9 Februari 2023

Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi, Tujuan, Beserta … – Merdeka.com

Merdeka.com – Pengertian teknologi informasi menurut American National Standard Dictionary of Information Technology, didefinisikan sebagai seni dan ilmu terapan yang berhubungan dengan data dan informasi.
Definisi ini sengaja dibuat luas, karena banyak bisnis modern menggunakan komputer, perangkat lunak, dan teknologi telekomunikasi lainnya dalam semua aspek operasinya. Karena teknologi telah maju dan lebih banyak bisnis telah mengotomatiskan operasi mereka, peran profesional TI telah berkembang lebih jauh.
Profesional teknologi informasi memiliki tanggung jawab yang beragam, harus menavigasi bidang yang penuh dengan jargon dan terminologi teknis dan sangat penting untuk keberhasilan organisasi mereka.
Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum pengertian teknologi informasi menurut para ahli, fungsi, tujuan, beserta manfaatnya:
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian teknologi informasi adalah penggunaan teknologi seperti komputer, elektronik, dan telekomunikasi, untuk mengolah dan mendistribusikan informasi dalam bentuk digital.
Information Technology Association of America (ITAA) 
Pengertian teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang desain, pengembangan, implementasi, manajemen sistem informasi yang berbasiskan komputer, khususnya aplikasi software dan hardware.
Haag dan Keen (1996)
Menurut Haag dan Keen, pengertian teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Oxford English Dictonary (OED)
Menurut Oxford English Dictonary (OED), pengertian teknologi informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
Williams dan Sawyer (2003)
Menurut Williams dan Sawyer, pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Martin (1999)
Menurut Martin, pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
Wikipedia
Menurut Wikipedia, pengertian teknologi informasi adalah istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.
Kamus Oxford (1995)
Menurut Kamus Oxford, pengertian teknologi informasi adalah studi atau peralatan elektronika dan terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, serta mendistribusikan informasi termasuk kata-kata, bilangan & gambar.
Lucas (2000)
Menurut Lucas, pengertian teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang di terapkan untuk memproses serta mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.
Kenneth C.Loudon (2004)
Menurut Kenneth C.Loudon, pengertian teknologi informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri perangkat keras & perangkat lunak untuk memproses serta menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.
Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins (2005)
Menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins, pengertian teknologi informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri perangkat keras & perangkat lunak untuk memproses serta menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.
Mc Keown (2001)
Menurut Mc Keown, pengertian teknologi informasi adalah merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang dipergunakan untuk dapat menciptakan, menyimpan, mengubah, serta untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.
Whitten
Menurut Whitten, pengertian teknologi informasi adalah sebuah istilah yang menjelaskan kombinasi dari teknologi informasi komputer.
Advertisement
Setelah mengetahui pengertian teknologi, selanjutnya pahami juga tujuan teknologi informasi. Terdapat beberapa tujuan teknologi informasi yaitu sebagai berikut:
1. Untuk memecahkan masalah
2. Untuk membuka kreativitas
3. Untuk meningkatkan kreativitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan
Fungsi Teknologi Informasi
Kita dapat melihat fungsi teknologi informasi dalam masyarakat di berbagai bidang:
Bisnis
Sejak kedatangan komputer, seluruh wajah dunia bisnis telah berubah. Untuk menjalankan berbagai departemen bisnis dengan cepat, penggunaan Teknologi Informasi penting dan dimungkinkan dengan komputer serta perangkat lunak. 
Fungsi teknologi informasi dapat dilihat pada departemen seperti keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, dan keamanan. Peran IT tidak bisa diabaikan.
Pendidikan
Teknologi memungkinkan guru untuk mengetahui teknik-teknik baru dan membantu siswa mereka untuk diperbarui dengan teknologi terbaru seperti penggunaan tablet, ponsel, komputer, dll dalam pendidikan. 
Teknologi informasi tidak hanya membantu mahasiswa untuk mempelajari hal-hal baru tetapi juga membantu mahasiswa putus sekolah.
Keuangan
Fungsi Teknologi Informasi membuka pintu bagi para pedagang dan masyarakat umum untuk melakukan pembelian secara online. Bank menyimpan catatan semua transaksi dan rekening melalui komputer. Berbeda dengan sebelumnya, kini transaksi dan transaksi lainnya menjadi lebih cepat dan mudah.
Kesehatan
Dengan Teknologi Informasi, bidang kedokteran dan kesehatan telah mengalami peningkatan yang luar biasa. Bagi dokter, mengirim dan menerima informasi, memeriksa pasien, dan berdiskusi dengan ahli lain menjadi sangat mudah. Pun, ini mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam dokumen.
Keamanan
Transaksi online dan pencatatan semua transaksi online sekarang lebih aman daripada sebelumnya. Hanya manajemen yang tepat dan orang yang bertanggung jawab atas sistem yang dapat mengakses data secara online. 
Ini melarang sembarangan orang acak untuk memeriksa detailnya. Semua ini dimungkinkan dengan menjaga bukti kata sandi sistem. Hanya otoritas yang diizinkan yang dapat mengakses informasi.
Komunikasi
Dengan kemajuan teknologi informasi, globalisasi telah meningkat. Dunia dibawa lebih dekat, dan ekonomi dunia dengan cepat menjadi satu sistem yang saling bergantung. 
Informasi dapat dibagikan dengan cepat dan mudah dari seluruh dunia, dan hambatan batas linguistik dan geografis dapat diruntuhkan saat orang-orang berbagi ide dan informasi satu sama lain.
Pekerjaan
Dengan Teknologi Informasi, pekerjaan baru telah diperkenalkan. Ini menciptakan pekerjaan baru untuk programmer, pengembang perangkat keras dan perangkat lunak, penganalisis sistem, perancang web, dan banyak lainnya. Teknologi Informasi telah membuka bidang yang sama sekali baru dan ribuan pekerjaan bagi para profesional TI.
Manfaat Teknologi Informasi
Secara umum, terdapat tiga pemanfaatan teknologi informasi yaitu sebagai berikut:
1. Teknologi informasi bermanfaat sebagai objek pembelajaran.
2. Teknologi informasi juga dapat memfasilitasi penyampaian suatu informasi agar dapat diterima dan dimengerti dengan mudah.
3. Bermanfaat sebagai sumber informasi dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami
Ada Lowongan Guru Penggerak di 2023, Ini Tahapan dan Syarat Daftarnya
Catat, Ini 10 Kategori Pekerja Tak Bisa Dipecat Sepihak dalam Perppu Cipta Kerja
Intelijen RI Kebobolan, Wanita Cantik Agen CIA Leluasa Masuk Istana Presiden
Misteri Gambar Berusia 20.000 dari Zaman Es Terpecahkan, Ini Maknanya
Pelaku Pencuri Mobil di Asahan Melawan saat Ditangkap, Begini Nasibnya Kini
KONI Akan Gelar Peluncuran dan Hitung Mundur PON 2024 Sumut-Aceh, Catat Tanggalnya
Tak Kunjung Mulai, PSMS Medan Desak PT LIB Segera Rilis Jadwal Resmi Liga 2
Kisah Inspiratif Sarjana Pilih Jadi Petani Bawang, Tolak Tawaran Kerja di Bank
Perankan Kana di Cinta Setelah Cinta, Intip Potret Salsabila Diandra di Balik Layar
Wanita Ini Viral karena Cosplay Jadi Ibunya Norma, Ekspresi dan Gaya Mirip Banget
Cocok untuk Olahraga Selancar, Intip Keindahan Pantai Lagundri di Nias Selatan
Tak Mau Tidur di Kamar Penthouse, Inul Daratista Pilih Pulang ke Rumahnya di Kampung
Terciduk Buang Sampah Sembarangan, Pengendara Mobil di Medan Ini Tuai Kritik Netizen
Pemkab Tapsel Wujudkan Perbaikan Jalan di Desa Saragodung, Warga Ucap Rasa Syukur
PT KAI Divre Sumut Lakukan Pembersihan Rel Kereta, Keselamatan Jadi Prioritas
Mundur dari Anggota DPRD Sumut, Ini Fakta Ketua Umum HIPMI Akbar Himawan Buchari
Ditipu Rp1,3 Miliar oleh Sahabat Sendiri, Mpok Alpa Siap Ambil Langkah Hukum
Pelaku Pencuri Mobil di Asahan Melawan saat Ditangkap, Begini Nasibnya Kini
Brimob Gugur di Tsunami Aceh Tinggalkan Anak dalam Kandungan, Kini Besar jadi Polisi
Bikin Tutorial Main Lato-Lato, Polisi Ini Minta Maaf dan Disanksi Atasannya
VIDEO: Fakta-Fakta Terbongkarnya Kebohongan Wanita Lapor Suami Hilang, Ternyata…
VIDEO: Momen Ferdy Sambo Dicecar Kapolri soal Tembak Brigadir J
Ferdy Sambo Dihubungi Irjen Slamet Uliandi: Bro, Ini Richard Ubah Keterangan
Respons Sinis Ferdy Sambo Disebut Perintahkan Bunuh Brigadir J: Richard Kok Didenger
VIDEO: Jaksa Sebut Sambo Taruh Pistol di Kiri Padahal Brigadir J Tak Kidal
VIDEO: Momen Ferdy Sambo Dicecar Kapolri soal Tembak Brigadir J
Ferdy Sambo Dihubungi Irjen Slamet Uliandi: Bro, Ini Richard Ubah Keterangan
VIDEO: Jaksa Sebut Sambo Taruh Pistol di Kiri Padahal Brigadir J Tak Kidal
Penahanan Ferdy Sambo Cs Diperpanjang sampai 6 Februari 2023
Ferdy Sambo Dihubungi Irjen Slamet Uliandi: Bro, Ini Richard Ubah Keterangan
Respons Sinis Ferdy Sambo Disebut Perintahkan Bunuh Brigadir J: Richard Kok Didenger
VIDEO: Jaksa Sebut Sambo Taruh Pistol di Kiri Padahal Brigadir J Tak Kidal
Dunia Kehabisan Stok Vaksin Kolera
Vaksinasi Booster Covid-19 di Jakarta Capai 71 Persen
Bursa Transfer BRI Liga 1: Lalu Lintas Aktor Rumput Hijau Makin Kencang
Janji Polisi untuk Duel Persib Vs Persija di BRI Liga 1: Tak Ada Gas Air Mata
Advertisement
Advertisement
Dari Balik Tembok Rumah Mewah Terbengkalai:Ayah Minggat, Anak Rawat Ibu Belasan Tahun
Akankah Pemeriksaan TKP Pengaruhi Putusan Hakim Perkara Ferdy Sambo?
Makin Terang, Ini Bocoran Capres PDIP
AM Hendropriyono
Situasi Indonesia 2022 di Tengah Badai Krisis Global
Moch N. Kurniawan
Serangkaian Kejutan Piala AFF 2022, Indonesia Juara kah?
Sobandi
Mahkamah Agung: Integritas Tangguh, Kepercayaan Publik Tumbuh

source