9 Februari 2023

Pengertian VoIP serta Penjelasan Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Contohnya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Pengertian VoIP serta Penjelasan Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Contohnya

KOMPAS.com– Teknologi komunikasi kian berkembang, salah satunya ditandai dengan kehadiran VoIP (Voice over Internet Protocol). Teknologi VoIP jamak dipakai sehari-hari, namun sebagian pengguna mungkin masih asing dengan istilahnya.
Lantas, sebenarnya apa itu VoIP? Bila tertarik untuk memahaminya lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan penjelasan seputar apa itu VoIP, serta fungsi, cara kerja, kelebihan, dan contohnya.
Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer
Secara definisi, Voice over Internet Protocol atau VoIP adalah teknologi komunikasi dengan metode transmisi suara atau audio serta konten lainnya seperti gambar dan video, menggunakan koneksi internet.
Dengan VoIP, panggilan suara bisa dilakukan melalui berbagai media, misal komputer, tablet, handphone (HP), dan sebagainya. Untuk melakukan panggilan suara itu, VoIP memakai saluran internet, bukan kabel yang umum dipakai pada perangkat telepon biasa.
VoIP tidak hanya bisa melakukan transmisi suara. Teknologi komunikasi ini pada dasarnya juga mengkombinasikan sistem transmisi konten lain secara terintegrasi. Dalam satu wadah layanan VoIP, kadang terdapat beberapa fitur transmisi konten via internet yang lainnya.
Selain melakukan panggilan suara dengan koneksi internet, layanan VOIP biasanya disertai pula fitur seperti pengiriman pesan suara, pengiriman pesan instan atau chat, panggilan video (video call), dan sebagainya.
Berdasar pengertian VoIP di atas, lalu sebenarnya apa fungsi dari VoIP itu sendiri? Salah satu fungsi VoIP yang mungkin umum dijumpai adalah untuk menyelenggarakan konferensi atau rapat jarak jauh dengan memakai fitur panggilan video.
Fungsi VoIP lain yang juga cukup sering dijumpai adalah untuk mendukung aktivitas pendidikan, seperti mengadakan kegiatan belajar-mengajar secara daring melalui berbagai perangkat seperti komputer, tablet, atau HP.
Dari penjelasan fungsi tersebut, mungkin dapat membantu memahami tentang gambaran umum apa itu VoIP. Namun untuk lebih jelasnya lagi, silakan simak pemaparan bagaimana proses kerja VoIP di bawah ini.
Alur atau proses komunikasi dari teknologi VoIP bisa dikatakan hampir mirip dengan teknologi pada perangkat telepon biasa. Namun pada VoIP, transmisi suaranya menggunakan saluran internet, alih-alih saluran kabel seperti perangkat telepon biasa.
Dalam melakukan transmisi, VoIP mengubah suara pengguna dari sinyal audio analog menjadi data digital. Setelah diubah, data tersebut kemudian dikirim ke pengguna lain melalui jaringan internet seperti LAN (Local Area Network) atau WiFi.
Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya
Dalam VoIP, jaringan internet berfungsi seperti jembatan penghubung antara satu titik awal perangkat komunikasi ke titik ujung atau target lainnya.
Perangkat komunikasi, seperti komputer, tablet, dan HP, dapat mengakses layanan VoIP selama bisa terhubung dengan koneksi internet atau memiliki paket data yang disediakan oleh operator.
Dikutip dari laman Nextiva, saat melakukan percakapan atau panggilan dengan layanan VoIP, datanya bakal tersimpan dan diamankan di server dari penyedia layanan VoIP. Di server itu pulalah, data kontak dan riwayat panggilan tersimpan.
Lantaran menggunakan koneksi internet, VoIP digadang memiliki sejumlah kelebihan dibanding teknologi pada telepon biasa. Lantas, apa saja kelebihan teknologi VoIP? Simak, penjelasan di bawah ini.
Dikutip dari Techtarget, adapaun beberapa kelebihan VoIP dibanding telepon biasa adalah sebagai berikut:
Itulah kelebihan VoiP. Dengan kelebihan seperti itu, sebenarnya apa saja yang termasuk dalam VoIP? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar contoh VoIP yang biasa digunakan sehari-hari.
Sebagaimana sempat disebut di awal, VoIP pada dasarnya sudah biasa dijumpai penggunaannya dalam aktivitas sehari-hari saat ini. Adapun beberapa contoh VoIP yang biasa dipakai adalah sebagai berikut:
Baca juga: Apa itu DNS? Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya
Itulah beberapa contoh VoIP yang umum dipakai saat ini. Tiap layanan VoIP di atas dibekali dengan fitur pendukung yang berbeda-beda. Demikianlah penjelasan seputar pengertian VoIP, serta fungsi, cara kerja, kelebihan, dan contohnya, semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source