9 Februari 2023

Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

KOMPAS.com – Komponen komputer merupakan kumpulan komponen yang memiliki fungsi dalam menjalankan sebuah komputer. Komponen komputer sendiri terdiri dari komponen hardware, software, dan brainware.
Hardware merupakan perangkat keras komputer yang dapat dilihat secara nyata, dan dapat diraba. Perangkat ini juga menjadi alat yang memiliki peran penting dalam mengoperasikan komputer.
Berdasarkan fungsinya, hardware terbagi menjadi beberapa kategori yaitu input, output, process, dan storage device.
Untuk selengkapnya berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai input output processing dan storage device.
Baca juga: 7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya

Input device merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer serta memungkinkan pengguna berinteraksi dan mengontrolnya.
Berdasarkan fungsinya, input device dibagi menjadi dua yaitu peralatan input secara langsung dan tidak langsung.
Peralatan input secara langsung merupakan input device yang dimasukan secara langsung yang akan diproses tanpa memerlukan media lain, seperti keyboard, mouse, scanner dan lainnya. Sedangkan peralatan input tidak langsung, seperti disket, harddisk, dan lainnya.
Baca juga: Mengenal Bermacam Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja
Perangkat output adalah perangkat keras apa pun yang digunakan untuk mengirim data dari komputer ke perangkat atau pengguna lain.
Biasanya, sebagian besar periferal keluaran dimaksudkan untuk digunakan pengguna sehingga mereka menerima data yang diproses dari komputer dan mengubahnya dalam bentuk audio, video, atau reproduksi fisik.
Contoh umum perangkat keluaran adalah monitor dan proyektor (video), headphone dan speaker (audio), atau printer dan plotter (reproduksi fisik dalam bentuk teks atau grafik). Berikut ini beberapa pengertian contoh-contohnya.

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware
Processing device merupakan salah satu perangkat keras yang berguna untuk memproses dan mengolah data dari input device dan dikeluarkan dalam bentuk informasi oleh output device.
Macam – macam processing device, seperti CPU, GPU, Motherboard, dan lainnya. Berikut ini penjelasan ringkasnya.
Perangkat penyimpanan adalah semua jenis perangkat keras komputasi yang digunakan untuk menyimpan, memindahkan, atau mengekstrak file dan objek data.
Perangkat penyimpanan dapat menyimpan dan menyimpan informasi baik sementara maupun permanen. Beberapa storage device, seperti RAM, ROM, dan beberapa lainnya. Berikut ini penjelasan ringkas RAM dan ROM
RAM: Random Access Memory adalah memori internal yang dipakai untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi, dan lainnya. Fungsi RAM untuk menyimpan berbagai file secara sementara
Baca juga: Mengenal Virtual RAM, Benarkah Bisa Dongkrak Performa Ponsel?
ROM: adalah jenis penyimpanan komputer yang berisi data permanen. ROM berisi pemrograman yang memungkinkan komputer untuk memulai atau beregenerasi setiap kali dihidupkan.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source