikel topik teknologi, termasuk games sesuai bidangnya.
Galaxy S22 Ultra 5G Tawarkan Kualitas Kamera Profesional
Pengertian, Contoh, Fungsi dan Macam-macam Brainware dalam Komputer
Cara Mengatasi 0xc000007b Windows: Unable to Start Correctly
Samsung Hadirkan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G Dilengkapi Galaxy Ecosystem
Ini 6 Tips Memilih Penyedia Web Hosting Indonesia Terbaik
Hati-hati, Ekstensi Browser Berbahaya Bisa Intip Password Pengguna
Saat terjadi bencana alam seperti gempa, risiko dan kerusakannya dapat terjadi di mana saja, baik di rumah, di dalam gedung, bahkan saat tengah berkendara di dalam mobil.
 521 kali dilihat,  521 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Bencana gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) di Cianjur pada Senin 21 November 2022 telah menghancurkan beberapa bangunan hingga kendaraan. Bahkan, beberapa wilayah di sekitar Bandung, Jawa Barat, sampai Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) merasakan guncangan yang cukup kencang.
Saat terjadi bencana alam seperti gempa, risiko dan kerusakannya dapat terjadi di mana saja, baik di rumah, di dalam gedung, bahkan saat tengah berkendara di dalam mobil. Saat Anda berada dalam mobil, konsekuensinya kurang lebih sama saat berada di gedung atau bangunan.
Pertanyaannya kini, bagaimana jika Anda sedang mengemudi atau berada di dalam mobil saat bencana alam tersebut terjadi? Apa yang harus dilakukan? Untuk itu, Duitpintar.com memberikan informasi mengenai tindakan atau antisipasi yang dapat dilakukan jika Anda berada dalam kendaraan pribadi di tengah musibah gempa.
Risiko terjebak di mobil bisa terjadi saat sedang mengemudi. Pasalnya, seringkali getaran yang dihasilkan saat gempa bumi tidak terasa bersamaan dengan getaran mesin dan laju kendaraan.
Untuk mengetahui gejala atau datangnya gempa bumi, Anda dapat memperhatikan lingkungan sekitar dengan melihat orang-orang yang menyelamatkan diri ke luar ruangan atau kendaraannya. Jika Anda melihat gejala tersebut, maka wajib mengetahui keadaan yang sebenarnya terjadi.
Saat menyelamatkan diri, jangan panik, tetapi tetap berpikir logis dan memperhitungkan apa yang akan terjadi. Misalnya, jika kendaraan terparkir di basement saat gempa bumi berlangsung, maka Anda harus langsung bergegas meninggalkannya dan menjalani evakuasi diri keluar dari tempat itu.
Jika Anda tidak sempat melakukannya, maka segera cari tempat berlindung. Sebab, jika Anda masih memilih tetap berada di kabin mobil dan terjebak di dalamnya, bisa menyebabkan Anda tertimpa reruntuhan bangunan.
Langkah lainnya yang bisa Anda lakukan jika sedang berkendara dengan kecepatan minimal 20 kilometer per jam dan terjadi gempa bumi, Anda bisa segera mencari tempat terbuka yang dirasa aman. Sementara itu, jika tetap memilih berada di dalam kabin, bisa membuat Anda terjebak di mobil saat gempa bumi.
Usahakan mencari tempat terbuka yang jauh dari bangunan yang rentan ambruk dan roboh jembatan, jembatan penyeberangan orang (JPO), tiang listrik, lampu lalu lintas, baliho Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) hingga pohon.
Lain halnya jika Anda terjebak dalam mobil di tengah kemacetan, segera matikan mesin. Setelah itu, Anda juga bisa langsung menyelamatkan diri ke tempat yang aman. Demikian informasi mengenai tindakan atau antisipasi yang dapat dilakukan jika Anda berada dalam kendaraan pribadi di tengah musibah gempa.
 522 kali dilihat,  522 kali dilihat hari ini
Hankook Tire memberikan beberapa tips bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan destinasi alam terbuka
 3,170 kali dilihat,  565 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Berkunjung ke alam terbuka seperti curug, pantai, bukit, atau taman, di akhir pekan dapat menjadi pilihan kegiatan healing yang menyenangkan. Alam dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kondisi psikologis kita, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan konsentrasi dan menjadi sarana rekreasi dari penatnya rutinitas sehari-hari.
Wisata alam terbuka umumnya memiliki medan jalanan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan curam, dan badan jalan yang sempit. Kondisi ini tentunya membutuhkan dukungan kendaraan yang mumpuni dan kemampuan mengemudi yang handal.
Dengan mengetahui jarak, Anda dapat mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit maupun peralatan darurat lainnya. Khusus ban, Anda membutuhkan karakteristik ban dengan desain tapak yang kasar dan lebih renggang agar lebih aman dan nyaman melewati berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di kondisi jalanan basah atau kering.
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menjelaskan bahwa sebesar 61% penyebab kecelakaan dipicu oleh faktor manusia. Oleh sebab itu, hindari penggunaan handphone, multitasking dengan kegiatan lainnya dan rasa kantuk ketika berkendara serta pastikan untuk beristirahat dengan cukup dan hindari mengkonsumsi obat obatan yang dapat memicu badan lemas pada saat menyetir.
Untuk muatan kendaraan jenis MPV atau SUV, disarankan maksimal 8 orang dan sudah termasuk pengemudi, dengan bobot maksimal 3.500 kilogram. Anda dapat melihat kombinasi kode angka dan huruf pada ban yang menandakan load index per ban mobil.
Kendaraan yang overload kerap berujung pada insiden pecah ban dan rem blong karena tekanan yang diterima oleh ban lebih besar sehingga mengakibatkan gesekan yang melebihi kapasitas ban.
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi juga memaparkan bahwa sebesar 9% penyebab kecelakaan dipicu karena faktor kendaraan secara teknis. Cek mesin kendaraan, kondisi air radiator hingga tekanan angin pada ban. Tekanan angin yang ideal pada ban sekitar 32 hingga 35 psi (per square inch).
Waktu pengisian angin pada ban mobil sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Karena jika dilakukan pada saat ban keadaan panas, tekanan udara meningkat dan akan terjadi pemuaian yang mengakibatkan ban dapat mengempis. Periksa juga apakah ada objek atau kerikil yang melekat pada ban agar kendaraan tidak selip pada saat melakukan perjalanan.
National Sales Manager Passanger Car Radial PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menjelaskan bahwa ban merupakan salah satu komponen yang penting ketika melakukan perjalanan.
“Ban berfungsi sebagai penggerak, menopang muatan dan mendukung kestabilan pada saat melewati berbagi medan. Ban pecah atau ban bocor menjadi salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu pastikan Anda memilih ban yang sesuai dan lakukan pengecekan kendaraan secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan,” kata dia. (*)
 3,171 kali dilihat,  566 kali dilihat hari ini
GNI berkolaborasi dengan penerbit dan media semua skala membangun ekosistem berita yang lebih berkelanjutan, beragam, dan inovatif, serta memerangi misinformasi untuk masa depan jurnalisme.
 9,516 kali dilihat,  548 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Sejak diluncurkan pada tahun 2018 di Asia Pasifik, Google News Initiative (GNI), sebuah program inisiatif Google berkomitmen untuk mendukung industri berita dan jurnalisme berkualitas di seluruh dunia.
GNI berkolaborasi dengan penerbit dan media semua skala membangun ekosistem berita yang lebih berkelanjutan, beragam, dan inovatif, serta memerangi misinformasi untuk masa depan jurnalisme yang lebih tangguh.
GNI juga membantu mendukung pekerjaan ruang redaksi yang kekurangan sumber daya guna membantu upaya mereka untuk menemukan, memverifikasi, dan menceritakan pemberitaan yang menarik, melalui berbagai program pelatihan, produk, hingga dukungan komunitas.
Berikut beberapa situs untuk membantu penerbit dalam menjalankan operasi sehari-hari:
Tools ini memungkinkan penerbit untuk mengelola dan meningkatkan kehadirannya melalui aplikasi Google News dan laman news.google.com.
Google News merupakan salah satu platform layanan dari Google yang berguna untuk menampilkan artikel berita milik publisher di laman news pada situs pencarian Google.
Google Search Console merupakan layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah situs di hasil Google Penelusuran.
Penerbit dapat menggunakan tools ini untuk mencoba meningkatkan kinerja website di Google Penelusuran.
Berisi artikel bantuan yang menyediakan solusi terkait produk News dan dukungan terhadap penerbit yang menggunakan produk News.
Wadah bagi komunitas Google News yang mempertemukan tim GNI, penerbit, jurnalis, maupun umum dan memberikan informasi pembaharuan atau membantu memberikan solusi terkait kendala sehari-hari.
Pusat bantuan untuk pengguna app Google News dan news.google.com.
Google berkomitmen untuk mendukung keterbukaan informasi. Temukan informasi tentang bagaimana Google menghasilkan pendapatan dan traffic bagi penerbit berita.
Google AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah suatu teknologi yang diciptakan agar halaman suatu website lebih cepat terbuka di perangkat mobile.
Penerbit bisa mendapatkan referensi ke panduan developer, forum AMP, dan perangkat-perangkat AMP melalui laman ini.
Panel informasi yang menampilkan berita terbaru akan muncul ketika ada berita tentang peristiwa penting. Jika ada berita seperti ini, kami mungkin akan menampilkan berita hangat dari sumber berita yang mematuhi kebijakan konten Google Berita.
Panel informasi juga akan terhubung langsung ke situs berita, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses dan membaca artikel lengkap mengenai berita tersebut. Melalui fitur ini, penerbit dapat mempelajari cara memecahkan masalah di YouTube. (*)
 9,517 kali dilihat,  549 kali dilihat hari ini
Prakiraan Cuaca Lampung Hari Ini
Korupsi KONI Lampung Rugikan Negara 2.5 Miliar, Arinal Diminta Tanggung Jawab
BP2MI Minta Peran Pemerintah Daerah Dalam Melindungi Pekerja Migran
Peringatan Tsunami Dikeluarkan Usai Gempa M 7,0 Guncang Kepulauan Solomon
Tips Berkendara Aman Saat Berwisata ke Destinasi Alam Terbuka
Bintitan: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati (Komprehensif)
Bisul: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati (Komprehensif)
Banyak Pihak Desak Pengusutan Mafia Tanah di Malangsari, Jaksa AM Mangkir
Copyright © 2022 Lampung.co dibawah naungan PT Media Inti Lampung.

source