1 Februari 2023

Pengguna HP Samsung Bisa Terima Telepon Tanpa Perlu Bicara – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Pengguna HP Samsung Bisa Terima Telepon Tanpa Perlu Bicara
KOMPAS.comSamsung terus menggelontorkan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) terbarunya, OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 ke lebih banyak ponsel Galaxy, termasuk di Indonesia.
Di Tanah Air, pemilik ponsel flagship Samsung macam Galaxy S22 dan S21 series serta ponsel kelas menengah Galaxy A73 sudah dapat men-download update OneUI 5.0 ini. 
Update OneUI 5.0 salah satunya memperkaya fungsi asisten digital Bixby. Kini, software asisten digital bawaan Samsung Galaxy itu memiliki fitur Bixby Text Call.
Sesuai namanya, fitur ini bakal mememungkinkan pemilik HP Samsung bisa menerima telepon tanpa benar-benar harus bicara.
Baca juga: Samsung Patenkan Speaker Pintar Bixby
Menurut Sally Jeong, Head of Framework R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics, fitur Bixby Text Call bakal sangat berguna di beberapa situasi.
“Misalnya, ketika pengguna sedang di subway, di tengah meeting, atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk mengangkat telepon,” kata Jeong dalam acara diskusi Roundtable OneUI secara virtual, hari ini, Selasa (22/11/2022) siang.
Jeong menambahkan, pengguna tidak dapat mengangkat telepon di kondisi tersebut karena sekarang hanya ada dua opsi yang tersedia, yaitu mengangkat atau menolak panggilan telepon.

Tampilan Bixby Text Call yang memungkinkan pengguna HP Samsung untuk menjawab panggilan telepon via teks.YouTube/ AppX Tampilan Bixby Text Call yang memungkinkan pengguna HP Samsung untuk menjawab panggilan telepon via teks.

Nah, lewat OneUI 5.0, Samsung memberikan kemudahan lebih bagi penggunanya untuk menggunakan ponsel, khususnya ketika menjawab telepon di kondisi yang kurang memungkinkan lewat fitur Bixby Text Call.
Dengan fitur tersebut, pengguna masih bisa mengangkat telepon di kondisi yang tidak memungkinkan. Bukan dengan suara seperti biasanya, pengguna bakal melihat suara penelepon yang ditranskrip ke dalam teks. Pengguna juga bisa merespons penelepon dengan teks.
Baca juga: Samsung Ungkap Mengapa Ponsel Galaxy Dapat Android 13 Lebih Cepat
Samsung menyediakan menu “Quick responses” (respons cepat) yang bisa dipersonalisasi agar pengguna tak perlu repot mengetik ketika harus menjawab telepon lewat Bixby Text Call.
Nah, peran Bixby selanjutnya, asisten virtual bawaan Samsung ini bakal secara otomatis menerjemahkan teks respons tersebut ke suara, seperti terlihat pada gambar di atas. Sehingga, penelepon tetap menerima jawaban layaknya berteleponan biasa.
Samsung mengatakan, untuk saat ini, fitur Bixby Text Call masih tersedia terbatas untuk ponsel Galaxy yang menjalankan OneUI 5.0 di wilayah Korea Selatan saja. Pun, saat ini, Bixby Text Call baru mendukung bahasa Korea saja.
Namun, Jeong memastikan bahwa Samsung berkomitmen untuk menambah dukungan bahasa pada fitur Bixby Text Call.
“Tapi belum ada jadwal pasti untuk perilisan Bixby Text Call di wilayah lain dan dukungan bahasa lain. Kami berharap Anda tetap menantikan fitur ini,” kata Jeong.
Menurut laporan outlet media SamMobile, Samsung diyakini bakal menambah dukungan bahasa Inggris ke Bixby Text Call pada awal 2023 mendatang.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source