4 Februari 2023

Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya
KOMPAS.comSistem operasi komputer adalah program perangkat lunak atau software yang diperlukan untuk mengelola dan mengoperasikan perangkat komputasi seperti komputer, smartphone, atau tablet.
Sistem operasi berguna untuk menghubungkan perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware). Sistem operasi diperlukan agar kinerja komputer berjalan dengan baik. 
Sistem operasi akan memberikan perintah dan sebagai mediator antara manusia dan komputer.
Baca juga: Umur Sistem Operasi BlackBerry Tinggal Menghitung Hari
Fungsi utama sistem operasi adalah mengelola semua program dan aplikasi yang dapat dijalankan oleh komputer atau smartphone. Dilansir dari Wgu.edu, sistem operasi memiliki fungsi terperinci antara lain:
Baca juga: Huawei Resmikan HarmonyOS, Sistem Operasi Alternatif Android
Setidaknya, ada lima jenis utama sistem operasi yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. Ekosistem sistem operasi akan bertahan apabila terus digunakan seiring waktu.
Sistem operasi (OS) ini menjalankan beberapa jenis hardware, mulai dari ponsel, tablet, hingga komputer. Berikut ini contoh macam–macam sistem operasi yang umumnya banyak digunakan.
Microsoft Windows merupakan salah satu jenis sistem operasi OS yang banyak dimuat di sebagian besar sistem operasi baru di komputer.
Sistem operasi Windows telah ada sejak tahun 1980-an. Windows memiliki berbagai versi dan pembaruan seperti Windows 95, Windows Vista, Windows 7/8/10 dan lain sebagainya.
Setiap pembaruan Microsoft terus berupaya meningkatkan pengalaman pengguna agar lebih mudah diakses dan digunakan. Sistem operasi Windows berisi panel kontrol, desktop, asisten desktop, dan lainnya.
Microsoft Windows banyak digunakan pengguna karena dirasa lebih kompatibel dengan berbagai jenis software lainnya. Namun sistem operasi ini memiliki kelemahan yaitu rentan terkena virus.
Baca juga: Daftar Shortcut Google Meet untuk Windows dan Mac
Sistem operasi MacOS hanya disediakan untuk komputer Apple. Sistem MacOS terkenal dengan kelebihan kecepatan pemrosesan yang cepat, UI yang desktop yang sederhana, dan diklaim tidakrentan terinfeksi virus atau malware.
Apple macOS memiliki kelemahan utama yaitu menjalankan sistem operasinya sedikit susah dibanding Windows dan Linux.
Linux juga menjadi salah satu sistem operasi yang JUGA banyak digunakan karena kemudahan penyesuaian dan menawarkan berbagai untuk dapat memodifikasinya. Kelebihan Linux adalah sistem operasi ini mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.
Namun hal ini hanya dapat dilakukan oleh seorang yang lebih paham mengenai teknologi. Adapun kelemahannya adalah cara instalasinya lebih susah dibanding Windows.
Baca juga: 25.000 Komputer PNS Jerman Tinggalkan Windows, Beralih ke Linux
Sistem operasi ini digunakan untuk menjalankan smartphone dan tablet Android. Sistem operasi ini berbasis Linux. Sistem operasi Android dirilis secara resmi pada tahun 2007. Penggunaannya terus meningkat seiring perkembangan smartphone saat ini.
iOS adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini memberdayakan banyak perangkat seluler seperti iPhone dan iPod Touch. iOS termasuk sistem operasi seluler yang juga banyak digunakan setelah sistem operasi Android. 
Baca juga: Debat Android Vs iOS Berakhir Saling Tikam
Sistem operasi pada komputer memiliki User Interface (UI) atau antarmuka yang berbeda-bedar tergantung perangkat. Untuk sistem operasi komputer di dekstop, akan menampilkan kontrol panel bagi pengguna untuk mengelola semua informasi.
Sistem operasi komputer ini sudah lebih lama muncul daripada sistem operasi di ponsel. Sedangkan pada sistem operasi ponsel tidak menyimpan data yang kompleks dan memiliki UI yang berbeda dan lebih sederhana. Hal ini bertujuan agar pengoperasian mobile lebih mudah dilakukan pengguna.
Selain Android, masing-masing vendor ponsel juga membuat sistem operasi ciri khas mereka sendiri, seperti Samsung dengan One UI, Oppo dengan ColorOD, Xiaomi dengan MIUI, atau vivo dengan FunTouchOS.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source